• Login
  • Register
Selasa, 8 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Kiai Imam Nakhe’i Jelaskan Urgensitas Perempuan Merebut Tafsir dalam Halaqah KUPI Regional Timur di Makassar

Imam Nakhe’i juga berbicara tentang bagaimana memberi tafsir berdasarkan pengalaman perempuan. Di mana, selama ini pengalaman perempuan selalu tidak dianggap serius

Ahmad Dirgahayu Hidayat Ahmad Dirgahayu Hidayat
18/09/2022
in Personal
0
Perempuan Merebut Tafsir

Perempuan Merebut Tafsir

339
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Pada sabtu (17/09), Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) kembali mengadakan acara Halaqah Regional Timur yang bertempat di Makassar, tepatnya di Hotel Golden Tulip Essential. Kegiatan yang dilakukan dalam kurun waktu lima tahun sekali ini, adalah kegiatan pra Musyawarah Keagamaan KUPI, kali ini dalam rangka menyambut KUPI II yang bertempat di Semarang dan Jepara pada November mendatang.

Pertemuan pertama hari ini, kiai Imam Nakhe’i memberi sambutan dalam acara tersebut. Ia berbicara tentang urgensitas perempuan merebut tafsir yang selama ini digawangi para ulama laki-laki. Sebenarnya, ada banyak konsep dan contoh yang bisa kita sebutkan. Namun, dalam kesempatan tersebut, salah satu ulama perempuan asal Situbondo ini hanya membatasi dalam dua hal; (1) Tafsir ‘Arrijalu qawwamuna ‘ala an-nisa’ dan (2) Memberi tafsir berdasarkan pengalaman perempuan.

Tafsir yang Melemahkan Perempuan

Mengingat, hal terbesar yang selama ini terpendam dan tidak terungkap, sehingga tidak kita sadari adalah tafsir yang jelas-jelas memarginalkan perempuan namun terbungkus dogma agama yang kuat dan ketaatan terhadap teks-teks syariat atas tafsir para ulama laki-laki.

Problem inilah yang sangat tidak menguntungkan perempuan. Dan, di saat yang bersamaan memberi ruang selebar-lebarnya kepada laki-laki dalam menciptakan penipuan-penipuan publik untuk merampas hak-hak perempuan.

“Tafsir seperti ini berbahaya sekali, sangat berbahaya,” kata kiai Nakhe’i dalam sambutannya.

Ia menjelaskan pelbagai macam bahaya yang muncul karena tafsir kejam tersebut. Seperti tafsir ayat, Ar-Rijalu qawwamuna ‘ala an-nisa’. Terlepas bagaimana terjemah al-Qur’an yang Kementrian Agama terbitkan. Tetapi yang jelas, tafsir penggalan awal surah an-Nisa’ (34) selama ini semakin memperkuat posisi lelaki sebagai makhluk superior, dan memaksa perempuan sebagai makhluk inferior.

“Ayat ‘ar-rijalu qawwamuna ‘ala an-nisa’’ sebenarnya titik tekannya kepada laki-laki, tetapi mengapa setiap kali para tokoh agama atau laki-laki pada umumnya selalu menjadikan ayat ini untuk mengatur perempuan. Saat membaca ayat ini mereka mengatakan, ‘Berarti, perempuan harus ini, harus itu, dan seterusnya’,” jelas dosen Ma’had Aly Situbondo ini.

Baca Juga:

Membongkar Narasi Sejarah Maskulin: Marzuki Wahid Angkat Dekolonisasi Ulama Perempuan

Menilik Peran KUPI Muda dalam Momen Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Pesan Nyai Alissa Wahid di Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia: Tegaskan Eksistensi Keulamaan Perempuan

Kiai Nakhe’i melanjutkan, “Seharusnya, saat membaca ayat ini (penggalan awal surah an-Nisa’ (34)) mereka tidak mengatakan, ‘Perempuan harus ini dan itu, tetapi laki-laki harus begini dan begitu’,” ucapnya dengan tegas.

Ulama Perempuan Merebut Tafsir

Bagi kiai Imam Nakhe’i, para ulama perempuan harus mampu merebut tafsir-tafsir yang selama ini kaum lelaki yang memonopoli. Jika tidak kita rebut segera, nasib perempuan semakin tidak karuan. Terkoyak budaya patriarki yang semakin meruncing.

Selain itu, Imam Nakhe’i juga berbicara tentang bagaimana memberi tafsir berdasarkan pengalaman perempuan. Di mana, selama ini pengalaman perempuan selalu tidak dianggap serius. Sebut saja kajian fikih haid. Kajian fikih haid dewasa ini kerap kali tidak melibatkan perempuan. Padahal, untuk menentukan mana darah haid, istihadah dan seberapa lama estimasinya, harus melibatkan mereka.

“Karena kemaslahatan hakiki harus dengan memadukan ayat qur’aniyah dan ayat kauniyah. Maka melibatkan mereka dalam bidang apa pun harus kita lakukan. Inilah yang kita kenal dengan pengalaman perempuan,” pungkas kiai Nakhe’i.

Jadi, baik dalam urusan kewanitaan, rumah tangga maupun peran publik, para perempuan harus kita libatkan. []

Tags: Kongres Ulama Perempuan IndonesiaKupiMenuju KUPI IIMerebut Tafsirulama perempuan
Ahmad Dirgahayu Hidayat

Ahmad Dirgahayu Hidayat

Ahmad Dirgahayu Hidayat, alumnus Ma’had Aly Situbondo, dan pendiri Komunitas Lingkar Ngaji Lesehan (Letih-Semangat Demi Hak Perempuan) di Lombok, NTB.

Terkait Posts

Menemani dari Nol

From Zero to Hero Syndrome: Menemani dari Nol, Bertahan atau Tinggalkan?

7 Juli 2025
Sejarah Ulama Perempuan

Mencari Nyai dalam Pusaran Sejarah: Catatan dari Halaqah Nasional “Menulis Ulang Sejarah Ulama Perempuan Indonesia”

7 Juli 2025
Hidup Tanpa Nikah

Yang Benar-benar Seram Itu Bukan Hidup Tanpa Nikah, Tapi Hidup Tanpa Diri Sendiri

5 Juli 2025
Ruang Aman, Dunia Digital

Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

3 Juli 2025
Vasektomi

Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?

2 Juli 2025
Narasi Pernikahan

Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

1 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Sejarah Ulama Perempuan

    Mencari Nyai dalam Pusaran Sejarah: Catatan dari Halaqah Nasional “Menulis Ulang Sejarah Ulama Perempuan Indonesia”

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • From Zero to Hero Syndrome: Menemani dari Nol, Bertahan atau Tinggalkan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jangan Hanya Menuntut Hak, Tunaikan Juga Kewajiban antara Orang Tua dan Anak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pentingnya Relasi Saling Kasih Sayang Hubungan Orang Tua dan Anak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Kasih Sayang Seorang Ibu
  • Intoleransi di Sukabumi: Ketika Salib diturunkan, Masih Relevankah Nilai Pancasila?
  • Pengrusakan Retret Pelajar Kristen di Sukabumi, Sisakan Trauma Mendalam bagi Anak-anak
  • From Zero to Hero Syndrome: Menemani dari Nol, Bertahan atau Tinggalkan?
  • Pentingnya Relasi Saling Kasih Sayang Hubungan Orang Tua dan Anak

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID