Kamis, 11 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    pemberitaan

    Tantangan Media dalam Pemberitaan KDRT

    standar kecantikan

    Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

    Pemberitaan

    Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    Media yang

    Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    Halaqah Kubra

    KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Laras Faizati

    Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan

    Haramain

    Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

    Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    pemberitaan

    Tantangan Media dalam Pemberitaan KDRT

    standar kecantikan

    Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

    Pemberitaan

    Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    Media yang

    Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    Halaqah Kubra

    KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Laras Faizati

    Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan

    Haramain

    Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

    Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Menegakkan Hak Penyandang Disabilitas dalam Pendidikan

Penting bagi kita semua memberikan perlindungan dan pengakuan atas hak-hak penyandang disabilitas, termasuk hak mendapatkan pendidikan.

Putri Nadha Putri Nadha
29 Maret 2025
in Personal
0
Hak Penyandang Disabilitas

Hak Penyandang Disabilitas

789
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – “Hak penyandang disabilitas? Belajar dan mendalami tentang mereka apa bagusnya dan apakah ada keuntungannya untukmu?”

Seperti itulah respon mayoritas orang yang mengetahui apabila saya sedang belajar hal yang berkaitan dengan penyandang disabilitas. Padahal, bukanlah fisik ataupun mental yang menjadi ukuran kemuliaan di sisi Allah SWT. Akan tetapi, orang yang paling bertakwa, yang mana tidak bersangkutan dengan kondisi fisik ataupun mental. Sehingga, disabilitas menempati posisi yang sama dengan yang lainnya.

Sebagaimana al-Qur’an bicara pada QS. Al-Hujurat ayat 13;

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْاۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Artinya: “Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan Perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha teliti”. (QS. al-Hujurat : 13)

Akan tetapi, tidak sedikit orang saat ini masih memandang rendah disabilitas. Seperti halnya respon mayoritas orang yang mempertanyakan mengenai baik dan keuntungannya belajar mengenai mereka, yang saya tulis awal tadi.

Respon tersebut berlanjut pada pandangan bahwasanya tidak terlalu penting mendalami hak-hak untuk mereka. Tidak sedikit pula yang berpandangan bahwa mereka merupakan suatu kekurangan yang menyulitkan keluarga serta orang sekitar.

Sebagaimana saat saya ngobrol dengan beberapa teman disabilitas pada beberapa kesempatan. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa seringkali mereka mendapatkan perlakuan yang berbeda yang mengarah pada hal negatif. Beberapa dari mereka juga mengatakan bahwa bullying secara langsung maupun tidak langsung kerap kali mereka rasakan.

Contoh sederhana dan sering mereka rasakan yaitu sorotan mata orang sekitar yang memandangi dengan tajam, memperhatikan dari ujung kepala sampai kaki. Beberapa dari mereka juga menyampaikan bahwa masih kesulitan mengakses hak pendidikan dari segi fasilitas dan lainnya.

Pendidikan bagi Penyandang Disabilitas

Membincang Penyandang disabilitas mereka juga memiliki hak-hak yang harus terpenuhi juga. Berbicara mengenai hak-hak disabilitas merupakan isu penting dalam berbagai bidang, termasuk dalam konteks Pendidikan. Penting untuk menekankan bahwa setiap individu, terlepas dari kondisi fisik atau mentalnya, memiliki nilai dan potensi yang sama dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, perhatian terhadap hak-hak penyandang disabilitas harus menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya pendidikan yang berlangsung. Sejalan dengan ajaran Islam, yang mana mengajak pada kebaikan dan mencegah pada kemunkaran. Hal tersebut karena memperlakukan penyandang disabilitas dengan adil dan penuh hormat merupakan salah satu bentuk dari kebaikan.

Penyandang disabilitas juga memiliki kehidupan yang harus tetap berjalan, termasuk mendapatkan pendidikan yang layak. Sehingga, penting untuk lebih memperhatikan mereka. Semua pihak, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dan juga masyarakat harus saling memperhatikan keberlangsungan hidup penyandang disabilitas. Kita semua harus saling bekerjasama dan tolong menolong, demi kemashlahatan bersama. Karena, semua manusia memiliki hak yang sama.

Kita semua, termasuk teman-teman disabilitas memperoleh manfaat dari pendidikan dalam banyak hal, termasuk pengembangan ilmu, potensi, kapasitas, kemandirian, dan lainnya. Penyandang disabilitas dapat berhasil dan mencapai potensi maksimalnya bila mereka mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Nilai pendidikan mereka juga berkorelasi dengan upaya memastikan bahwasanya setiap manusia mempunyai akses yang adil juga setara terhadap pendidikan dan layanan informasi. Sehingga harapannya disabilitas dapat berhasil dan berkembang secara maksimal melalui pendidikan yang mendukung.

Bersama dengan Penyandang Disabilitas

Penting bagi kita semua memberikan perlindungan dan pengakuan atas hak-hak penyandang disabilitas. Dalam hal pendidikan, hal ini berarti bahwa semua siswa harus mendapatkan akses yang setara untuk menerima pendidikan berkualitas, karena membedakan atau mendiskriminasi seseorang berdasarkan kondisi fisik atau mentalnya bukanlah tindakan yang adil.

Pendidikan inklusif merupakan salah satu pendekatan yang dapat kita terapkan agar hak-hak disabilitas terwujud dalam konteks pendidikan. Konsep ini menekankan bahwa setiap individu berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

Oleh karena itu, lembaga pendidikan kita harapkan untuk menyusun metode pengajaran yang adaptif serta menyediakan fasilitas yang memungkinkan penyandang disabilitas berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar mengajar.

Dengan demikian, akan tercipta suasana yang menghargai keberagaman dan memupuk rasa solidaritas serta kerja sama. Sebagaimana dalam perspektif mubadalah, yaitu menghindari perbuatan yang merugikan orang lain dan berusaha untuk saling membantu.

Akhirnya, belajar serta memahami mengenai hak-hak penyandang disabilitas merupakan hal yang penting. Kita menjadi lebih peka dan peduli terhadap keberadaan mereka, karena kita bersama dengan mereka.

Saat nilai-nilai seperti keadilan dan rasa kemanusiaan kita tegakkan dalam ruang pendidikan, maka masyarakat pun akan menjadi lebih ramah dan suportif bagi semua kelompok individu, termasuk penyandang disabilitas. Melalui pemahaman dan penerapan hak-hak disabilitas, kita dapat mewujudkan pendidikan yang lebih inklusif dan adil bagi seluruh komponen masyarakat. []

Tags: Akses PendidikanDifabelHak Penyandang DisabilitasInklusi SosialIsu Disabilitas
Putri Nadha

Putri Nadha

Terkait Posts

Bencana Ekologis
Publik

Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

10 Desember 2025
Relasi Difabel
Publik

Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

9 Desember 2025
Keadilan Tuhan bagi Disabilitas
Publik

Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

6 Desember 2025
Hak Difabel
Publik

Benarkah Implementasi Kebijakan Publik Terhadap Hak Difabel Sudah Sesuai HAM?

4 Desember 2025
Jurnalisme Inklusi
Publik

Menghapus Stigma, Menguatkan Suara: Pentingnya Jurnalisme Inklusi bagi Difabel

3 Desember 2025
Jurnalisme Empati  
Publik

Disabilitas, Bencana Alam, dan Jurnalisme Empati  

1 Desember 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Haenyeo Melawan Kiamat Iklim: Nafas Terakhir Penjaga Laut Jeju
  • Tantangan Media dalam Pemberitaan KDRT
  • Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan
  • Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan
  • Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID