Secara konseptual, Surat al-Fatihah berbicara mengenai way of life atau weltanschung yang dibahasakan dengan terminologi “ash-shiroot al-mustaqiim”. Sementara ayat 1-5 dari Surat al-Baqarah adalah tentang mereka yang beriman dengan jalan hidup ini, dan tanpa ragu mengambilnya sebagai panduan (hidayah) dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Mereka adalah al-Muttaquun, orang-orang yang bertakwa. Orang-orang yang memiliki kesadaaran kehadiran Allah Swt, sehingga akan terlindungi dari segala keburukan, melalui penguatan relasi dengan Allah Swt (‘ubudiyah) dan relasi antar sesama manusia (mubadalah).
Dalam realitas, orang-orang yang beriman dengan jalan hidup ini akan menghadapi tantangan. Ayat 6-20 Surat al-Baqarah mengetengahkan tantangan yang akan datang dari eksternal, yaitu mereka yang tidak beriman, dan dari internal, yaitu mereka yang hipokrit. Yang pertama disebut orang-orang kafir dan yang kedua orang-orang munafik. Baik yang pertama maupun yang kedua, ciri umum mereka, adalah pelaku kerusakan di muka bumi, suka menghina dan merendahkan orang lain. Secara konseptual, dibanding berkomitmen dengan panduan hidup secara ketat, orang kafir dan munafik lebih memilih hal-hal pragmatis yang bisa jadi memberi manfaat, tetapi sesungguhnya merugikan mereka sendiri.
Sementara ayat 21-29 memiliki tema yang beragam. Tetapi secara umum, ia ingin menguatkan hati orang-orang yang beriman, ketika menghadapi tantangan-tantangan tersebut, agar teguh, kokoh, bersabar, dan terus berkomitmen dengan jalan hidup ini.
Ayat-ayat ini mengingatkan peran Tuhan yang telah menciptakan semua manusia, bumi tempat tinggal mereka dan semua isinya. Dia juga menjanjikan kenikmatan surga yang akan diperoleh orang yang beriman dan beramal salih. Diharapkan, pengingatan dan janji ini, orang-orang bertakwa tidak tergoda perilaku orang-orang kafir yang sesat, mudah ingkar janji, dan selalu melakukan kerusakan di muka bumi. Karena perilaku ini, sesungguhnya, akan merugikan semua makhluk, bahkan termasuk orang-orang kafir itu sendiri.
Nah, ayat 30-39 dari Surat al-Baqarah masih satu nafas dengan ayat 21-29 tersebut. Di kumpulan ayat ini, kentara sekali semangat untuk memberi landasan primordial terhadap pilihan jalan ash-shiroot al-mustaqiim ini. Bahwa jalan takwa, untuk selalu beriman pada Allah Swt dan berbuat baik antar sesama, sejak awal, merupakan bagian dari mandat penciptaan manusia di muka bumi ini.
Di hadapan para malaikat, Allah Swt menyebut manusia sebagai “khalifah” di muka bumi ini. Secara bahasa, khalifah artinya pengganti. Manusia menjadi “pengganti” Allah Swt di muka bumi ini, untuk memastikan tidak terjadi perusakan di muka bumi dan tidak terjadi pertumpahan darah. Tentu saja, di samping, tetap meneruskan tradisi penghambaan penuh kepada Allah Swt (ayat 30).
Para malaikat meragukan efektifitas pemandatan ini kepada manusia. Tetapi Allah Swt meyakinkan mereka, bahwa manusia memiliki kualitas pengetahuan, di samping modal keimanan pada-Nya. Ini cukup bagi manusia untuk mengemban mandat “kekhalifahan” ini. Setelah melihat demonstrasi kualitas pengetahuan ini, para malaikat kemudian tunduk dan menerima keputusan pemandatan Allah Swt ini. Hanya kelompok iblis yang tidak setuju dan tidak mau tunduk dengan pemandatan terhadap manusia di muka bumi (ayat 31-34).
