Minggu, 7 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    Kerusakan Hutan Aceh

    Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

    Kekerasan Perempuan

    16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

    Muliakan Perempuan

    Kampanye 16 HAKTP dengan Mengingat Pesan Nabi Saw: Muliakan Perempuan, Hentikan Kekerasan

    16 HAKTP di

    Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Perkuat Kampanye 16 HAKTP di Majalengka

    META Indonesia

    Pelatihan Digital Literasi bersama META Indonesia agar Aman Berekspresi di Media Sosial

    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    Seyyed Hossein Nasr

    Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Beban yang Tak Setara

    16 HAKTP

    16 HAKTP di Tengah Bencana: Perempuan dan Anak Jadi Korban Ganda Kerusakan Alam

    Hutan Indonesia

    Ekosida: Jejak Kejahatan terhadap Hutan Indonesia

    Citizen Journalism

    Citizen Journalism Berbeda dengan Ummu Jamil

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    Kerusakan Hutan Aceh

    Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

    Kekerasan Perempuan

    16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

    Muliakan Perempuan

    Kampanye 16 HAKTP dengan Mengingat Pesan Nabi Saw: Muliakan Perempuan, Hentikan Kekerasan

    16 HAKTP di

    Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Perkuat Kampanye 16 HAKTP di Majalengka

    META Indonesia

    Pelatihan Digital Literasi bersama META Indonesia agar Aman Berekspresi di Media Sosial

    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    Seyyed Hossein Nasr

    Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Beban yang Tak Setara

    16 HAKTP

    16 HAKTP di Tengah Bencana: Perempuan dan Anak Jadi Korban Ganda Kerusakan Alam

    Hutan Indonesia

    Ekosida: Jejak Kejahatan terhadap Hutan Indonesia

    Citizen Journalism

    Citizen Journalism Berbeda dengan Ummu Jamil

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Ngobrol Asik: Karena Setiap Penulis Punya Cerita dan Gaya

Setiap proses para penulis itu berbeda, bagaimana mereka merasakan kegelisahan, menemukan ruang dalam dirinya, dan menuliskannya menjadi sebuah bahasa yang bisa dipahami oleh lebih banyak orang.

Zahra Amin Zahra Amin
22 Juni 2021
in Pernak-pernik
0
Penulis

Penulis

92
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Acara Ngobrol Asik bersama Penulis Mubadalah, yang disingkat Ngobras, akan mulai digelar malam nanti, dengan penampilan perdana kontributor mubadalah.id Miftahul Huda, seorang aktivis lingkungan dari Jogjakarta. Disusul malam-malam berikutnya ada Mbak Dyah Murwaningrum, Retno Daru, Lutfiana Mayasari, Mbak Listia, Hasna A Fadhilah, Rizki Eka Kurniawan dan terakhir Lenni Lestari.

Sebagai orang yang berada di belakang layar mubadalah.id dalam satu setengah tahun terakhir ini, saya membaca setiap tulisan yang masuk, melihat latar belakang penulisnya, dan melihat konsistensi tema yang dituliskan. Ketika ada tulisan yang bagus, menarik, menggigit, dan menyentuh hati, saya seperti habis menang lotre dan mendapatkan banyak hadiah. Hehehe..

Terlebih jika kemudian tulisan ini berbuah infografis yang menarik pula di IG Mubadalah, dan mendapat apresiasi dari para salingers. (Sebutan untuk para jama’ah mubadalah, yang diambil dari kata “Saling/Kesalingan”). Kerjasama yang baik ini, penulis, media, editor, konten creator dan admin media sosial, menjadi motivasi saya untuk memperkenalkan para penulis ini ke panggung kepenulisan nasional, dengan label khusus sebagai penulis mubadalah. Tentu mimpi ini masih panjang, tapi jalannya perlahan mulai kami rintis, dengan menggelar pelatihan-pelatihan kepenulisan media populer berperspektif mubadalah.

