Mubadalah.id – Suatu hari, ada pesan masuk via akun instagram. Ternyata seorang sahabat non-muslim mengucapkan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri kepadaku. Namanya Frater Kayus. Begitu aku memanggilnya. Ia pun bertanya, apakah saya mudik atau tidak. “Ndak, Frater” jawabku. Karena tidak mudik, iapun mengajak untuk ngopi. Singkat cerita, kami pun sepakat untuk ngopi di salah satu warung kopi di sekitar Jakal (Jalan Kaliurang) KM. 11.
Dalam obrolan kecil itu, saya, Frater Kayus, dan Frater Fortun, berbincang banyak hal. Mulai dari pesantren, keislaman, kekristenan, keberagamaan, toleransi, isu terkini Israel-Palestina dan tentunya Gus Dur, bapak pluralisme agama di Indonesia. Obralan yang begitu cair ditemani secangkir kopi dan lampu warung kopi yang sayup-sayup.
Tak lupa pula kami membincang ekstrimisme agama. Menurut mereka, Frater Kayus dan Frater Fortun, di dalam kelompok Kristen pun ada yang ekstrem, sebagaimana adanya kelompok kecil yang ekstrem di dalam Islam. Dari obrolan tentang ekstremisme ini kami sepakat bahwa: ekstremisme itu ada di dalam setiap agama. Penyebab ekstremisme ini disebabkan banyak faktor. Salah satunya adalah terlalu saklek atau literlek dalam memahami kitab suci.
Moderatisme sebagai Jalan Keseimbangan
Buya Husein Muhammad ketika mengomentari sebuah hadis yang berbunyi “Inni lam umar an anquba qulubannasi, wala asyuqqo buthunahum” mengatakan bahwa suatu hukum harus diputuskan berdasarkan fakta dan bukti nyata, bukan asumsi, dugaan atau penilaian subjektif. Sebab, lanjut Buya Husein, keyakinan yang bersembunyi di dalam pikiran atau hati tidak bisa dihukumi.
Pendapat di atas mengisyaratkan bahwa tidak berhak bagi kita sebagai seorang muslim menghukumi apa yang ada dalam pikiran dan hati orang lain. Termasuk di dalam keyakinan beragama. Tidak berhak untuk mengolok-olok, mengkafirkan, apalagi mengintimidasi.
Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya memahami agama agar tidak terjebak dalam ekstrimisme. Salah satunya adalah memahami Islam secara moderat (dalam Islam disebut tawassuth). Kemenag dalam bukunya Moderasi Beragama berpandangan bahwa prinsip dasar dari moderasi adalah adil dan berimbang. Adil dan berimbang dalam menempatkan antara akal dan wahyu, jasmani dan rohani, hak dan kewajiban dan antara kepentingan individual dan komunal.
Moderat dapat juga diartikan tidak ekstrem kanan juga tidak ekstrem kiri. Tentu tidaklah mudah. Tapi ini menjadi PR bagi kita semua agar memberikan paham yang tidak mudah mengkafirkan kelompok lain. Sebab, logika hitam-putih tanpa memandang warna lainnya menjadi berbahaya. Seperti ketika seorang kafir maka ia boleh diperangi dan dibunuh. Bukankah kita hidup berdampingan di Indonesia wajib menjaga rumah sendiri tanpa memandang latar belakang?
Berdakwah bil-Humor ala Gus Dur
Gus Dur terkenal dengan kenyelenehan dan pemikiran-pemikiran yang progresif. Indonesia, kala Gus Dur masih hidup, belum begitu siap menerima pemikiran-pemikaran segar dari – meminjam istilahnya Buya Husein, Sang Zahid. Selain pemikiran-pemikiran progresif, hal menarik dalam diri seorang Gus Dur adalah berdakwah melalui HUMOR.
Humor yang cukup familiar adalah ketika Gus Dur diundang Pak Harto untuk berbuka puasa bersama. Setelah berbuka puasa, kemudian shalat maghrib berjamaah, terjadilah dialog antara Gus Dur dan Pak Harto.
Pak Harto : Gus, sampai malam disini?
Gus Dur : Ndk, Pak. Saya harus pergi ketempat lain karena ada acara.
Pak Harto : Oh, iya. Silakan. Tapi Kiainya tinggal disinikan?
Gus Dur : Oh, ya. Tapi harus ada penjelasan dulu.
Pak Hart : Penjelasan apa, Gus?
Gus Dur : Shalat tarawihnya nanti itu “ngikutin” NU lama atau NU baru.
Mendengar jawaban tersebut Pak Harto bingung. Baru kali ini mendengar ada NU lama dan NU baru. Kemudian Pak Harto bertanya.
Pak Harto : Lho NU lama dengan NU baru apa bedanya?
Gus Dur : Kalau NU lama, tarawih dan witirnya itu 23 rakaat.
Pak Harto : Lha, kalau NU baru bagaimana?
Gus Dur : Diskon 60 persen! Hahahaha
Semua orang yang mendengar dan berada disekitarnya tertawa ngakak.
Gus Dur : Ya, jadi shalat tarawih dan witirnya cuma tinggal 11 rakaat.
Pak Harto : Ya sudah, saya ikut NU baru saja, pinggang saya sakit.
Dalam kesempatan lain, suatu ketika Gus Dur ditanya tentang akad nikah yang dilakukan melalui internet. “Apa bisa, Gus, akad nikah melalui video dengan jarak jauh?”. Karena tidak begitu akrab dengan teknologi, Gus Dur cukup kebingungan mendapat pertanyaan tersebut. Setelah mikir agak lama, dengan santainya Gus Dur menjawab, “Bisa saja akad nikah dilakukan melalui internet, asal kawinnya melalui internet juga”. Sontak jawaban Gus Dur membuat para pendengar disekelilingnya tertawa terpingkal-pingkal.
Percakapan di atas mengajarkan bahwa dakwah bisa dengan humor. Gus Dur mengajarkan dakwah dengan media humor. Sehingga ajaran Islam pun tidak terkesan kaku, justru terasa terkesan ramah. Gus Dur mengajarkan bahwa Islam itu merangkul bukan memukul. Merahmati bukan mencaci. Menghargai bukan mengebiri. Begitulah kira-kira obrolan semalam dengan sahabatku, Frater Kayus dan Frater Fortun. Wallahu`alam bish-shawab. []
*Humor di atas disunting dari buku ‘‘Ngakak Bareng Gus Dur‘‘ karya Muhammad Wahab Hasbullah, Yogyakarta: Insania, 2010.