Setelah kisah pemandatan ini, ayat 35-39 berkisah tentang pengalaman pertama Nabi Adam dan Siti Hawa, ‘alaihimassalaam, hidup bersama dalam suatu kebun yang indah dan menyenangkan (al-jannah). Di sini, karena sama-sama tergoda setan, mereka berdua melakukan sebuah kesalahan bersama yang membawa mereka harus terusir dari kebun indah tersebut. Merekapun keluar dari kebun, lalu mengambil salah satu daerah di bumi sebagai tempat tinggal mereka (mustaqarr), dan mengembangkan kehidupan yang menyenangkan (ayat 35-36).
Di daerah tempat tinggal ini, Nabi Adam as menerima seruan (kalimaat) dari Allah Swt untuk selalu berkomitmen memegang panduan hidup (hidayah) dalam menjalani kehidupan mereka. Nabi Adam as juga kembali sadar (bertaubat) dengan kisah primordial dirinya, yang berasal (diciptakan oleh) Allah Swt, dan akan kembali kepada-Nya (ayat 37).
Dan Allah-pun menerima pertaubatannya. Allah Swt juga menegaskan kepada Nabi Adam dan Siti Hawa, bahwa selama menjalani hidup di daerah tersebut, jika mereka tetap berpegang pada panduan hidayah itu, mereka akan tenang, tidak mudah diliputi ketakutan, kecemasan, maupun kesedihan. Panduan hidayah, dengan selalu bertakwa dalam hal relasi vertikal dan horizontal, akan menguatkan ketahanan jiwa manusia, sehingga tidak mudah rapuh dan terlindungi dari segala keburukan hidup (ayat 38).
Kisah Nabi Adam dan Siti Hawa, ‘alaihimassalaam, ini ingin memompa semangat orang-orang bertakwa (al-muttaqiin) untuk tetap teguh dengan panduan hidup (hidayah), dan tidak mudah tergoda sama perilaku orang-orang kafir. Biar saja, orang-orang kafir ini, ingkar dan mendustakan ayat-ayat Allah Swt tentang panduan hidup ini. Jikapun mereka tidak merasakan kerugian di dunia ini, akibat dari keingkaran dan perilaku buruk mereka, di akhirat mereka akan tinggal dan kekal di dalam neraka (ayat 39).
Dari beragam tema kelompok ayat ini, yang paling menonjol adalah soal kisah pemandatan atau kekhalifahan manusia di muka bumi ini. Ini perlu elaborasi lebih lanjut. Minimal melalui penuluran ayat-ayat yang menggunakan akar kata kh-l-f yang membantuk kata “khalifah”. Menurut penelitian Fuad Abdul Baqi dalam Kamusnya, terdapat 125 ayat di berbagai surat al-Qur’an yang menggunakan akar kata ini. Termasuk di antaranya adalah kata “ikhtilaf”, berbeda pendapat.
Di antara ayat-ayat lain yang senafas dengan makna pemandatan manusia di muka bumi, adalah Surat al-An’am (6: 165), Yunus (10: 14 dan 73), dan Fathir (35: 39). Tetapi juga ada ayat lain, yang tidak menggunakan akar kata kh-l-f, tetapi memiliki makna yang senada tentang pemandatan manusia di muka bumi. Yaitu ayat Hud (11: 61). Ayat ini menegaska bahwa, Allah Swt sengaja menciptakan manusia di muka bumi ini, untuk tugas membawa kebaikan-kebaikan, kesejahteraan, dan kemakmuran untuk semua makhluk di muka bumi ini.
Pemandatan ini, tentu saja, berlaku untuk laki-laki dan perempuan, sebagai sama-sama makhluk dan hamba-Nya, yang diciptakan untuk tujuan mulia tersebut. Sehingga semua peran manusia dalam hidup ini, selama untuk kebaikan, yang merupakan mandat kekhalifahan dari Allah Swt, harus dilakukan dengan kerjasama dan kesalingan antara laki-laki dan perempun (QS. At-Taubah, 9: 71). Amiin.