Senin, 15 September 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Pengaburan Femisida

    Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Bissu

    Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat

    Nilai Asih-asuh

    Integrasi Nilai Asih-asuh dalam Tafsir Al-Qur’an: Sebuah Telaah Tematik

    Akurasi data

    Akurasi Data Masih Jadi Problematika, Kapan Inkusivitas akan Mengada?

    Terjebak dalam Kehidupan

    Mengapa Kita Sering Terjebak dalam Kehidupan?

    Pengguna Kursi Roda

    Salatnya Pengguna Kursi Roda itu Bukan Ruhsah, tapi Azimah

    Korban Femisida

    Stop Bullying Korban Femisida!

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Negara, Kekuasaan

    Negara, Kekuasaan, dan Problematika Kemanusiaan

    Keadilan iklim

    Suara Disabilitas Untuk Keadilan Iklim 

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Kekerasan Terhadap Anak

    Rumah yang Tak Lagi Aman: Darurat Kekerasan terhadap Anak

    Malaysia

    SIS Forum Peringatkan: RUU Mufti 2024 Bisa Menyeret Malaysia ke Arah Otoritarianisme

    Pasca Perceraian

    SIS Forum Mari Perjuangkan Hak Finansial Perempuan Malaysia Pasca Perceraian  

    Anak

    Jangan Didik Anak dengan Cara Kekerasan

    Ojol

    Aksi Solidaritas Beli Makanan untuk Ojol di Indonesia dari SIS Forum Malaysia

    Abul ‘Ash

    Abul ‘Ash bin Ar-Rabi’: Menantu Nabi yang Tetap Menjaga Pernikahan Meski Beda Keyakinan

    Makkah

    Ketika Nabi Muhammad Saw Pulang ke Makkah

    Saling Menyayangi

    Menyayangi Semua Orang

    Mencaci Maki

    Nabi Saw Tak Pernah Mencaci Maki Orang

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Pengaburan Femisida

    Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Bissu

    Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat

    Nilai Asih-asuh

    Integrasi Nilai Asih-asuh dalam Tafsir Al-Qur’an: Sebuah Telaah Tematik

    Akurasi data

    Akurasi Data Masih Jadi Problematika, Kapan Inkusivitas akan Mengada?

    Terjebak dalam Kehidupan

    Mengapa Kita Sering Terjebak dalam Kehidupan?

    Pengguna Kursi Roda

    Salatnya Pengguna Kursi Roda itu Bukan Ruhsah, tapi Azimah

    Korban Femisida

    Stop Bullying Korban Femisida!

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Negara, Kekuasaan

    Negara, Kekuasaan, dan Problematika Kemanusiaan

    Keadilan iklim

    Suara Disabilitas Untuk Keadilan Iklim 

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Kekerasan Terhadap Anak

    Rumah yang Tak Lagi Aman: Darurat Kekerasan terhadap Anak

    Malaysia

    SIS Forum Peringatkan: RUU Mufti 2024 Bisa Menyeret Malaysia ke Arah Otoritarianisme

    Pasca Perceraian

    SIS Forum Mari Perjuangkan Hak Finansial Perempuan Malaysia Pasca Perceraian  

    Anak

    Jangan Didik Anak dengan Cara Kekerasan

    Ojol

    Aksi Solidaritas Beli Makanan untuk Ojol di Indonesia dari SIS Forum Malaysia

    Abul ‘Ash

    Abul ‘Ash bin Ar-Rabi’: Menantu Nabi yang Tetap Menjaga Pernikahan Meski Beda Keyakinan

    Makkah

    Ketika Nabi Muhammad Saw Pulang ke Makkah

    Saling Menyayangi

    Menyayangi Semua Orang

    Mencaci Maki

    Nabi Saw Tak Pernah Mencaci Maki Orang

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Memotret Pesantren Ramah Anak di Pandeglang Banten

Poin utamanya adalah kita semua berupaya menjadikan pesantren sebagai lembaga pendidikan yang ramah terhadap anak

Sofwatul Ummah Sofwatul Ummah
13 Februari 2023
in Publik
0
Pesantren

Pesantren

139
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Kabar anyar dari dunia pesantren memang sedang tidak baik. Media-media mengangkat banyak kasus pelecehan dan kekerasan kepada santri perempuan. Dan, kasus-kasus yang ditulis oleh media adalah ibarat bom waktu yang kini saatnya untuk meledak. Publik pun dibuat tercengang atas kasus-kasus yang berseliweran.

Bukan salah media yang menyuarakan pelecehan dan kekerasan di pesantren, pun bukan salah pihak-pihak yang berani bersuara. Tetapi kita harus sepakat bahwa kebenaran akan terungkap, meski membutuhkan waktu yang amat lama lewat cara apapun dan oleh siapapun. Karena faktanya, pelecehan dan kekerasan seksual di pesantren ditimbun sejak lama.

