Mubadalah.id – Semarang satu dekade lalu telah berubah menjadi wajah Semarang sekarang yang cukup mengesankan. Setahun lalu, sebelum Walikota Semarang Hendrar Prihadi “berangkat” ke Jakarta menunaikan tugas sebagai Kepala LKPP, Semarang mendapat penghargaan sebagai kota “terbaik” versi UI GreenMetric tahun 2022. Yang memang paling menonjol adalah perubahan area kota lama yang semakin tertata rapi.
Meski demikian, tidak kita pungkiri bahwa Semarang masih lekat dengan image banjir seperti lagu yang tidak asing di telinga masyarakatnya, Semarang kaline banjir, ja seumelan ra dipikir, begitu sekira potongan liriknya.
Permasalahan banjir “rob” yang tak kunjung selesai dan padatnya penduduk menyebabkan banyak munculnya kawasan kumuh di sekitar kota Semarang. Belum lagi penelitian baru-baru ini yang menyebutkan bahwa Semarang menjadi satu dari kota besar yang mengalami penurunan tanah hingga terancam tenggelam.
Dari sekian permasalahan yang ada, Semarang terkesan menjadi kota yang kurang menarik. Semarang menjadi kota yang hanya terpenuhi hiruk pikuk aktivitas industri atau paling tidak aktivitas akademik sebab adanya 3 kampus negeri “mentereng”.
Hidden Gem Kota Semarang
Terlepas dari permasalahan kota Semarang yang cukup pelik, Semarang menyimpan sejarah yang sudah banyak ternarasikan dalam berbagai literatur. Yang menggembirakannya lagi, di tengah hiruk pikuknya, Semarang memiliki sudut-sudut sunyi syarat spiritualitas di kawasan pusat kotanya.
Di tengah gambaran kota Semarang yang penuh dengan hingar-bingar metropolitan berwujud kafe, mall, dan tempat healing lainnya, baru-baru ini penulis menyadari Semarang memiliki hidden gem yang recommended bagi jiwa-jiwa yang ingin memenuhi cawan spiritual dalam diri.
Hidden gem yang saya maksudkan adalah tempat wisata religi para wali di pusat kota Semarang. Setidaknya ada empat tempat yang keempatnya bisa kita kunjungi dalam satu waktu mengingat lokasinya yang berdekatan satu sama lain, serta mudah kita akses (di pusat kota).
Makam Mbah Sholeh Darat
Lokasi pertama adalah makam Kiai Sholeh Darat yang bernama asli Muhammad Sholeh bin ‘Umar as-Samārānī. Kiai Sholeh Darat merupakan ulama’ asli Indonesia yang pernah menjadi guru para tokoh nasional Indonesia di antaranya adalah Kiai Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah), Kiai Hasyim Asy’ari (pendiri NU), dan R.A. Kartini (tokoh emansipasi wanita).
Makam Kiai Sholeh Darat berada di tengah-tengah kompleks pemakaman umum “TPU Bergota” di jalan Bendungan, Randusari kecamatan Semarang Selatan.
Seiring waktu, makam Kiai Sholeh Darat yang mulanya sederhana seperti makam pada umumnya, kini lebih tertata dengan adanya pembangunan dari pemerintah kota Semarang. Salah satu yang cukup mencolok adalah adanya gerbang kayu sebagai pintu masuk menuju makam yang estetik bertuliskan “Makam K.H. Sholeh Darat Bergota Semarang”.
Makam Ki Ageng Pandanaran
Lokasi kedua, tidak jauh dari makam Kiai Sholeh Darat (sekitar 750 meter), terdapat makam Ki Ageng Pandanaran. Tepatnya di jalan Mugas, Mugassari kecamatan Semarang Selatan. Ki Ageng Pandanaran merupakan bupati Semarang pertama yang berjasa dalam pemberian nama Semarang. Ki Ageng Pandanaran juga sekaligus merupakan salah satu tokoh penyebar Islam awal di Semarang.
Meski cukup dekat, namun makam Kiai Sholeh Darat dan Ki Ageng Pandanaran tidak berada dalam satu kompleks. Jalan menuju makam Ki Ageng Pandanaran cukup menanjak, namun sesampainya di lokasi, kita akan masuk komplek pemakaman yang asri tepat di belakang masjid dan Menara toa bertangga.
Menariknya, kita juga tersuguhkan pemandangan kota Semarang lengkap dengan gedung-gedung pencakar langit yang menjulang mengelilingi kompleks pemakaman.
Makam Habib Thoha bin Yahya
Lokasi selanjutnya adalah makam Habib Thoha bin Yahya yang terkenal dengan “Mbah Depok”. Habib Thoha bin Yahya merupakan kakek buyut Habib Luthfi bin Yahya (Pekalongan). Ketokohan Habib Thoha bin Yahya tersematkan sebab jasanya menyebarkan Islam sekaligus melawan penjajah.
Tidak jauh berbeda dengan kompleks makam Ki Ageng Pandanaran, kompleks makam Habib Thoha bin Yahya yang berada di Kembangsari kecamatan Semarang Tengah juga dikelilingi gedung-gedung hotel dan perkantoran tepatnya di pinggir jalan raya.
Namun demikian, suasana komplek makam menjadi seakan tidak berasa di tengah kota karena memiliki arsitektur dengan konsep Timur Tengah lengkap dengan pohon kurma yang berjajar di sepanjang jalan menuju makam. Kubah hijau di atas makam yang segaris pandang dengan tulisan nama 2 hotel besar, meninggalkan kesan tersendiri bagi pengunjung.
Makam Mbah Kramat Jati
Lokasi keempat adalah makam Habib Hassan bin Thoha bin Yahya yang berjuluk “Mbah Kramat Jati” yang merupakan putra dari Habib Thoha bin Yahya. Sama dengan ayahnya, ketokohan Habib Hassan bin Thoha bin Yahya diperoleh karena keulama’annya dan kegigihannya dalam melawan penjajah. Begitupun arsitektur makam Habib Hasan bin Thoha bin Yahya yang juga menyerupai makam Habib Thoha bin Yahya dengan kubah berwarna hijau.
Meski demikian, makam Habib Hassan bin Thoha bin Yahya tidak dalam satu komplek dengan ayahnya (Habib Thoha bin Yahya). Terletak di jalan Duku, Lamper Kidul, kecamatan Semarang Selatan sekitar 6 kilometer dari makam Habib Thoha bin Yahya.
Empat wisata religi tersebut tidak merefleksikan apapun. Tidak juga dalam rangka membatasi. Masih banyak makam para wali di Kota Semarang. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, empat tempat tersebut penulis rekomendasikan hanya didasarkan pada kemudahan akses antar empat lokasi. []