Mubadalah.id – Banyak orang Islam yang menganggap bahwa ketika seorang non-Muslim, terutama jika dianggap berada pada pihak musuh, boleh saja berbuat buruk dan zhalim kepadanya.
Anggapan ini juga terjadi pada masa Nabi Muhammad Saw, Bahkan, mereka meminta dukungan nabi terhadap sikap tersebut. Tetapi, nabi menolak dengan tegas dan memberi keteladanan dengan tegas pula untuk tetap bersikap baik dalam relasi sosial dengan yang berbeda agama.
Ada kisah yang tercatat dalam berbagai kitab hadits, terutama dua kitab yang paling otoritatif, Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim. Kisah tentang beberapa orang Islam, karena anggota keluarga mereka terbunuh, menuduh orang-orang Yahudi yang membunuhnya.
Orang Yahudi tidak terima dengan tuduhan itu. Nabi Muhammad Saw. diajak untuk ikut mendukung. Namun, nabi menolak dan memilih untuk membayarkan diat (uang tebusan) seseorang yang terbunuh itu untuk keluarga mereka dari pada harus menjatuhkan hukuman kepada orang-orang Yahudi yang tidak terbukti melakukan pidana tersebut.
Kisah ini diriwayatkan oleh Sahl bin Abu Hatsmah Ra tentang keluarga buyutnya yang hidup pada masa Rasulullah Saw yaitu:
Abdullah bin Sahl Ra dan Mahisah bin Sahl Ra yang suatu saat pada masa Nabi Muhammad Sawpergi ke daerah Khaibar yang dihuni oleh orang-orang Yahudi.
Mereka berjalan terpisah, dan tiba-tiba mendapati saudaranya, Abdullah bin Sahl Ra terbunuh. Mahisah bin Sahl Ra terkejut dan langsung menemui dan menuduh orang-orang Yahudi yang tinggal di Khaibar sebagai pelakunya.
“Kalian, pasti, yang membunuh Abdullah,” kata Mahisah bin Sahl Ra menuduh mereka.
“Demi Allah, kami tidak membunuhnya,” jawab orang-orang Yahudi.
Mereka tidak terima dengan tuduhan yang Mahisah bin Sahl Ra lontarkan kepada mereka. Namun, Mahisah bin Sahl Ra. bersikukuh dan pulang ke kabilahnya, menceritakan kejadian tersebut, dan keyakinannya bahwa yang membunuh adalah orang-orang Yahudi Khaibar.
Saat Orang Yahudi Menemui Nabi
Keluarga Mahisah bin Sahl Ra datang menemui Nabi Muhammad Saw meminta dukungan agar nabi menekan orang-orang Yahudi Khaibar.
Awalnya, nabi percaya, dan menyatakan, “Mereka orang Yahudi harus menebus (uang diat) atas kematian anggota keluarga kalian, atau mereka harus siap berperang dengan kami (karena melanggar perjanjian damai untuk tidak membunuh).” Ini nabi ungkapkan kepada keluarga Mahisah bin Sahl Ra. ketika datang menghadap beliau.
Lalu, Nabi Muhammad Saw mengirimkan surat kepada orang-orang Yahudi di Khaibar dengan memberi dua pilihan tersebut bayar tebusan atau berperang. Orang-orang Yahudi membalas surat nabi dengan menyatakan: “Demi Allah, kami tidak membunuhnya.”
Membaca surat berisi sumpah orang-orang Yahudi itu, Nabi Muhammad Saw bersabda kepada keluarga Mahisah bin Sahl Ra yang menuntut darah Abdullah bin Sahl Ra “Apakah kalian bersedia bersumpah 50 kali bahwa kalian yakin yang membunuh Abdullah bin Sahl adalah orang-orang Yahudi Khaibar, agar kalian berhak menuntut balas darahnya?”
“Tidak bersedia, wahai Rasul,” jawab mereka.
“Kalau begitu, aku akan meminta orang-orang Yahudi untuk bersumpah 50 kali bahwa mereka tidak membunuhnya sehingga mereka akan terbebas dari tebusan dan hukuman yang menjadi tuntutan kalian,” sabda Nabi Muhammad Saw.
“Tetapi, mereka bukan Muslim. Tidakkah sumpah mereka bisa kita terima? ” tanya keluarga Mahisah bin Sahl Ra.
“Ya, sumpah mereka saya terima, dan mereka terbebas dari tuntutan kalian,” jawab nabi.
Nabi Muhammad Saw kemudian memilih untuk membayar sendiri uang tebusan darah (diat) Abdullah bin Sahl Ra yang terbunuh itu, bukan dengan membebankan kepada orang-orang Yahudi yang tidak bersalah tersebut.
Hal ini tidak lain agar tidak terjadi kezhaliman kepada orang-orang non-Muslim. Sekalipun dan tidak terjadi perang antara umat Islam dan orang Yahudi karena alasan yang tidak jelas.
Rujukan Kisah
Kisah ini bisa kita temukan kitab-kitab hadits utama umat Islam, seperti Shahih al-Bukhari (hadits nomor 7279), Shahih Muslim (hadits nomor 4438 dan 4441), dan Sunan Abu Dawud (hadits nomor 4523).
Kemudian, Sunan an-Nasa’i (hadits nomor 4727, 4728, 4733, dan 4735), Sunan Ibnu Majah, (hadits nomor 2779), dan Al-Muwatta’ (hadits nomor 1599 dan 1600).
Demikianlah, kisah orang-orang Yahudi, yang sering kita sebut sebagai orang-orang yang paling kasar kepada umat Islam.
Namun demikian, Nabi Muhammad Saw tidak bersedia bersekongkol secara jahat untuk menzhalimi mereka.
Persekongkolan jahat untuk menzhalimi manusia. Sekalipun bukan beragama Islam, adalah bertentangan ajaran dasar Islam yang rahmatan lil ‘alamin dan akhlak mulia Nabi Muhammad Saw. []