Jumat, 5 September 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

    Mahfud MD

    Mahfud MD Ungkap Masalah Utama Bangsa, Beberkan Cara Gus Dur Tangani Krisis dan Demo

    Bersaudara dengan Alam

    GUSDURian Ajak Manusia Kembali Bersaudara dengan Alam

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Maulid Nabi

    Maulid Nabi Tahun Ini Diwarnai oleh Darah

    Demo

    Apakah Demo Itu Selalu Anarkis?

    Kepercayaan Rakyat

    Mengembalikan Kepercayaan Rakyat: Pelajaran dari Kesederhanaan Umar bin Khattab

    Mereset Hidup

    Usaha Mereset Hidup menurut Fahruddin Faiz

    Tuntutan 17+8

    Mari Kita Baca Bersama Tuntutan 17+8

    Demo dan Kemerdekaan

    Demo dan Kemerdekaan: Luka di Balik 80 Tahun Kemerdekaan

    Affan Kurniawan

    Affan Kurniawan dan Ketidakadilan yang Kasat Mata

    Gusdurian

    Gusdurian di Mata Seorang Warga Muhammadiyah

    Tragedi Ojek Online

    Sudah Ditindas, Masih Dilindas Pula: Tragedi Ojek Online sebagai Cerminan Kegagalan Negara dalam Mewujudkan Keadilan Sosial

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keberagaman

    Membekali Anak untuk Menghargai Keberagaman

    Nonseksis

    Tidak Membedakan Jenis Kelamin (Nonseksis) Kepada Anak

    Indonesia Rumah Bersama

    Gus Dur Mengajarkan Indonesia Rumah Bersama

    Teori Peradaban Ibnu Khaldun

    Membaca Indonesia melalui Lensa al-‘Umrān: Teori Peradaban Ibnu Khaldun dan Relevansinya Hari Ini

    Janin dari

    Tahapan Pertumbuhan Janin: Dari Mudghah hingga Khalqan Akhar

    Pertumbuhan

    Memahami Proses Pertumbuhan Janin dalam Al-Qur’an

    Perubahan Ibu hamil

    4 Perubahan Fisik dan Psikis yang Dialami Ibu Hamil

    Maulid Nabi

    Maulid Nabi dan Solidaritas Perempuan Lintas Dimensi

    Kekurangan Gizi

    6 Risiko Kekurangan Gizi Pada Masa Kehamilan

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

    Mahfud MD

    Mahfud MD Ungkap Masalah Utama Bangsa, Beberkan Cara Gus Dur Tangani Krisis dan Demo

    Bersaudara dengan Alam

    GUSDURian Ajak Manusia Kembali Bersaudara dengan Alam

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Maulid Nabi

    Maulid Nabi Tahun Ini Diwarnai oleh Darah

    Demo

    Apakah Demo Itu Selalu Anarkis?

    Kepercayaan Rakyat

    Mengembalikan Kepercayaan Rakyat: Pelajaran dari Kesederhanaan Umar bin Khattab

    Mereset Hidup

    Usaha Mereset Hidup menurut Fahruddin Faiz

    Tuntutan 17+8

    Mari Kita Baca Bersama Tuntutan 17+8

    Demo dan Kemerdekaan

    Demo dan Kemerdekaan: Luka di Balik 80 Tahun Kemerdekaan

    Affan Kurniawan

    Affan Kurniawan dan Ketidakadilan yang Kasat Mata

    Gusdurian

    Gusdurian di Mata Seorang Warga Muhammadiyah

    Tragedi Ojek Online

    Sudah Ditindas, Masih Dilindas Pula: Tragedi Ojek Online sebagai Cerminan Kegagalan Negara dalam Mewujudkan Keadilan Sosial

