Memperingati hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, biasanya identik dengan acara yang diselenggarakan untuk mengenang dan menaladani para pahlawan, baik pahlawan yang berjuang langsung dalam peperangan melawan penjajah maupun pahlawan yang melakukan perlawanan melalui politik, sosial dan ekonomi.
Tidak hanya itu, ada seremonial peringatan lahirnya Indonesia, kita juga diharuskan untuk meneladani semangat perjuangan para pahlawan. Tokoh pahlawan laki-laki yang disebutkan berkali-kali dalam buku sejarah sudah banyak kita jumpai, lalu siapa sajakah pahlawan perempuan yang berjuang pada masa itu? Berikut ini beberapa nama pahlawan perempuan yang jarang disebutkan dalam buku sejarah (sumber:kuyou.id);
Laksamana Malahayati, nama aslinya Keumalahayati, menjabat sebagai Laksamana atau Panglima Perang Kerajaan Aceh pada masa pemerintahan Sultan Al-Mukammil (1589-1604). Hj. Rangkayo Rasuna Said, beliau pernah dipenjara Belanda pada tahun 1932 karena keberaninanya melawan ketidakadilan Pemerintah Hindia Belanda.
Opu Daeng Risadju, melakukan pemberontakan pada tentara NICA tahun 1946, berhasil ditangkap dan disiksa hingga tuli sampai akhir hidupnya. Maria Walanda Maramis, mendirikan organisasi Percintaan Ibu Kepada Anak Turunnya (PIKAT) tahun 1917, berjuang untuk pendidikan ibu agar meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga, pada tahun 1919 memperjuangkan hak suara perempuan di lembaga perwakilan Minahasa Raad.
Apakah nama-nama tersebut sering kita jumpai di buku sejarah yang diajarkan di sekolah? Sepertinya nama di atas masih asing, ya kan? Jika di Indonesia nama pahlawan perempuan masih jarang dijumpai dalam buku sejarah, lalu bagaimana dengan pahlawan perempuan dalam Islam? Apakah kamu mengenal Nusaibah bint Ka’ab perempuan yang melindungi Rasulullah SAW saat Perang Uhud, lalu Asma’ bint Abu Bakar ra yang menghapus jejak tapak Rasulullah SAW saat hijrah?
Mari kita mengenal beberapa pahlawan perempuan pada zaman Nabi Muhammad SAW yang kisahnya terekam dalam hadis.
Berdasarkan Buku 60 Hadis Hak-Hak Perempuan dalam Islam, ada beberapa hadis yang merekam tentang keterlibatan perempuan dalam membela negara dan agama. Pertama, hadis yang diriwayatkan oleh Ibn Sa’d dalam Thabaqatnya (juz 8, hal. 415).
Dari Umar bin Khattab ra, ketika ia bercerita mengenai Ibu ‘Ammarah, yaitu Nusaibah bint Ka’b, bahwa Rasulullah SAW mengatakan tentang dirinya ketika perang Uhud: “Setiap saya menoleh ke kiri maupun ke kanan, saya melihatnya gigih melindungi saya”. (Thabaqat Ibn Sa’d).
Hadis tersebut menceritakan tentang Perang Uhud, saat pasukan Islam kalah dan terpukul mundur, pasukan laki-laki yang menjaga Rasulullah Saw terpaksa menyelamatkan diri masing-masing karena desakan musuh, posisi Rasulullah Saw saat itu terbuka untuk diserang hingga menyebarkan kabar bahwa beliau terbunuh dalam peperangan, tapi Rasulullah Saw bercerita bahwa Nusaibah bint Ka’b seorang perempuan yang berani dan gagah menghalangi serangan yang menuju ke arah Rasulullah, seperti yang diceritakan dalam berbagai riwayat kitab sejarah jika Nusaibah bint Ka’b mempunyai luka pedang dibelasan anggota tubuhnya, hingga ia dijuluki Umm Al-Asyaf yang berarti perempuan penuh luka pedang.
Selanjutnya hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dalam Shahihnya (No. Hadis: 4783), dan Imam Ahmad dalam Musnadnya (No. Hadis: 12291 dan 13177). Dari Anas bin Malik ra, berkata: Bahwa Ummu Sulaim membawa belati ketika perang Hunain. Abu Thalhah melihatnya dan melapor: “Wahai Rasulullah, ini Ummu Sulaim membawa belati”. “Belati untuk apa?”, tanya Rasul kepada Ummu Sulaim. “Saya membawanya agar kalau ada salah seorang musuh yang mendekat bisa langsung saya cincang perutnya”, jawab Ummu Sulaim. Rasulullah Saw tertawa mendengar jawabannya. (Shahih Muslim).
Dari hadis di atas menunjukkan bagaiamana Nabi Saw memberikan pelajaran, dengan mengajukan pertanyaan kepada perempuan di depan laki-laki yang menyaksikan, kemudian dengan penjelasan yang masuk akal bagi laki-laki, hadis tersebut menjelaskan bahwa dalam situasi perang, siapapun harus mampu bertahan atau melindungi minimal untuk diri sendiri. Jika di kehidupan sekarang nilai yang bisa diambil adalah keterampilan untuk bertahan hidup, seperti pengetahuan, akses sosial, ekonomi dan politik harus didapatkan oleh semua orang, baik laki-laki maupun perempuan.
Selain itu ada hadis diriwayatkan Bukhari dalam Shahihnya (No. Hadis 5471, juga ada di: 2921 dan 2929) dan Imam Ahmad dalam Musnadnya (No.Hadis: 27659). Dari Rubayyi’ bint Mua’awwidz ra berkata: “Sungguh kami, para perempuan, ikut berperang bersama Nabi Saw, memberi minum dan melayani kebutuhan pasukan, kamu juga membawa pulang mereka yang terluka dan yang terbunuh ke Madinah”. (Shahih Bukhari).
Dr. Faqihuddin Abdul Kodir dalam Bukunya 60 Hadis Hak-Hak Perempuan dalam Islam mengatakan jika teks hadis ini bukan stereotip peran akomodasi dan medis perempuan, tetapi keteladanan atas partisipasi perempuan dan diapresiasi sama seperti apresiasi terhadap peran politik dalam bentuk lain yang dilakukan oleh laki-laki.
Dari tiga hadis tersebut, banyak hal yang bisa kita teladani, seharusnya perempuan yang berkorban untuk umat dan negara dalam bidang apapun juga pantas disebut pahlawan, menurut Dr. Faqih kepahlawanan mestinya tidak hanya diukur dari pengorbanan fisik yang bersifat militeristik, tetapi semua jenis pengorbanan untuk eksistensi keagamaan, kemanusiaan dan peradaban seluruh umat manusia di muka bumi ini. []