 

Penulis
Penulis

Saya merasa Indonesia akan baik-baik saja, jika semakin banyak orang yang punya kesadaran kritis dan  literasi yang baik, menggelisahkan setiap hal, lalu membaginya melalui tulisan. Seperti Miftahul Huda, bagaimana ia menuliskan problem kerusakan lingkungan, perubahan iklim, dan soal peran perempuan lokal dalam komunitas masyarakat adat sebagai “penjaga” bumi ini dari kerusakan alam yang semakin parah.

Tak kalah menariknya, ada Mbak Dyah Murwaningrum, seorang pegiat seni dan kebudayaan dari Serat Pena Bandung, yang ketika WCC Mubadalah digelar pada Desember 2019 silam di Cirebon, pernah bertanya tentang musik dalam Islam, dan ia menuliskan secara apik soal Grup Musik Nasidaria, yang seluruh pemain musiknya adalah perempuan, seolah melawan arus kelompok sebelah yang mengatakan jika suara perempuan adalah aurat, dan musik itu haram. Semakin ke sini, Mbak Dyah juga banyak menulis tentang film, bagaimana ia memberikan alternatif pilihan pada pembaca, film apa saja yang masih kuat budaya patriarkinya, dan film mana yang pesan kemanusiaan serta keadilan gendernya keren.

Sesi ketiga ada Mbak Retno Daru, seorang anggota Puan Menulis, sebuah komunitas kepenulisan yang diinsiasi Aman Indonesia, dan dibidani kelahirannya oleh Mubadalah.id. Retno pernah menceritakan bagaimana awal persentuhannya dengan perspektif mubadalah. Ia pernah membaca postingan Kalis Mardiasih di salah satu akun medsosnya, lalu ia mulai tertarik untuk mengenal mubadalah. Proses ketertarikannya itu mengantarkan ia mendaftarkan diri menjadi anggota Puan Menulis. Melalui mubadalah Ia seolah menemukan “sesuatu” tentang Islam yang selama ini ia cari. Apa itu? Temukan jawabannya di sesi ketiga Ngobras.

Lalu di sesi ke empat, ada Mbak Lutfiana Mayasari, dosen dari IAIN Ponorogo, anggota Puan Menulis, juga peserta Kelas Intensif Ramadan Mubadalah, yang baru saja usai digelar. Ketertarikannya pada isu hukum, gender, dan perdamaian, menjadi menarik ketika ia menuliskannya dengan perspektif mubadalah. Bahwa penting peran perempuan sebagai agen perdamaian, dan bagaimana perempuan rentan menjadi korban, meski ia diposisikan, atau mendapat stigma sebagai pelaku terorisme. Kok bisa? Tunggu ulasannya bersama penulisnya di acara Ngobras.

Sesi selanjutnya ada Mbak Listia, seorang pegiat pendidikan yang sudah malang melintang dalam isu kebhinekaan, tentang Indonesia dan kearifannya menjaga nilai-nilai masyarakat lokal yang kian pudar. Melalui tulisan, Mbak Listia terus bersuara dan membagi kegelisahannya itu, tentang anak-anak muda yang mulai goyah, pragmatis, dan apatis dengan sekitarnya. Catatan yang ditulis Mbak Listia juga menjadi pengingat bagi saya agar selalu berlaku mawas, dan eling lan waspada. Yang menarik, temuan Mbak Listia tentang nilai dan kearifan lokal, yang dikaitkan dengan perspektif mubadalah, apakah itu? Penasaran? Jangan lupa bergabung di sesi ke lima acara Ngobras.

Di sesi ke enam, ada Hasna A Fadhilah. Kemampuan analisanya sudah tak diragukan lagi, bagaimana ia memotret konflik sosial dan politik, baik dalam dan luar negeri. Yang menarik, Hasna menggunakan perspektif mubadalah sebagai cara pandang untuk membahas isu-isu tersebut. Kemudian, di sesi ke tujuh ada anak muda dari Tegal, Rizki Eka Kurniawan yang getol menuliskan pemikiran filsafat, dari Barat sampai Timur. Dari era Socrates hingga Erich Fromm. Dari Plato sampai Al Ghazali. Teori-teori yang rumit itu, ia sederhanakan dan dituliskan menjadi bahasa yang populer, sehingga mudah dipahami bahkan oleh pembaca awam sekalipun. Meski, dari balik layar, berkali-kali saya memastikan cek ricek ke buku atau sumber referensi yang lain, bahwa teori yang ia gunakan itu betul hehehe..

