Mubadalah.id – Gejolak dari tuntutan pelaksanaan syariat Islam begitu menggema beberapa tahun belakangan ini. Sebuah gejala yang menunjukkan kerinduan segelintir kelompok pada “kaffah”. Benarkah demikian adanya? Tiba-tiba saya teringat pada almarhum Gus Dur, sang pribadi agung. Tokoh kharismatik sekaligus kontroversial. Sebagai sesepuh NU, Gus Dur dengan tegas menolak syariatisasi Islam itu. Bisa dilihat dalam berbagai tulisannya seperti dalam buku “Islamku, Islam Anda dan Islam Kita”.
Awalnya saya sendiri tak begitu memahami Gus Dur selain dia sebagai Presiden dan sesepuh NU. Saya mulai menyukai Gus Dur setelah membaca beberapa tulisannya tentang Islam dan Kebangsaan.
Pun Gus Dur menulis dan mengkritik berbagai hal. Politisasi ayat suci dikritiknya. Pengkerdilan hukum Islam ditentangnya. Arabisasi dibantainya habis-habisan. Pendangkalan keagamaan tak luput dari keprihatinnannya.
Gus Dur adalah pribadi serba kompleks dan luar biasa di balik keadaan fisiknya. Bagaimana tidak, berbagai macam pemikiran pernah ditempuhnya.
Cucu Hadratus Syaikh ini pernah menjadi aktivis Ikhwanul Muslimin (yang kemudian ditentangnya). Mengenai ketidaksetujuan Gus Dur pada formalisasi syariat, bisa dibaca lengkap dalam buku Islamku, Islam Anda dan Islam Kita.
Gus Dur tak pernah menentang syariat bila ia dipahami dalam kerangka substansi (maqashid syar’i) yaitu kebaikan untuk umat (maslahatul ummah).
Syariat yang digembar-gemborkan beberapa orang yang mabuk agama itu sangatlah dangkal. Ia kering nilai spiritual dan hanya konsep tekstual.
Seperti ide penerapan hukum rajam bagi pezina, Gus Dur menentang itu. Bukan berarti Gus Dur mendukung perilaku amoral, namun di zaman rekayasa teknologi ini, hukum rajam kurang relevan bila hanya berdasar empat saksi yang disumpah.
Hal ini tentu menimbulkan tuduhan macam-macam pada Gus Dur. Terutama dari mereka yang tak memahami maksud ucapan beliau. Gus Dur melewati semua aturan kaku itu.
Baginya, Islam adalah rahmat bagi alam, bukan hanya bagi umat Islam.
Gus Dur sangat menentang kekerasan karena perbedaan. Ini yang ditakutkan Gus Dur. Bila formalisasi syariat yang dangkal diterapkan tanpa melihat aturan dan tujuan syariat, maka akan ada kekerasan atas nama syariat. Dan itu tanda kemunduran umat dalam memahami dan menerapkan agama.
Hal yang terpenting bagi Gus Dur adalah kasih sayang dan saling memahami perbedaan sebagai sarana menuju umat yang utama dalam bingkai Islam yang damai dan toleran.
Kebenaran pandangan Gus Dur bisa kita saksikan sekarang. Betapa segelintir kaum mabuk agama dengan entengnya menjual prinsip-prinsip agama bahkan ayat suci demi kepentingan mereka.
Merasa paling Islami dan merasa benar adalah hal yang sangat dibenci Gus Dur. Gus Dur sendiri ketika dizalimi tak membalas, padahal ia punya sekian juta pendukung yang siap mati demi dia.
Gus Dur juga tidak teriak-teriak kriminalisasi ulama saat ia dituduh korupsi bulog. Juga tak ada warga NU yang show of force berjilid-jilid. Padahal pada saat itu Gus Dur benar-benar dizalimi. Namun sebagai ulama ia sabar dan begitu meneduhkan suasana di saat kondisi umat sedang panas.
Meski Gus Dur dihina seseorang yang “mengaku habib” dengan perkataan tak sopan, dia tak meminta warga NU yang puluhan juta agar menangkap orang tersebut dan memaksanya meminta maaf. Toh akhirnya orang itu menuai perbuatannya sendiri saat ini.
Dalam diri Gus Dur terkumpul berbagai sifat mulia. Terkadang saya sendiri menangis mengenang tokoh agung sekaliber Gus Dur. Pribadi santai dan pemaaf. Mengajar umat dengan gurauan penuh makna. Piawai dalam politik dan matang dalam beragama.
Tak banyak lagi tersisa orang seperti Gus Dur. Dia pribadi agung yang dimiliki NU, Indonesia, Islam, dan dunia, sama seperti ayah dan kakeknya.[]