Mubadalah.id – Sebagaimana tercatat dalam sejarah, baginda Nabi Muhammad saw., juga tidak bisa menghindar dari kekecewaan lantaran cintanya tidak kesampaian. Sekurang-kurangnya ada tiga nama perempuan yang menolak lamaran Nabi, yang pada akhirnya tidak bisa bersua dalam satu “rumah tangga” lantaran beliau menerima penolakan. Siapa sajakah perempuan yang menolak lamaran Nabi?
Salah satu perempuan yang menolak lamaran Nabi adalah Fakhitah binti Abi Thalib, putri paman Nabi.
Perempuan yang nantinya lebih dikenal dengan sebutan Ummu Hani’ ini, tidak lain merupakan cinta pertama Muhammad remaja. Namun, nampaknya keadaan sedang tidak berpihak. Saat Muhammad memiliki keberanian mengutarakan isi hati yang selama ini dipendam, ia malah mendapati sang paman menolak lamaran.
Pasalnya, di waktu bersamaan datang seorang pemuda bernama Hubairah bin Wahab dengan tujuan serupa, melamar perempuan yang diimpikan Muhammad sedari dulu. Dua pria ini sama baiknya di mata Abu Thalib. Membuatnya dihadapkan pada pilihan yang tidak mudah. Satu sisi, dia tahu betul betapa Muhammad adalah pemuda yang memiliki perangai amat baik. Tetapi Hubairah, dalam pandangan Abu Thalib juga tidak kalah baiknya, ia merupakan kerabat jauh yang memiliki nasab terpandang. Setelah dipertimbangkan matang-matang, Abu Thalib dengan berat memilih Hubairah dan mengenyampingkan perasaan ponakan kesayangannya.
Di kemudian hari Nabi mengetahui alasan penolakan pamannya sarat akan unsur balas budi kepada keluarga Hubairah. Keputusan yang diambil ayah Sayyidina Ali tersebut tidak lain demi menjaga relasi baik dua keluarga besar, Kabilah Quraish dan Kabilah Makhzum yang sudah lama terjalin. “Putriku telah kuserahkan pada Kabilah Makhzum sebagaimana mereka dulu menyerahkan putri mereka kepada kami, yaitu ibumu Aminah”, jawab Abu Thalib kepada Nabi saat ditanya ihwal penolakannya dahulu.
Ketika Nabi mendapat titah untuk mendakwahkan Islam kepada masyarakat Arab, Ummu Hani’ turut serta mencatatkan namanya sebagai salah satu orang yang menerima ajakan Nabi untuk memeluk ajaran Islam. Sayang, pilihannya itu tidak sejalan dengan kehendak suaminya. Hubairah tetap berpendirian teguh dengan agama yang telah dianut oleh nenek moyangnya. Alhasil, keadaan ini memaksa mereka untuk segera mengakhiri bahtera rumah tangga yang telah lama mereka bina dengan cinta. Ummu Hani’ lebih memilih Islam ketimbang harus melanjutkan hubungan yang tidak mendapat restu agama.
Selepas Ummu Hani’ berpisah dengan suaminya, ia banting tulang merawat putra-putrinya seorang diri. Kondisi yang berbeda andai dia masih tetap bersama Hubairah.
Mengetahui kemalangan yang dirasakan oleh perempuan yang pernah singgah di hati, Nabi merasa iba. Kemanusiaannya terpanggil untuk ikut memikul beban saudari sepupunya itu. Guna melancarkan tujuan mulianya, Nabi bermaksud melamar Ummu Hani’ agar berkenan menjadi istri beliau. Akan tetapi, untuk kedua kalinya Nabi harus mendapatkan jawaban yang tidak diinginkan. Bukan tanpa alasan, sembari meneteskan air mata Ummu Hani’ menyampaikan isi hatinya :
“Duhai kekasihku, Rasulullah! Demi Allah, kau lebih kucintai dari pada diriku sendiri. Aku mencintaimu dulu (di masa Jahiliah) dan kini. Tapi tengoklah keadaanku saat ini, aku sudah renta dimakan usia. Sedangkan hak seorang suami sangatlah besar. Aku tak ingin merepotkanmu wahai Rasul. Aku khawatir jika aku membaktikan diri pada suami, aku akan lalai terhadap kewajibanku pada anak. Dan jika ku baktikan hidupku pada anak-anakku, aku akan lalai terhadap kewajibanku pada suami”.
