• Login
  • Register
Selasa, 1 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Mengapa Memblur Foto Perempuan Bermasalah?

Tia Isti'anah Tia Isti'anah
13/02/2020
in Personal
0
memblur foto perempuan
41
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Space UNJ dalam postingannya mengabarkan jika BEM Fakultas MIPA UNJ (@bemf_mipaunj) mengganti foto-foto perempuan yang ikut menjadi pengurusnya dengan kartun. Selain BEM Fakultas MIPA UNJ, BEM Fakultas Teknik (@bemftunj) juga melakukan hal yang sama. Mereka memblur foto-foto pengurus perempuan.

Apakah ini bermasalah? Tentu saja. Saya tahu ada beberapa orang yang berpendapat bahwa ini adalah kemauan si perempuan itu sendiri. Iya, dalam sebuah screenshoot status, diketahui bahwa pembluran dan penggantian foto perempuan menjadi kartun adalah keinginan kelompok perempuan itu. Hidup adalah arena pengekspresian segala hal termasuk ajaran agama. Jadi bukankah itu adalah hak? Atau lebih tepatnya hak asasi manusia untuk mengekspresikan tindakan agamanya?.

Saya akan mendukung pernyataan bahwa itu adalah bentuk ekspresi keagamaan jika foto laki-lakinya juga diblur atau diganti kartun. Namun ini sangat bermasalah karena yang diblur dan dijadikan kartun hanya perempuan. Jika satu BEM itu memiliki mazhab agama yang sama, maka mengapa hanya perempuan yang diblur dan ditiadakan?.

Saya tidak habis fikir bagaimana bisa sebuah ajaran begitu timpang, misoginis dan patriarkis!. Ajaran apa yang dikaji dalam pengajian mereka?. Seberapa besar pendisiplinan ajaran agama mereka kepada ruang gerak perempuan?.

Dialektika Perempuan dan Islam

Baca Juga:

Tastefully Yours : Membongkar Konstruksi Sosial dari Dapur

Menelusuri Perbedaan Pendapat Ulama tentang Batas Aurat Perempuan

Memaknai Aurat Perempuan secara Utuh

Tafsir Perintah Menutup Aurat dalam al-A’raf Ayat 31

Dialektika perempuan dan Islam tidak bertujuan untuk menutup gerak perempuan (sadd adz-dzariyah), ia malah membukanya, memberikan jalan bagi perempuan untuk setara. Perempuan-perempuan masa awal Islam begitu aktif, ekspresif dan asertif. Mereka biasa bertanya, meminta bahkan menuntut ketika tidak menerima sesuatu yang harusnya menjadi hak mereka.

Ummu Salamah Ra, istri Nabi bahkan pernah menuntut Allah (Sunan Turmudzi, 3296). Ia mempertanyakan kepada Nabi mengapa Allah tidak mengapresiasi hijrah para kaum Perempuan, kemudian Allah SWT menurunkan QS. Ali-Imran :195, “Sesungguhnya Aku (Allah SWT) tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal diantara kamu sekalian, baik laki-laki maupun perempuan..”

Dalam buku Argumen Kesetaraan Jender Perspektif al-Qur’an karya Prof . Dr. Nasaruddin Umar, Prof. Dr. Komarudin Hidayat di Kata Pengantarnya menyebutkan, bahwa Perempuan yang ideal dalam al-Quran adalah Pertama, mempunyai kemandirian politik sebagaimana Ratu Balqis (QS. al-Naml :23). Kedua, memiliki kemandirian ekonomi sebagaimana perempuan pengelolan peternakan yang disaksikan Nabi Musa di Madyan (QS. al-Qashah :23). Ketiga, memiliki kemandirian dalam menentukan pilihan-pilihan pribadi atau menantang opini publik (QS. at-Tahrim :11-12).

Sangat jelas dari penjelasan tersebut, perempuan yang ideal dalam al-Quran bahkan secara literalis-formalis bukanlah perempuan yang tertutup, taat, dan bergantung. Mereka adalah perempuan mandiri, terbuka dan berani menuntut haknya. Sangat perlu ditanyakan, kepentingan siapakah yang diusung dari aliran agama yang menutup ruang gerak perempuan?.

Laki-laki juga sumber fitnah

Jika alasan yang digunakan untuk memblur foto perempuan adalah perempuan sumber fitnah, maka saya akan mempertanyakan mengapa laki-laki juga tidak diblur dan diganti kartun?. Apakah laki-laki bukan sumber fitnah?.

Dalam al-Qur’an, secara literalis dan tekstual sangat jelas diceritakan bahwa Zulaikha tergoda oleh Nabi Yusuf. Khalifah Umar juga pernah mengisolasi seorang pemuda karena dia berparas tampan dengan rambut yang menarik sehingga banyak perempuan tergila-gila. Khalifah Umar lalu mengisolasinya ke Basrah, Irak.

Bukankah ini menandakan bahwa laki-laki juga berkesempatan menjadi sumber fitnah?. Lalu mengapa laki-laki dalam BEM Fakultas Teknik UNJ dengan gagahnya memegang kerah, tersenyum seakan menghadapi masa depan yang akan cerah berbinar sementara perempuannya diblur bagaikan hantu. Ajaran agama apa yang menutup jalan eksistensi perempuan tetapi membuka seluas-luasnya untuk laki-laki?

Saya sangat meyakini, Allah maha adil, Allah tidak hanya menuntut perempuan dengan kewajiban-kewajiban kepadaNya namun melupakan hak-hak perempuan sebagai manusia. Maka, saya sangat mempertanyakan, kepentingan siapakah yang hanya membolehkan laki-laki maju dan hebat sementara perempuan harus terus menerus terpinggirkan dan menjadi bayangan? Sekali lagi, saya meyakini Allah adil.

Tags: auratGenderKesetaraan Gendermisoginis
Tia Isti'anah

Tia Isti'anah

Tia Isti'anah, kadang membaca, menulis dan meneliti.  Saat ini menjadi asisten peneliti di DASPR dan membuat konten di Mubadalah. Tia juga mendirikan @umah_ayu, sebuah akun yang fokus pada isu gender, keberagaman dan psikologi.

Terkait Posts

Narasi Pernikahan

Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

1 Juli 2025
Toxic Positivity

Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

30 Juni 2025
Second Choice

Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

30 Juni 2025
Tradisi Ngamplop

Tradisi Ngamplop dalam Pernikahan: Jangan Sampai Menjadi Beban Sosial

29 Juni 2025
Humor Seksis

Tawa yang Menyakiti; Diskriminasi Gender Di Balik Humor Seksis

26 Juni 2025
Kekerasan Seksual

Kekerasan Seksual Bisa Dicegah Kalau Islam dan Freud Ngobrol Bareng

26 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Anak Difabel

    Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mewujudkan Fikih yang Memanusiakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Taman Eden yang Diciptakan Baik Adanya: Relasi Setara antara Manusia dan Alam dalam Kitab Kejadian

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Gaji Pejabat vs Kesejahteraan Kaum Alit, Mana yang Lebih Penting?
  • Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak
  • Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan
  • Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan
  • Mewujudkan Fikih yang Memanusiakan

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID