Jumat, 21 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    P2GP

    P2GP Harus Diakhiri: KUPI Minta Negara Serius Libatkan Ulama Perempuan dalam Setiap Kebijakan

    P2GP

    Istiqamah di Tengah Penolakan: Perjuangan Panjang KUPI Menghentikan P2GP

    Sunat Perempuan

    Membumikan Ijtihad: Langkah KUPI Menghapus Sunat Perempuan dari Ruang Keluarga hingga Negara

    Sunat Perempuan

    Perjuangan KUPI Menghentikan Sunat Perempuan: Dari Musyawarah, Penolakan, hingga Penerimaan Publik

    P2GP

    Prof. Alim: sebagai Bentuk Penolakan terhadap P2GP, Pengalaman Perempuan Harus Ditulis

    Fatwa KUPI P2GP

    Fatwa KUPI Jadi Motor Advokasi: UNFPA Puji Tiga Tahun Kerja Ulama Perempuan Menghapus P2GP

    P2GP

    P2GP Harus Dihentikan Total: KemenPPPA Akui Fatwa KUPI sebagai Penentu Arah Kebijakan Nasional

    Buku Anak yang Dinanti Jangan Disakiti

    Luncurkan Buku Anak yang Dinanti, Jangan Disakiti, Alimat Tegaskan Hentikan Praktik P2GP

    Human Rights Tulip 2025

    KUPI Masuk 10 Deretan Pembela HAM Dunia dalam Human Rights Tulip 2025

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Kekerasan Terhadap Perempuan yang

    Sampai Kapan Dalih Agama Dibiarkan Membenarkan Kekerasan terhadap Perempuan?

    Nikah Sirri

    Sudahi Nikah Sirri

    Industri ekstraktif

    Perjuangan Perempuan Adat Melawan Industri Ekstraktif

    Ketimpangan Kemanusiaan

    Gembar-gembor AI dan Persimpangan Kemanusiaan

    Bahasa Isyarat

    Bahasa Isyarat sebagai Jembatan Kesetaraan Komunikasi

    Intimate Wedding

    Francis Fukuyama: Intimate Wedding sebagai Gejala Runtuhnya Kolektivitas Tradisional

    Nancy Ajram

    Mengapa Nancy Ajram Begitu Menarik bagi Banyak Muslimah di Indonesia?

    Kesederhanaan

    Bahkan bagi Orang Biasa, Kesederhanaan Bukan Hal Biasa

    Tuhan dan Disabilitas

    Tuhan dan Disabilitas: Ketika Keimanan Tak Diukur dari Kefasihan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    P2GP

    P2GP Harus Diakhiri: KUPI Minta Negara Serius Libatkan Ulama Perempuan dalam Setiap Kebijakan

    P2GP

    Istiqamah di Tengah Penolakan: Perjuangan Panjang KUPI Menghentikan P2GP

    Sunat Perempuan

    Membumikan Ijtihad: Langkah KUPI Menghapus Sunat Perempuan dari Ruang Keluarga hingga Negara

    Sunat Perempuan

    Perjuangan KUPI Menghentikan Sunat Perempuan: Dari Musyawarah, Penolakan, hingga Penerimaan Publik

    P2GP

    Prof. Alim: sebagai Bentuk Penolakan terhadap P2GP, Pengalaman Perempuan Harus Ditulis

    Fatwa KUPI P2GP

    Fatwa KUPI Jadi Motor Advokasi: UNFPA Puji Tiga Tahun Kerja Ulama Perempuan Menghapus P2GP

    P2GP

    P2GP Harus Dihentikan Total: KemenPPPA Akui Fatwa KUPI sebagai Penentu Arah Kebijakan Nasional

    Buku Anak yang Dinanti Jangan Disakiti

    Luncurkan Buku Anak yang Dinanti, Jangan Disakiti, Alimat Tegaskan Hentikan Praktik P2GP

    Human Rights Tulip 2025

    KUPI Masuk 10 Deretan Pembela HAM Dunia dalam Human Rights Tulip 2025

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Kekerasan Terhadap Perempuan yang

    Sampai Kapan Dalih Agama Dibiarkan Membenarkan Kekerasan terhadap Perempuan?

    Nikah Sirri

    Sudahi Nikah Sirri

    Industri ekstraktif

    Perjuangan Perempuan Adat Melawan Industri Ekstraktif

    Ketimpangan Kemanusiaan

    Gembar-gembor AI dan Persimpangan Kemanusiaan

    Bahasa Isyarat

    Bahasa Isyarat sebagai Jembatan Kesetaraan Komunikasi

    Intimate Wedding

    Francis Fukuyama: Intimate Wedding sebagai Gejala Runtuhnya Kolektivitas Tradisional

    Nancy Ajram

    Mengapa Nancy Ajram Begitu Menarik bagi Banyak Muslimah di Indonesia?