Sungguhlah Muhammad seorang Rasul. Dengan lapang hati Nabi menerima jawaban itu sembari berucap lirih, “Terpujilah perempuan yang mengasihi anak-anaknya yang masih kecil serta sangat berhati-hati atas tugasnya sebagai seorang istri.” (Nisa’ Haula al-Rasul, hal 14)
Perempuan yang menolak lamaran Nabi berikutnya, ada nama Duba’ah binti Amir bin Qorth. Konon, Duba’ah adalah salah satu perempuan Arab tercantik yang pernah ada di Mekkah. Ia dinikahi oleh Haudzah bin Ali al-Hanafi. Tidak berselang lama dari pernikahannya, Haudzah meninggal. Beruntungnya, Duba’ah mendapat warisan kekayaan yang melimpah ruah.
Kemudian ia menikah lagi dengan lelaki bernama Abdullah bin Jad’an al-Taymi. Dari pernikahannya ini ia tidak dikaruniai anak sebagaimana yang sudah lama ia harapkan. Oleh karena itu, putri dari Amir bin Qorth ini meminta suaminya agar sudi menceraikannya.
Setelah bercerai dengan suami kedua, Duba’ah kembali menikah dengan Hisyam bin Mughirah dan dikarunia anak bernama Salamah. Putranya ini kelak menjadi salah satu sahabat terbaik Nabi Muhammad saw. Gagal dalam membina rumah tangga mungkin sudah menjadi suratan takdir yang harus diterima dengan legowo oleh Duba’ah. Suaminya, Hisyam lebih dulu meninggal ketimbang dirinya. Setuju atau tidak, dengan amat berat ia harus kembali menyandang status janda yang dulu pernah melekat pada dirinya.
Setelah kepergian suaminya inilah Nabi Muhammad menyampaikan keinginannya untuk menikahi Duba’ah melalui putranya, Salamah. Sayangnya, Salamah beri jawaban yang kurang diharapkan Nabi, dengan berkata “Wahai Rasul, engkau tidak pantas ditolak. Tapi, ijinkanlah aku untuk bertanya soal ini kepada ibuku!”.
Sesampainya di rumah, Salamah sampaikan lamaran Nabi kepada ibunya. Duba’ah binti Amir kaget dan tidak habis pikir akan jawaban putrinya. Dia katakan :
“Astaghfirullah, jika Rasulullah yang meminta mengapa kau masih perlu persetujuanku?”
“Kembalilah wahai putriku, dan sampaikan pada beliau bahwa aku menerimanya dengan senang hati”. Imbuhnya.
Salamah pun buru-buru ke kediaman Nabi menyampaikan kabar bahagia itu kepada beliau. Tetapi tidak sepatah katapun yang terucap dari lisan Nabi yang mulia. Sikap ini mengungkap fakta bahwa beliau tidak lagi berkenan dengan keinginan sebelumnya. (Imta’ al-Asma’, jilid 6, hal 107-108)
Terakhir perempuan yang menolak lamaran Nabi adalah Shafiyyah binti Bashamah bin Nadhla al-Ambari. Sejatinya dia seorang tawanan perang yang beruntung karena mendapat penawaran istimewa dari Nabi. Beliau katakan :
ان شئت أنا وان شئت زوجك
“Jika kau berkenan, menikahlah denganku ! Jika tidak, kembalilah pada suamimu”.
Tidak disangka Shafiyyah lebih memilih untuk kembali pada suaminya dari pada harus menikah dengan Nabi saw. Usai mendapat jawaban dari Shafiyyah, Nabi tidak memiliki pilihan lain kecuali membebaskannya.
Kabar penolakan tersebut pun sampai ke telinga keluarga besar Shafiyyah. Bukannya pujian yang didapat, Shafiyyah menerima teguran dari keluarganya, Bani Tamim. (al-Thabaqoh al-Kubro, jilid 8, hal 154). Bagaimana mungkin ia kuasa menolak proposal lamaran yang diajukan Baginda Nabi kepadanya.
Dalam buku Al-Khasaish Al-Kubro, Imam Jalaluddin al-Suyuti mengutip komentar Mujahid tentang sikap yang diambil Nabi Muhammad SAW pada saat lamarannya tidak disambut oleh mereka yang dilamar.
Mujahid menjelaskan : “Bila mana Rasulullah meminang perempuan dan ternyata mendapat penolakan, beliau enggan mengulangi lamaran itu untuk kedua kalinya. Demikian juga, jika beliau mendapat balasan : “Akan ku tanyakan pada ayahku terlebih dahulu”, lalu respon baik sang ayah baru disampaikan pada Nabi, maka Nabi dengan lembut akan menanggapi : Aku telah mengadakan perjanjian dengan yang lain”. Wallahu A’lam bis shawab. []