Terakhir, ada Lenni Lestari, dosen dari IAIN Langsa Aceh. Seorang ibu muda yang sebelumnya penulis di beberapa media local Aceh. Saya senang, Lenni cepat merespon dan komunikatif, ketika saya lempar ke WAG kontributor meminta agar ada yang menuliskan review film “Raya and The Last Dragon”, dengan cepat ia merespon dan membuatkan tulisannya. Dan sesuai ekspektasi, ia menggunakan analisa feminisme dalam menulis film tersebut. Lenni juga alumni peserta kepenulisan Mubadalah Virtual Class, medio Oktober 2020, hasil kerjasama Mubadalah.id bersama Ibuku Content Creator (ICC) Jakarta yang digawangi Mbak Karimah Iffia Rahman, salah seorang kontributor dan alumni WCC Mubadalah 2019.

Karena setiap penulis punya cerita dan gaya, maka saya merasa penting untuk menuliskan ini. Bahwa setiap proses para penulis itu juga berbeda, bagaimana mereka merasakan kegelisahan, menemukan ruang dalam dirinya, dan menuliskannya menjadi sebuah bahasa yang bisa dipahami oleh lebih banyak orang. Saya senang bisa membersamai proses itu, meski hanya dari balik layar. Ketika tulisan itu sudah diposting dan menyebar, maka tulisan sudah bukan lagi milik penulisnya. Tapi milik setiap pembaca yang setuju atau tidak dengan gagasan yang ditulis oleh si penulis.

Meski demikian, kita patut mengapresiasi kerja-kerja para penulis tersebut, dan bersama mubadalah saya ingin mereka juga merasakan kebanggaan itu. Penting juga menekankan bahwa, perspektif mubadalah cair, fleksibel dan bisa dipakai untuk menjadi cara pandang dalam isu apapun. Tak melulu harus mencantumkan dalil, ayat al-Qur’an atau Hadits, itu biar menjadi wilayah para suhu di KUPI, hehehe.. Kalaupun ada, itu lebih baik, tetapi tidak wajib. Saya tutup catatan ini dengan meminjam adagium terkenal milik Prameodya Ananta Toer Sang Begawan Sastra Indonesia,  menulislah, karena menulis adalah bekerja untuk keabadian. []

 

 

Tags: GenderkeadilanKesetaraanliterasiNgobrol AsikPenulis MubadalahPerdamaianperspektif mubadalahPuan Menulis
Zahra Amin

Zahra Amin

Zahra Amin Perempuan penyuka senja, penikmat kopi, pembaca buku, dan menggemari sastra, isu perempuan serta keluarga. Kini, bekerja di Media Mubadalah dan tinggal di Indramayu.

Terkait Posts

Krisis Iklim
Publik

Krisis Iklim dan Beban yang Tak Setara

6 Desember 2025
Film Pangku
Film

Film Pangku: Tak Sebandingnya Hak Perempuan dengan Beban yang Ditanggung

26 November 2025
Juru Bicara Disabilitas
Publik

Pentingnya Juru Bicara Disabilitas Berperspektif Gender

25 November 2025
Presiden Meksiko Dilecehkan
Publik

Ketika Presiden Meksiko Dilecehkan: Membaca Kekerasan Seksual dari Perspektif Mubadalah

8 November 2025
Nostra Aetate
Publik

Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

7 November 2025
Maskulin Toksik
Personal

Maskulin Toksik: Menanam Kesetaraan Gender Melalui Budaya Dominan

4 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Namaku Alam

    Derita Kolektif Perempuan dalam Novel Namaku Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen
  • Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera
  • Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’
  • Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat
  • Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID