Mubadalah.id – Sebuah perumpamaan menarik tentang peristiwa agung, Isra dan mikraj, diungkapkan Maulana Jalaluddin Rumi dalam Kitab Matsnawi. Katanya, Malaikat Jibril ibarat akal. Ia mampu membawa seseorang ke pintu Sang Kekasih. Tetapi ketika telah tiba di puncak Cinta, dia, sang akal harus berhenti. Jangan sampai cahaya benderang, membakarnya hingga mati.
Dalam perjalanan Isra dan mikraj yang Rasulullah Muhammad Saw alami, tersimpan berjuta hikmah, pesan, maupun analogi. Mulai sebagai peristiwa yang menandakan keagungan Allah Swt dan keistimewaan Rasul-Nya, momentum diwajibkannya ibadah salat bagi umat Muslim, penghormatan kepada nabi-nabi terdahulu, pembuktian atas kebenaran dan kesempurnaan Islam, hingga banyak lagi makna lainnya.
Namun, ada satu hikmah yang cukup jarang terbahas dan mungkin kerap luput sebagai bahan permenungan manusia. Yakni, bahwa sejatinya Isra dan mikraj adalah dua peristiwa berbeda. Isra adalah peristiwa diperjalankannya Nabi Muhammad oleh Allah Swt di malam hari dari Masjidil Haram (Makkah) ke Masjidil Aqsa (Yerussalem).
Sedangkan mikraj merupakan peristiwa dinaikkannya Rasulullah Saw dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha. Isra mikraj adalah dua hal yang satu, dan kesatuan dari dua hal. Sebutan lebih tepatnya adalah pasangan.
Seperti langit dan bumi
Sebagai penguatnya, ada ibrah yang cukup terkenal dalam peristiwa Isra mikraj, yakni ketika Rasulullah Saw telah tiba di Sidratul Muntaha untuk menghadap Allah Swt guna menerima perintah salat. Tetapi pada akhirnya Nabi Saw harus naik-turun berulang karena mengikuti saran pendahulunya, Nabi Musa As.
Nabi Musa As yang mendengar laporan Nabi Muhammad bahwa baru saja ia menerima perintah salat sebanyak 50 waktu, langsung menyarankan agar Rasulullah mengajukan permohonan kepada Allah Swt, agar jumlah kewajiban sembahyang itu berkurang karena tidak sesuai kemampuan umat akhir zaman. Tidak hanya sekali, tetapi hingga sembilan kali Nabi Saw “bernegoisasi” atas pertimbangan nabi berjuluk Kalamullah itu, dari 50 waktu hingga hingga Allah Swt meridlainya menjadi hanya lima kali dalam sehari.
Peristiwa tersebut bisa juga kita katakan semacam plot-twist atas kisah keberpasangan isra dan mikraj. Isra, sebuah peristiwa yang terjadi saat masih di tataran bumi, akan berkait-paut dengan apa-apa yang terjadi di langit. Begitu pula sebaliknya.
Hasil dari proses negoisasi pengurangan kewajiban salat atas saran Nabi Musa As itu pada akhirnya memberikan pesan bahwa jangan sampai praktik-praktik pemenuhan hak atau kewajiban spiritual manusia sebagai bekal di akhirat justru bertabrakan dengan keharusan untuk memenuhi hajat material demi bisa bertahan hidup selama di dunia.
Cerminan Keberimbangan Ajaran Islam
Isra mikraj adalah cerminan keberimbangan ajaran Islam. Risalah Nabi Muhammad Saw itu akan terus mempertimbangkan kemampuan dan kemaslahatan umat manusia. Isra mikraj juga bisa kita anggap sebagai sebuah sinopsis untuk melihat bagaimana keseluruhan ajaran Islam mengutamakan prinsip keseimbangan antara penghambaan terhadap Allah Swt dan dorongan untuk selalu berbuat baik sesuai prinsip-prinsip kemanusiaan.
Dalam QS. An-Nisa: 36, Allah Swt berfirman:
وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ
“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnusabil, serta hamba sahaya yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi sangat membanggakan diri.”
Hikmah berpasangan
Isra dan mikraj terjadi sebagai sebuah bukti atas keagungan Allah Swt. Bukan hanya melalui peristiwanya yang dahsyat dan sulit terukur oleh akal manusia. Tetapi juga karena bagian dari ciptaan Allah Swt yang saling berpasangan.
Dalam QS. Az-Zariyat: 49, Allah Swt berfirman:
وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ
“Segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).”
Terhadap ayat ini, Imam Ibnu Katsir menafsirkan bahwa setiap makhluk senantiasa Allah Swt ciptakan secara berpasang-pasangan. Ada langit dan bumi, malam dan siang, matahari dan bulan, daratan dan lautan, terang dan gelap, iman dan kafir, kehidupan dan kematian, sengsara dan bahagia, hingga surga dan neraka.
Menurut Ibnu Katsir, hikmah di balik penciptaan itu semua agar semua makhluk mengingat kebesaran Allah. Yaitu mengakui bahwa Sang Pencipta segala makhluk yang berpasangan itu hanyalah Allah Yang Satu, tidak berpasangan, apalagi bersekutu dengan sesuatu apapun.
Di dalam Al-Qur’an, ada banyak sekali ayat yang menjelaskan tentang objek-objek berpasangan. Misalnya, Allah Swt selalu merangkai kata hidup dan mati hingga terulang di dalam Kitab Suci sebanyak 145 kali, perbuatan baik dan buruk (167), dunia dan akhirat (115), malaikat dan setan (88), faedah dan kerugian (50), kesusahan dan kesabaran (114), musibah dan syukur (75), serta laki-laki dan perempuan (24).
Pentingnya Kesalingan antara Pasangan Suami Istri
Dan khusus bagi manusia, laki-laki dan perempuan, dalam QS. Ar-Rum: 21, Allah Swt berfirman:
وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ
“Di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah bahwa Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari (jenis) dirimu sendiri agar kamu merasa tenteram kepadanya. Dia menjadikan di antaramu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”
Sebagaimana yang kerap penulis Qira’ah Mubadalah, Dr. KH Faqihuddin Abdulkodir terangkan, bahwa frasa “baynakum” dalam ayat tersebut menegaskan makna resiprokal. Kalimat tersebut merupakan pernyataan eksplisit mengenai pentingnya kesalingan antara pasangan suami-istri dalam mengelola kehidupan rumah tangga demi menggapai harapan-harapan tersebut. Sehingga, jika suami berharap memperoleh ketenangan dan cinta kasih dari istri, hal yang sama juga diharapkan oleh istri dari suami.
Maka bisa kita pahami bahwa dalam berpasangan, ada amanat kesalingan cinta dan kasih. Persis seperti dalam puisi Rumi di awal tadi, cinta ialah pancaran yang jauh lebih benderang ketimbang akal. Cinta menjadi tujuan utama perjalanan mukjizat Isra mikraj, yang semangatnya perlu terus kita bumikan, yakni demi kemaslahatan dan kemanusiaan umat di dunia. Wallahu a’lam bis shawab. []