Tetapi, apakah semua institusi pendidikan Islam atau pesantren memiliki sisi gelap yang merata? Jawabannya tentu tidak. Bahkan, banyak sekali pesantren ramah anak yang terus berupaya melakukan perbaikan-perbaikan. Terutama mengenai kesehatan mental santri, dan memutus rantai perundungan di pesantren.

Hasil potret penulis mengenai pesantren ramah anak terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten. Sebuah pesantren tertua di wilayah tersebut. Berdiri tahun 1916 M. Pesantren ini merupakan pusat pendidikan, dakwah, dan perlawanan melawan imperialisme bahkan sebelum Indonesia merdeka dan sebelum teritori Indonesia disepakati oleh para the founding fathers.

Pesantren tersebut berlokasi di Kecamatan Menes, sebuah kecamatan “tua” yang menjadi saksi bisu bagaimana para priyai mendidik masyarakat di sekitarnya dan mempertahankan tanah kelahirannya dari cengkraman imperialisme, walhasil tidak sedikit priyai dan santri yang gugur karena melakukan perlawanan demi perlawanan.

Pesantren tersebut adalah Mathlaul Anwar Li Nahdlatil Ulama atau biasa disebut MALNU. Pada pesantren tersebut terdapat salah satu unit pesantren yaitu MALNU Komplek Syekh Arsjad. Unit pesantren ini juga mengelola unit pendidikan formal setingkat SMA, yaitu SMA Plus MALNU Pusat.

Penulis berani menilai bahwa pesantren ini adalah pesantren yang layak di sebut “ramah anak.” Mengapa? Berikut penulis sampaikan uraiannya.

Langkah-langkah yang bisa dibilang progresif dan responsif dari Pesantren MALNU Komplek Syekh Arsjad adalah pertama pesantren ini menjadwalkan waktu konseling bagi setiap santri untuk menyampaikan keluh kesahnya kepada Psikolog yang dihadirkan pesantren sebagai upaya menjaga kesehatan mental santri-santri.

Dalam sesi konseling tersebut, santri-santri boleh menyampaikan apapun yang kira-kira tidak dapat mereka sampaikan kepada teman atau gurunya. Atau satu hal yang tidak dapat mereka ekspresikan. Jadi, santri tidak hanya diajari untuk curhat kepada Tuhannya melalui ibadah rutin atau ibadah sunah lainnya, tapi pesantren menyediakan waktu konseling dengan Psikolog untuk membantu menyikapi hal atau perasaan yang mengusik kesehariannya.

Kerjasama antara pesantren dan Psikolog tersebut sudah berjalan selama dua tahun belakangan ini. Meski terbilang baru, tapi ini adalah langkah yang brilian, karena pesantren menyadari tidak hanya kesehatan fisik saja yang harus dijaga, kesehatan mental juga berperan penting terhadap tumbuh kembang para santri.

Santri harus belajar dengan bahagia dan gembira, begitu pernyataan dewan pengasuh Pesantren MALNU Komplek Syekh Arsjad.

Kedua, di pesantren ini para ustad dan ustazah mendapat pelatihan melalui program “Guruku Sahabatku.” Program ini bertujuan untuk membangun kesadaran para asatidz mengenai bagaimana menghadapi dan menyikapi kenakalan remaja yang sudah pasti terjadi usia peserta didiknya.

Selain itu, pelatihan tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan para asatidz mengenai perencanaan pengajaran dan meningkatkan pembelajaran secara efektif. Menariknya asatidz juga mendapatkan pelatihan psikologi terkait tahapan perkembangan peserta didik, faktor-faktor pendukung, perkembangan, serta seni komunikasi guru kepada peserta didik. Hal ini dapat dibilang sebagai hal langka di lembaga pendidikan.

Selain mendengarkan penjelasan dari para trainer, asatidz juga melakukan beberapa simulasi diantaranya yaitu bagaimana praktik komunikasi kepada anak, simulasi merumuskan kelas menyenangkan, dan simulasi mengelola kelas menyenangkan.

Melalui program tersebut, artinya tidak hanya peserta didik yang dituntut terus belajar dan diajarkan memperbaiki perilaku dan kebiasaan, tetapi para asatidz juga belajar, terutama mengenai tumbuh kembang peserta didik sehingga hasil yang diharapkan adalah tercipta lingkungan belajar yang menyenangkan untuk guru dan peserta didik. Guru semakin tanggap, peserta didik semakin cakap.