    Kesederhanaan

    Bahkan bagi Orang Biasa, Kesederhanaan Bukan Hal Biasa

    Tuhan dan Disabilitas

    Tuhan dan Disabilitas: Ketika Keimanan Tak Diukur dari Kefasihan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Featured

Kenapa Hari Santri Perlu Kita Rayakan?

Saat masyarakat bangsa Indonesia terancam imperialisme dan kolonialisme Barat, santri pun sigap turun tangan. Hal ini tak lepas dari landasan filosofis pesantren dan santri

Abdul Rosyidi Abdul Rosyidi
17 Oktober 2025
in Featured, Publik
0
jihad, santri
551
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Mungkin sebagian orang akan bertanya kenapa ada hari santri? Apa yang istimewa dari santri sehingga perlu diperingati dan dikhidmati bangsa ini. Saya tidak akan menulis sejarah ditetapkannya Hari Santri Nasional (HSN). Tapi hanya berbagi cerita tentang betapa santri adalah elemen bangsa yang begitu unik dan berharga. Saya mulai dari daerah saya, Cirebon.

Sejarah tradisional di Cirebon menyebutkan, komplek pesantrian atau pesantren ditandai dengan dua pohon: kesambi dan asem. Dua pohon ini pasti ditanam di depan gerbang pesantren zaman dulu.

Saya tanya pada orangtua perihal dua pohon itu, kesambi dan asem. Ada yang mengatakan, dua pohon itu adalah perlambang yang artinya disambi mbari mesem atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan ‘disambut dengan senyuman’.

Katanya, siapa pun tamu yang datang, apalagi yang berniat menjadi santri, belajar ilmu agama di pesantren, akan disambut sang syaikh atau kiai dengan penuh kegembiraan.

Islam memang datang tidak dengan paksaan dan pertumpahan darah, melainkan dengan kegembiraan. Bukan dengan menyalah-nyalahkan, tapi dengan menebar kasih sayang. Bukan dengan mengkafirkan, tapi dengan memperluas persaudaraan. Bukan dengan memberangus budaya lokal, melainkan dengan pembumian nilai-nilai.

Pesantren tak pernah mengajarkan doktrin buta, teks tanpa konteks, ajaran tanpa etika sosial, ataupun fiqh tanpa tasawuf. Pesantren mengajarkan tubuh, sekaligus ruh.

Pesantren dengan warna tasawufnya berupaya menjauhkan agama dari jurang curam yang menjadikannya hanya sebatas jargon yang rentan dipolitisasi untuk kepentingan sekelompok orang. Agama yang dipolitisasi sering bertentangan dengan kemanusiaan, bertentangan dengan tujuan agama itu sendiri.

Kiai saya di pesantren selalu berkata bahwa tanda keberhasilan seorang pembelajar di pesantren (santri) bukanlah dari sejauh mana dia menguasai pengetahuan agama ataupun menghafal berapa banyak nadzom Alfiyah, tapi dari seberapa dia memberi manfaat bagi masyarakatnya, bangsanya.

Pesantren mengajarkan bahwa skor tertinggi seorang muslim adalah saat–dengan ilmunya–dia bisa memasyarakat. Menjadi bagian dari masyarakat. Bukan dengan ilmunya, kemudian dia malah menyalahkan masyarakat.

Dengan begitu, santri yang ada di pesantren-pesantren Indonesia dididik dan ditempa untuk menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia yang punya kultur khas. Karakter yang sangat berbeda dengan kultur bangsa lainnya, termasuk dari bangsa-bangsa Timur Tengah.

Pesantren dan santri identik dengan realitas keindonesiaan. Pada akhirnya, sebagai sub-kultur, pesantren terus melestarikan ajaran-ajaran Islam yang sesuai dan senafas dengan alam dan semangat keindonesiaan. Itulah Islam Nusantara.

Pesantren melakukan itu semua secara natural. Alami, mengalir bagai air. Hal ini tak lain sebagai sunnatullah, keniscayaan, implikasi logis dari keyakinan pesantren yang amat besar bahwa masyarakat adalah tujuan dari segala ajaran agama, termasuk Islam.

Agama itu diciptakan untuk manusia, bukan untuk Tuhan. Apalagi hanya untuk sebagian kelompok yang mengaku paling salih saja. Bukan. Ajaran-ajaran agama diturunkan untuk mengembalikan manusia pada kodrat kemanusiaannya.

