Anak adalah anugerah bagi para orang tua. Anak juga amanah dan perhiasan bagi mereka, sekaligus kebanggaan di kemudian hari. Anak adalah penerus cita-cita sekaligus investasi pelindung orang tua terutama ketika mereka sudah dewasa dan orang tua sudah berusia lanjut. Namun di samping itu, anak juga bisa menjadi sumber fitnah atau ujian, bahkan menjadi musuh bagi para orang tuanya. Na’udzubillah
Di dalam Al-Qur’an telah diterangkan 4 macam tipe kedudukan anak dalam hubungannya dengan orang tuanya. Pertama, anak sebagai penenang hati, penyejuk jiwa, dan pemimpin orang-orang yang bertakwa. Tipikal ini menjadi yang terbaik dan tertinggi dari seorang anak. Hal itu sebagaimana terungkap dalam doa yang terdapat di QS Al Furqaan 25 : 74 berikut ini.
رَبَّنا هَبْ لَنا مِنْ أَزْواجِنا وَذُرِّيَّاتِنا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنا لِلْمُتَّقِينَ إِماماً
“Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” (QS al-Furqan [25]: 74).
Di dalam tafsir Al Kabir karya Suaikh Muqatil ibn Sulaiman menjelaskan bahwa maksud qurrata a’yun adalah anak-anak yang saleh, taat kepada Allah, berbakti kepada orang tua, bermanfaat bagi sesama. Tak heran jika anak yang memiliki perangai ini menjadi pemimpin orang-orang yang bertakwa, menjadi kebanggaan dan pembela bagi para orang tua di dunia dan akhirat.
Namun, tipikal anak ini tidak lahir begitu saja. Dibutuhkan perjuangan keras dari orang tua untuk mengasuh, membina, dan mendidiknya, bahkan sudah pasti membiayainya. Dan yang tak kalah penting adalah doa, baik dari orang tua maupun dari orang-orang yang saleh. Karena berdasarkan teori behaviorisme bahwa ketika anak dilahirkan pada dasarnya tidak memiliki bakat apapun, manusia akan berkembang berdasarkan dari stimulus yang diterima dari lingkungan sekitar.
Kedua, anak sebagai perhiasan dunia. Hal itu sebagaimana yang diungkap ayat berikut:
الْمالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَياةِ الدُّنْيا وَالْباقِياتُ الصَّالِحاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَواباً وَخَيْرٌ أَمَلاً
“Harta dan anak itu perhiasan kehidupan dunia. (Sementara) amalan-amalan saleh yang kekal itu pahalanya lebih baik dan lebih didambakan bagi Tuhanmu.” (QS: Al-Kahfi Ayat 46)
Sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Al-Qurthubi, harta mempunyai keindahan estetika dan manfaat yang bisa diambil oleh manusia, sedangkan anak-anak adalah sebagai kekuatan batin bagi keluaraga dan juga mempunyai manfaat yang bisa diambil. Seperti orangtua merasa sangat senang dan bangga dengan berbagai prestasi yang diperoleh oleh anak-anaknya, sehingga orang tuapun akan terbawa nama baiknya di depan masyarakat.
Oleh karena itu pesan Ibnu Katsir, ayat ini mengingatkan bahwa secinta-cintanya kita pada anak dan harta, kita harus tetap lebih cinta kepada Allah. Harta dan anak adalah perhiasan yang membuat kita tampak indah dan megah di hadapan manusia. Tetapi perhiasan itu terbatas pada hidup di dunia ini saja.
Namun, kecintaan yang berlebihan membuat para orang tua terlena dan seringkali mengabaikan hal-hal yang membahayakan sang anak itu sendiri. Tidak semua permintaan anak harus dituruti, orang tua harus mempunyai pilihan prioritas yang lebih bermanfaat untuk anaknya.
Ketiga, anak sebagai fitnah atau ujian, sebagaimana yang diungkap dalam ayat:
إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَاللَّهُ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ
“Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (QS. At-Taghabun [64]: 15).
Dalam tafsir Jalalain dikatakan (Sesungguhnya harta kalian dan anak-anak kalian hanyalah cobaan) bagi kalian yang melupakan dari perkara-perkara akhirat (dan di sisi Allah lah pahala yang besar) maka janganlah kalian lewatkan hal ini, karena kalian sibuk dengan harta benda dan anak-anak kalian.
Sebagai Fitnatun (fitnah/cobaan), fitnah yang dapat terjadi pada orang tua adalah manakala anak-anaknya terlibat dalam perbuatan yang durhaka. Seperti mengkonsumsi narkoba, pergaulan bebas, mabuk-mabukan, penipuan, atau perbuatan-perbuatan lainnya yang membuat resah dan stress orang tuanya.
Keempat, anak menjadi musuh. Seperti dalam ayat berikut
يا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ مِنْ أَزْواجِكُمْ وَأَوْلادِكُمْ عَدُوًّا لَكُمْ
“Hai orang-orang mukmin, sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh (QS. At-Taghabun [64]: 14).
Dalam Tafsir At-Thabari yang dimaksud sebagai musuh di sini adalah menjadi pihak yang menghalang-halangi jalan Allah, merintangi jalan ketaatan kepada-Nya. Maka hati-hatilah agar tidak dijerumuskan oleh mereka. Ini pula yang terjadi pada sejumlah sahabat yang ingin berhijrah mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, namun dihalang-halangi oleh anak-istri mereka.
Realitanya, tidak sedikit anak yang berseteru dengan orang tuanya, misalnya orang tua yang diperkarakan oleh anaknya akibat perebutan harta warisan, anak yang menuntut hal berlebihan diluar kesanggupan orang tuanya bahkan sampai membunuh, Na’udzubillah.
Oleh sebab itu, agar dapat dianugerahi keturunan yang baik, baik dari segi intelektualitas maupun moralitas, maka terdapat sejumlah ayat Al-Quran yang penting untuk dibaca dan diamalkan dalam kehidupan kita sebagai berikut, sekurang-kurangnya dibaca selepas shalat wajib lima waktu.
رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاء
Artinya: Di antaranya adalah surah Ali Imran ayat 38 sebagaimana berikut, “Wahai Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisiMu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Mengabulkan do’a.”
Mari menjadi orang tua yang menjadi figure atau contoh buat anak-anaknya. Orang tua yang rajin shalat, orang tua yang senantiasa berbicara dengan sopan dan lembut, orang tua yang menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah yang baik dan berkualitas baik dari segi ilmu agama mapun ilmu umum, juga mempraktikkan amalan-amalan sunnah di sekolah.
Dan yang tidak kalah pentingnya adalah orangtua hendaknya memperhatikan pergaulan anak-anaknya di dalam masyarakat, dan menjadi teman terbaik bagi anak-anaknya, karena teman juga sangat berpengaruh kepada perkembangan kepribadian serta akhlak anak.
Semoga kita semua diberi kekuatan dan kemudahan dalam membina dan mengarahkan anak-anak kita kepada kelompok qurrota a’yun, sehingga mereka menjadi penyejuk hati, dan pembawa kebahagiaan bagi kedua orangtuanya baik di dunia maupun di akhirat. []