Tidak hanya sesi konseling dan program Guruku Sahabatku, langkah ketiga sebagai upaya menjadi pesantren ramah anak adalah baru-baru ini para santri Pesantren MALNU Komplek Syekh Arsjad mendeklarasikan Sekolah Anti Perundungan. Deklarasi tersebut disepakati oleh para peserta didik sebagai upaya untuk memutus rantai perundungan atau bullying antar peserta didik. Salah satu kutipan deklarasi tersebut yaitu “Kami berikrar untuk berperilaku positif, menebar kebaikan, dan mencegah perundungan baik verbal, fisik, atau cyber bullying.”

Memang, memutus rantai sesuatu hal yang sudah dianggap biasa tidak mudah, tetapi upaya-upaya harus terus dilakukan karena sering kali lembaga pendidikan dan pendidik abai mengenai perundungan, atau bahkan perundungan dianggap sebagai bahan berseloroh antar peserta didik saja. Padahal, akibat perundungan peserta didik tidak jarang mengalami trauma yang membekas, sampai-sampai trauma tersebut mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Dari potret yang berhasil penulis dapatkan, bahwa mengupayakan pesantren ramah anak bukan hal yang tidak mungkin. Hal ini sangat mungkin untuk diupayakan asalkan pesantren atau lembaga pendidikan lainnya mau membuka diri dan tidak larut dalam kebiasaan-kebiasaan yang dianggap sebagai bagian dari pendisiplinan santri.

Para orang tua menitipkan anaknya ke lembaga pendidikan dengan harapan agar dapat menjadi insan yang baik dan memiliki pengetahuan. Jika pengetahuan belum dapat diserapnya dengan maksimal setidaknya santri memiliki pengalaman yang baik dan positif dari tempat mereka belajar.

Tetapi, jika pesantren atau lembaga pendidikan tidak membuka diri dan tidak belajar merespon hal dan peristiwa mutakhir, jangan heran jika hal-hal klasik seperti perundungan, pendisiplinan, dan yang anyar ini diberitakan, yaitu kekerasan seksual di lembaga pendidikan terus berulang.

Penulis merekomendasikan bahwa pesantren lain pun bisa meniru langkah-langkah di atas. Poin utamanya adalah kita semua berupaya menjadikan pesantren sebagai lembaga pendidikan yang ramah terhadap anak. Apapun dan bagaimanapun inovasinya harus mengedepankan anak sebagai individu yang berharga dan mendukung tumbuh kembangnya.

Maka dari itu, mari terus belajar membuka diri dan merespon hal-hal baru. Guru adalah gerbang pertama bagi anak untuk menjadi penerus bangsa. Sementara lembaga pendidikan memiliki otoritas dan tanggungjawab untuk menciptakan suasana belajar yang sehat, positif, dan mendukung tumbuh kembang anak. []

 

Tags: Pesantren Ramah AnakTradisi Pesantren
Sofwatul Ummah

Sofwatul Ummah

Mahasiswa Pascasarjana Center for Religious and Cros Cultural Studies UGM Yogyakarta, tertarik pada isu-isu sosial, keagamaan dan pembaca diskursus gender dan feminisme dalam Islam.

Terkait Posts

Tradisi Pesantren
Publik

Rekontekstualisasi Tradisi Pesantren dan Implementasi Pesantren Ramah Anak

24 Oktober 2024
Pencegahan Perundungan
Personal

Tujuh Langkah Pencegahan Perundungan di Pesantren Menurut Gus Husain Fahasbu

14 Oktober 2024
Ulama Perempuan Denanyar
Figur

Ulama Perempuan Denanyar Jombang dalam Membangun Kapasitas

11 Juli 2024
Ulama Perempuan
Monumen

Ulama Perempuan dan Strategi Pengembangan Pesantren

27 Juni 2024
Pesantren Ramah Anak
Figur

Konsep Pesantren Ramah Anak Anti Bullying Nyai Umdatul Choirot

3 Maret 2024
Pesantren Ramah Anak
Pernak-pernik

Mengikhtiarkan Pesantren Ramah Anak dan Perempuan Melalui Forkom Lurah NU Se-DIY

13 Oktober 2022
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Film Girl in The Basement

    Kekerasan dalam Film Girl in The Basement

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Akurasi Data Masih Jadi Problematika, Kapan Inkusivitas akan Mengada?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jangan Didik Anak dengan Cara Kekerasan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • SIS Forum Mari Perjuangkan Hak Finansial Perempuan Malaysia Pasca Perceraian  

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat
  • Rumah yang Tak Lagi Aman: Darurat Kekerasan terhadap Anak
  • Integrasi Nilai Asih-asuh dalam Tafsir Al-Qur’an: Sebuah Telaah Tematik
  • SIS Forum Peringatkan: RUU Mufti 2024 Bisa Menyeret Malaysia ke Arah Otoritarianisme
  • Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID