Mubadalah.id – Jika melihat realitas saat ini, maka telah semakin banyak kaum perempuan yang memiliki potensi dan bisa melakukan peran-peran yang selama ini dipandang hanya dan harus menjadi milik laki-laki. Banyak perempuan di berbagai ruang kehidupan yang mampu tampil dalam peran kepemimpinan publik, baik dalam bidang politik, ekonomi dan sosial.
Karena itu karakteristik yang menjadi dasar argumen bagi superioritas laki-laki bukanlah sesuatu yang tetap dan berlaku sepanjang masa. Akan tetapi merupakan produk dari sebuah proses sejarah. Yakni sebuah proses perkembangan yang terus bergerak maju dari badawah (nomaden) menuju hadlarah (berkehidupan menetap, modern).
Termasuk dari ketertutupan kepada keterbukaan, dari kebudayaan tradisional kepada kebudayaan rasional, dan dari pemahaman tekstual kepada pemahaman substansial.
Semuanya merupakan sebuah proses sejarah yang berlangsung secara evolutif dan dinamis. Dan mungkin saja pada saatnya nanti sejarah akan kembali ke siklus awal.
وَتِلْكَ الْاَيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِۚ
Artinya: “Demikianlah hari-hari Kami gilirkan di antara manusia”. (QS Ali Imran, 3: 140).
Kalau demikian bagaimana kita memandang ayat surat an-Nisa ayat 34 di atas. Berangkat dari dasar penafsiran sebagaimana dikemukakan pada awal tulisan ini. Maka ayat ini harus dipahami sebagai bersifat sosiologis dan kontekstual, karena menunjuk pada persoalan partikular.
Yaitu, posisi perempuan yang ditempatkan sebagai bagian laki-laki dan laki-laki sebagai pemimpinan rumah tangga sebenarnya muncul dalam suatu peradaban patriarki atau peradaban laki-laki di mana ketergantungan perempuan terhadap laki-laki dalam aspek ekonomi dan keamanan sangat kuat.
Pada masyarakat seperti ini, penempatan posisi perempuan demikian boleh jadi memang tepat sepanjang dalam praktiknya tetap memperhatikan prinsip kemaslahatan.
Membaca Kembali Redaksi Ayat
Karena itu, redaksi ayat tersebut, juga datang dalam bentuk narasi (ikhbar) yang dalam disiplin ilmu ushul fiqh hanya sebatas pemberitaan yang tidak mengindikasikan suatu ajaran (perintah agama).
Asbab al-Nuzul ayat tersebut juga memperkuat pandangan di atas, di mana ia turun untuk memperkecil kekerasan penolakan masyarakat patriarki saat itu. Yaitu erhadap keputusan Nabi Saw yang memberi kesempatan kepada Habibah bint Zayd yang telah dipukul oleh suaminya untuk membalas (qishash) memukul kembali suaminya.
Dengan demikian, penafsiran-penafsitan ayat yang mengatakan bahwa kepemimpinan hanya hak kaum lelaki dan bukan hak kaum perempuan adalah interpretasi yang sarat dengan muatan sosiol, politik, dan ekonomi saat itu.
Apabila penafsiran ini bersifat sosiologis dan kontekstual, maka terbuka suatu kemungkinan terjadinya proses perubahan.
Dengan kata lain, menempatkan posisi perempuan sebagai subordinat laki-laki juga memungkinkan terjadinya perubahan pada waktu sekarang. Karena mengingat format kebudayaannya yang sudah berubah. []