Jihad Santri

Saat masyarakat bangsa Indonesia terancam imperialisme dan kolonialisme Barat, santri pun sigap turun tangan. Hal ini tak lepas dari landasan filosofis pesantren dan santri di atas.

Andai masyarakat dan bangsa Indonesia hancur, maka hancur pula seluruh tujuan agama. Andai begitu, Islam yang dipeluk orang-orang bangsa ini ‘gagal’ menjadi agama.

Santri pun angkat senjata demi tegaknya tujuan-tujuan Islam di atas bumi Nusantara. Resolusi Jihad yang dikeluarkan para kiai Nahdlatul Ulama (NU) di Surabaya, 22 Oktober 1945, menjadi tanda bahwa santri tak tinggal diam. Sebuah ungkapan rasa cinta santri pada bangsanya.

Para pahlawan santri patut kita teladani pengetahuan, pendirian dan sikapnya. Mereka pahlawan bagi bangsa juga bagi agamanya. Generasi sekarang berutang pada mereka. Kita harus membayarnya dengan memastikan generasi berikutnya tetap berdiri kukuh membela bangsa.

Allah sudah memberikan kita banyak contoh bangsa yang hancur dan menderita. Mereka tak bisa melaksanakan tujuan-tujuan Islam yang mulia itu di tanahnya. Tentu kita tak ingin seperti demikian. Karena kita Indonesia. Meski berbeda-beda, tetapi tetap satu.

Cinta mati santri pada bangsanya muncul dari keimanananya pada Sang Pencipta. Jauh-jauh hari, K.H. Wahab Hasbullah menegaskan bahwa mencintai Tanah Air adalah bagian dari iman (hubb al-wathan min al-iman).

Kiai Wahab menyiratkan dalam lagu Ya Lal Wathon bahwa kecintaan santri kepada bangsanya tak akan pernah mati karena cinta tersebut berangkat dari keimanannya. Cinta yang bersanding dengan kerinduan pada Tuhan.

Akhir kata, saya ingin mengajak seluruh anak bangsa, siapapun yang mencintai Indonesia, untuk menyambut Hari Santri dengan penuh suka cita. Mencintai dan menjaga bangsa ini adalah kewajiban teologis kita semua. []

Tags: Hari Santri NasionalKH Hasyim Asy'ariNahdlatul UlamaResolusi JihadSantri
Abdul Rosyidi

Abdul Rosyidi

Abdul Rosyidi, editor. Alumni PP Miftahul Muta'alimin Babakan Ciwaringin Cirebon.

Terkait Posts

Lembaga Pendidikan
Publik

Pesantren; Membaca Ulang Fungsi dan Tantangan Lembaga Pendidikan Tertua di Nusantara

27 Oktober 2025
Santri Penjaga Peradaban
Publik

Santri Penjaga Peradaban: Mengawal Indonesia Merdeka Menuju Dunia yang Damai

25 Oktober 2025
Hari Santri Nasional
Publik

Refleksi Hari Santri Nasional: Kemerdekaan Santri Belum Utuh Sepenuhnya

24 Oktober 2025
Hijroatul Maghfiroh Abdullah
Figur

Kiprah Hijroatul Maghfiroh Abdullah dalam Gerakan Lingkungan di Indonesia dan Dunia

23 Oktober 2025
Perempuan Disabilitas
Publik

Refleksi Perempuan Disabilitas di Hari Santri Nasional

22 Oktober 2025
Resolusi Jihad
Aktual

Resolusi Jihad Santri: Dari Angkat Senjata hingga Media Sosial

22 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Industri ekstraktif

    Perjuangan Perempuan Adat Melawan Industri Ekstraktif

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bahasa Isyarat sebagai Jembatan Kesetaraan Komunikasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gembar-gembor AI dan Persimpangan Kemanusiaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Istiqamah di Tengah Penolakan: Perjuangan Panjang KUPI Menghentikan P2GP

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membumikan Ijtihad: Langkah KUPI Menghapus Sunat Perempuan dari Ruang Keluarga hingga Negara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Sampai Kapan Dalih Agama Dibiarkan Membenarkan Kekerasan terhadap Perempuan?
  • Sudahi Nikah Sirri
  • Perjuangan Perempuan Adat Melawan Industri Ekstraktif
  • Film Kopi Pangku: Memberi Kehidupan di Tengah Lapisan Kerentanan
  • P2GP Harus Diakhiri: KUPI Minta Negara Serius Libatkan Ulama Perempuan dalam Setiap Kebijakan

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID