• Login
  • Register
Rabu, 21 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Film

Kisah Poligami di Film Bismillah Kunikahi Suamimu

Kesabaran dan kesetiaan adalah nilai yang universal. Ia baik dan berpahala siapapun yang melakukannya, baik laki-laki maupun perempuan

Ahmad Ali Ahmad Ali
30/09/2024
in Film
0
Film Bismillah Kunikahi Suamimu

Film Bismillah Kunikahi Suamimu

922
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Isu poligami begitu dekat dengan masyarakat Indonesia. Mari sejenak kita melihat cerita cinta dalam film pendek Bismillah Kunikahi Suamimu. Film berdurasi 110 menit ini pemerannya adalah Mikha Tambayong, Rizky Nazar, dan Syifa Hadju.

Walau dari judulnya kontroversi, isi film ini meninggalkan pesan yang mendalam tentang arti pengorbanan dan keikhlasan. Tidak ada satu perempuan pun yang menginginkan untuk menjadi perempuan kedua. Semua pasti memimpikan menjadi perempuan utama dan satu-satunya yang dicintai oleh lelaki yang kita cintai.

Untuk mengulas kisah poligami di Film Bismilah Kunikahi Suamiku, saya menuliskan kembali catatan dari buku “Qiraah Mubadalah”, karya Dr. Faqihuddin Abdul Kodir. Yakni tentang narasi poligami. Pertama, jika kesabaran adalah perilaku yang baik dan mulia. Selain itu para pelakunya akan Allah SWT cintai, maka tidak saja perempuan yang dituntut bersabar dari suami yang ingin atau sudah poligami.

Kesabaran dan Kesetiaan

Dari point ini seharusnya suami atau laki-laki juga ada tuntutan bersabar dan tidak memilih poligami agar menjadi orang yang mulia dan Allah SWT cintai. Begitu pun jika kesetiaan adalah sesuatu yang baik dalam Islam. Maka tidak hanya perempuan yang mendapat tuntutan setia dan melayani suami. Tetapi juga laki-laki kita tuntut hal yang sama untuk setia serta melayani istrinya.

Kesabaran dan kesetiaan adalah nilai yang universal. Ia baik dan berpahala siapapun yang melakukannya. Baik kaki-laki maupun perempuan. Keduanya dituntut hal yang sama terkait kesabaran dan kesetiaan pada pasangannya.

Baca Juga:

Menggugat Poligami, Menegakkan Monogami

Film Pendek Memanusiakan Difabel: Sudahkah Inklusif?

Komunikasi Empati dalam Film Aku Jati Aku Asperger

Film Pengepungan di Bukit Duri: Bagaimana Sistem Pendidikan Kita?

Kedua, bahwa perempuan memiliki hak sepenuhnya untuk menolak poligami dengan basis menjauhkan diri dari kerusakan dan mudharat (dar’u al mafasid), yang akan menimpa diri maupun keluarganya. Baik yang bersifat fisik, psikis, ekonomi maupun sosial.

Ketiga, bahwa perempuan mempunyai pilihan hak cerai jika suaminya memaksa poligami. Tidak seperti narasi selama ini. Di mana perempuan harus bersabar dan menganggap cerai dari poligami sebagai sesuatu yang tidak baik dan tidak dianjurkan.

Bahkan bercerai karena poligami anggapannya melanggar tuntunan sebagai istri salihah yang surga janjikan kelak di akhirat. Semua narasi ini (melarang cerai akibat poligami) sama sekali tidak tersebutkan dalam al-Qur’an.

Lima belas abad yang lalu, justru al-Qur’an menganggap poligami sebagai problem rumah tangga. Di mana hal ini merupakan bagian dari nusyuz suami kepada istri, maka ini bisa kita sikapi istri dengan perceraian.

Tafsir Poligami Menurut Nasr Hamid Abu Zayd dan Muhammad Shahrur

وَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تُقْسِطُوا فِي الْيَتَامَىٰ فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۖ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَلَّا تَعُولُوا

Artinya; “Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain yang kamu senangi:dua,tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebihl dekat kepada tidak berbuat aniaya”.(Qs. an-Nisa’; 3).

Dalam perkawinan, Muhammad Syahrur dan Nasr Hamid menyimpulkan bahwa al-Qur’an melarang laki-laki untuk menikahi lebih dari satu istri jika mereka tidak dapat mewujudkan asas keadilan pada sang istri maupun anak-anaknya.

Namun, Muhammad Syahrur dan Nasr Hamid Abul Zayd mengingatkan bahwa pada waktu yang sama al-Qur’an juga mendorong laki-laki yang memiliki harta untuk mengawini janda yang memiliki anak yang masih belia.

Bagi Muhammad Shahrur poligami adalah suatu hal yang mubah dengan syarat yang tidak mudah bagi para suami. Adapun syarat-syarat yang Shahrur tetapkan adalah bahwa pertama, Istri kedua, ketiga dan keempat, merupakan seorang janda yang memiliki anak yatim dalam keadaan masih kecil, dan telah ditinggal mati oleh ayahnya.[]

Tags: Film IndonesiaMonogamipoligamiQira'ah MubadalahReview Film
Ahmad Ali

Ahmad Ali

Terkait Posts

Film Pendek Memanusiakan Difabel

Film Pendek Memanusiakan Difabel: Sudahkah Inklusif?

7 Mei 2025
Film Aku Jati Aku Asperger

Komunikasi Empati dalam Film Aku Jati Aku Asperger

5 Mei 2025
Film Pengepungan di Bukit Duri

Film Pengepungan di Bukit Duri: Bagaimana Sistem Pendidikan Kita?

3 Mei 2025
Otoritas Agama

Penyalahgunaan Otoritas Agama dalam Film dan Drama

25 April 2025
Film Indonesia

Film Indonesia Menjadi Potret Wajah Bangsa dalam Menjaga Tradisi Lokal

17 April 2025
Film Bida'ah

Film Bida’ah: Ketika Perempuan Terjebak Dalam Dogmatisme Agama

14 April 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Bangga Punya Ulama Perempuan

    Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB dalam Pandangan Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenal Jejak Aeshnina Azzahra Aqila Seorang Aktivis Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan
  • KB dalam Pandangan Riffat Hassan
  • Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman
  • Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version