Mubadalah.id – Dalam literatur keislaman klasik, istilah perempuan shalihah kerap dipersempit maknanya hanya pada relasi perempuan terhadap suaminya. Kriteria yang digunakan pun terkesan menempatkan perempuan sekadar sebagai pelayan dan penghibur.
Dalam banyak kitab fikih, perempuan shalihah didefinisikan sebagai perempuan yang pertama, dapat memuaskan keinginan suaminya. Kedua, selalu melayani dan menaati perintah suami, dan ketiga, mampu menjaga diri serta harta dan rumah ketika suami tidak ada.
Reduksi makna ini harus kita kritisi. Sebab, dengan pemaknaan sempit semacam itu, baik-buruknya seorang perempuan hanya berdasarkan sejauh mana ia memenuhi kehendak suami, bukan pada kualitas personal dan spiritualnya sebagai seorang muslimah.
Akibatnya, perempuan tercerabut dari identitasnya sebagai subjek utuh dalam kehidupan beragama, dan terjebak dalam peran domestik yang tidak selalu mencerminkan ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin.
Padahal, para ulama sepakat bahwa seorang perempuan, sebagai muslim, terikat langsung dengan perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya sebagaimana laki-laki. Seperti salat, puasa, zakat, haji, berbuat baik kepada orang tua dan tetangga, terlibat dalam kerja-kerja sosial (amal shalih). Serta melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar. Semua ibadah ini bersifat personal dan sosial, tidak eksklusif berkaitan dengan relasi suami-istri.
Pemaknaan parsial terhadap konsep perempuan shalihah juga sering kali merujuk pada sebuah hadis Nabi dari Abu Dawud.
Dalam hadis tersebut, Nabi bersabda, “Maukah aku tunjukkan simpanan terbaik seseorang? Yaitu perempuan shalihah, yang ketika dilihat menyenangkan, ketika diperintah taat, dan ketika ditinggalkan menjaga diri dan harta suaminya.”
Hadis ini kerap dipakai untuk menjustifikasi bahwa perempuan baik adalah yang tunduk total pada suaminya. Namun jika dirunut konteksnya, makna hadis ini jauh lebih luas dan tidak bersifat normatif seperti yang sering dipahami.
Dalam Sunan Abu Dawud (juz II/126, no. hadis 1664), menyebutkan bahwa hadis tersebut Nabi SAW sampaikan kepada sekelompok sahabat yang miskin. Mereka mengeluhkan bahwa banyak perintah dalam Al-Qur’an seperti haji, zakat, dan sedekah lebih mungkin banyak orang-orang kaya yang melakukan.
Konteks Hadis
Dalam konteks ini, Nabi memberikan penghiburan dan peneguhan bahwa mereka yang miskin tetap bisa mendapatkan harta terbaik dalam hidup mereka, yaitu perempuan shalihah yang bisa menjadi sumber ketenangan dan kebaikan. Jadi, konteksnya adalah motivasi spiritual bagi orang-orang tak mampu agar tidak merasa terpinggirkan dari peluang melakukan amal shalih.
Penjelasan kontekstual seperti ini, sebagaimana pandangan Dr. Faqihuddin Abdul Kodir dalam bukunya Pertautan Teks dan Konteks dalam Muamalah, sangat penting agar kita tidak terjebak pada pembacaan normatif yang menyesatkan. Tafsir keagamaan yang tidak memahami konteks sosial dan historis berisiko melanggengkan ketimpangan relasi gender yang justru bertentangan dengan prinsip keadilan Islam.
Sudah saatnya kita menafsir ulang konsep-konsep keagamaan dengan pendekatan yang lebih adil gender. Perempuan shalihah adalah manusia merdeka yang beriman, berilmu, dan aktif dalam kehidupan sosial. Tafsir yang adil dan kontekstual bukan hanya tanggung jawab ulama. Tapi juga tugas kita semua yang mencintai Islam sebagai agama yang luhur dan membebaskan. []