Mubadalah.id – “Hak penyandang disabilitas? Belajar dan mendalami tentang mereka apa bagusnya dan apakah ada keuntungannya untukmu?”
Seperti itulah respon mayoritas orang yang mengetahui apabila saya sedang belajar hal yang berkaitan dengan penyandang disabilitas. Padahal, bukanlah fisik ataupun mental yang menjadi ukuran kemuliaan di sisi Allah SWT. Akan tetapi, orang yang paling bertakwa, yang mana tidak bersangkutan dengan kondisi fisik ataupun mental. Sehingga, disabilitas menempati posisi yang sama dengan yang lainnya.
Sebagaimana al-Qur’an bicara pada QS. Al-Hujurat ayat 13;
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْاۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
Artinya: “Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan Perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha teliti”. (QS. al-Hujurat : 13)
Akan tetapi, tidak sedikit orang saat ini masih memandang rendah disabilitas. Seperti halnya respon mayoritas orang yang mempertanyakan mengenai baik dan keuntungannya belajar mengenai mereka, yang saya tulis awal tadi.
Respon tersebut berlanjut pada pandangan bahwasanya tidak terlalu penting mendalami hak-hak untuk mereka. Tidak sedikit pula yang berpandangan bahwa mereka merupakan suatu kekurangan yang menyulitkan keluarga serta orang sekitar.
Sebagaimana saat saya ngobrol dengan beberapa teman disabilitas pada beberapa kesempatan. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa seringkali mereka mendapatkan perlakuan yang berbeda yang mengarah pada hal negatif. Beberapa dari mereka juga mengatakan bahwa bullying secara langsung maupun tidak langsung kerap kali mereka rasakan.
Contoh sederhana dan sering mereka rasakan yaitu sorotan mata orang sekitar yang memandangi dengan tajam, memperhatikan dari ujung kepala sampai kaki. Beberapa dari mereka juga menyampaikan bahwa masih kesulitan mengakses hak pendidikan dari segi fasilitas dan lainnya.
Pendidikan bagi Penyandang Disabilitas
Membincang Penyandang disabilitas mereka juga memiliki hak-hak yang harus terpenuhi juga. Berbicara mengenai hak-hak disabilitas merupakan isu penting dalam berbagai bidang, termasuk dalam konteks Pendidikan. Penting untuk menekankan bahwa setiap individu, terlepas dari kondisi fisik atau mentalnya, memiliki nilai dan potensi yang sama dengan yang lainnya.
Oleh karena itu, perhatian terhadap hak-hak penyandang disabilitas harus menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya pendidikan yang berlangsung. Sejalan dengan ajaran Islam, yang mana mengajak pada kebaikan dan mencegah pada kemunkaran. Hal tersebut karena memperlakukan penyandang disabilitas dengan adil dan penuh hormat merupakan salah satu bentuk dari kebaikan.
Penyandang disabilitas juga memiliki kehidupan yang harus tetap berjalan, termasuk mendapatkan pendidikan yang layak. Sehingga, penting untuk lebih memperhatikan mereka. Semua pihak, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dan juga masyarakat harus saling memperhatikan keberlangsungan hidup penyandang disabilitas. Kita semua harus saling bekerjasama dan tolong menolong, demi kemashlahatan bersama. Karena, semua manusia memiliki hak yang sama.
Kita semua, termasuk teman-teman disabilitas memperoleh manfaat dari pendidikan dalam banyak hal, termasuk pengembangan ilmu, potensi, kapasitas, kemandirian, dan lainnya. Penyandang disabilitas dapat berhasil dan mencapai potensi maksimalnya bila mereka mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya.
Nilai pendidikan mereka juga berkorelasi dengan upaya memastikan bahwasanya setiap manusia mempunyai akses yang adil juga setara terhadap pendidikan dan layanan informasi. Sehingga harapannya disabilitas dapat berhasil dan berkembang secara maksimal melalui pendidikan yang mendukung.
Bersama dengan Penyandang Disabilitas
Penting bagi kita semua memberikan perlindungan dan pengakuan atas hak-hak penyandang disabilitas. Dalam hal pendidikan, hal ini berarti bahwa semua siswa harus mendapatkan akses yang setara untuk menerima pendidikan berkualitas, karena membedakan atau mendiskriminasi seseorang berdasarkan kondisi fisik atau mentalnya bukanlah tindakan yang adil.
Pendidikan inklusif merupakan salah satu pendekatan yang dapat kita terapkan agar hak-hak disabilitas terwujud dalam konteks pendidikan. Konsep ini menekankan bahwa setiap individu berhak mendapatkan pendidikan yang layak.
Oleh karena itu, lembaga pendidikan kita harapkan untuk menyusun metode pengajaran yang adaptif serta menyediakan fasilitas yang memungkinkan penyandang disabilitas berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar mengajar.
Dengan demikian, akan tercipta suasana yang menghargai keberagaman dan memupuk rasa solidaritas serta kerja sama. Sebagaimana dalam perspektif mubadalah, yaitu menghindari perbuatan yang merugikan orang lain dan berusaha untuk saling membantu.
Akhirnya, belajar serta memahami mengenai hak-hak penyandang disabilitas merupakan hal yang penting. Kita menjadi lebih peka dan peduli terhadap keberadaan mereka, karena kita bersama dengan mereka.
Saat nilai-nilai seperti keadilan dan rasa kemanusiaan kita tegakkan dalam ruang pendidikan, maka masyarakat pun akan menjadi lebih ramah dan suportif bagi semua kelompok individu, termasuk penyandang disabilitas. Melalui pemahaman dan penerapan hak-hak disabilitas, kita dapat mewujudkan pendidikan yang lebih inklusif dan adil bagi seluruh komponen masyarakat. []