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keberagaman

    Membekali Anak untuk Menghargai Keberagaman

    Nonseksis

    Tidak Membedakan Jenis Kelamin (Nonseksis) Kepada Anak

    Indonesia Rumah Bersama

    Gus Dur Mengajarkan Indonesia Rumah Bersama

    Teori Peradaban Ibnu Khaldun

    Membaca Indonesia melalui Lensa al-‘Umrān: Teori Peradaban Ibnu Khaldun dan Relevansinya Hari Ini

    Janin dari

    Tahapan Pertumbuhan Janin: Dari Mudghah hingga Khalqan Akhar

    Pertumbuhan

    Memahami Proses Pertumbuhan Janin dalam Al-Qur’an

    Perubahan Ibu hamil

    4 Perubahan Fisik dan Psikis yang Dialami Ibu Hamil

    Maulid Nabi

    Maulid Nabi dan Solidaritas Perempuan Lintas Dimensi

    Kekurangan Gizi

    6 Risiko Kekurangan Gizi Pada Masa Kehamilan

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah

Perjuangan Feminisme Bukan Sekadar Mengangkat Galon Air

Sejak awal kemunculannya, perjuangan feminis adalah untuk memanusiakan perempuan. Dan, bukan untuk memindahkan beban kerja laki-laki kepada perempuan

Moh. Rivaldi Abdul Moh. Rivaldi Abdul
28 Agustus 2023
in Publik, Rekomendasi
0
Perjuangan Feminisme

Perjuangan Feminisme

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

“Katanya kesetaraan gender, feminisme, kalau gitu angkat galon air sendiri dong.”

Mubadalah.id – Pernah dengar orang ngomong gitu tidak? Atau ada juga redaksi yang lain. Seperti, menyuruh (menyindir) perempuan untuk benerin genteng sendiri, dorong motor/mobil sendiri, angkat lemari sendiri, dan sejenisnya. Seakan ketika perempuan menyuarakan kesetaraan gender, maka apa-apa yang butuh tenaga ekstra harus dia kerjakan sendiri, haram kalau minta bantuan laki-laki.

Kata-kata demikian kalau konteksnya untuk membangun kemandirian, mungkin masih ada baiknya. Sebab, ya perempuan memang perlu mandiri juga. Namun sayangnya, itu bukan untuk narasi kemandirian, melainkan sarkasme laki-laki, tak jarang juga perempuan, untuk menyindir para feminis yang menyuarakan kesetaraan gender.

Mereka kira feminisme hanya sekadar perjuangan mengangkat gelon saja. Dan, secara dangkal, mereka malah mengartikan kesetaraan gender sebagai pemindahan beban kerja laki-laki kepada perempuan.

Tujuan yang Ingin Feminisme Capai

Dalam masyarakat patriarki, sebagaimana berdasarkan Simone de Beauvoir dalam The Second Sex, perempuan terpandang Liyan (sesuatu yang lain). Masyarakat patriarki mendefinisikan dan membedakan perempuan dengan laki-laki. Jika laki-laki itu subjek, maka perempuan adalah Liyan, dia bukan subjek hanya objek.

Kalau laki-laki manusia, perempuan Liyan, tidak mereka posisikan sebagai manusia seutuhnya, hanya sekadar sosok yang memiliki womb (rahim) yang membantu dalam produksi keturunan.

Jadi struktur sosial patriarki memosisikan perempuan tidak lebih dari sekadar objek. Laki-laki yang menguasai seluruh lini kehidupan. Sementara perempuan, dia hanya objek, tidak ada cukup ruang partisipasi baginya. Dia berguna hanya ketika melahirkan dan untuk melayani laki-laki (suami). Dia kehilangan haknya untuk tumbuh. Kehilangan akses atas aktualisasi diri.

Feminisme muncul sebagai jawaban atas relasi sosial yang timpang itu. Sejak awal kemunculannya, perjuangan feminis adalah untuk memanusiakan perempuan. Dan, bukan untuk memindahkan beban kerja laki-laki kepada perempuan.

Feminisme berjuang untuk persamaan hak perempuan dan laki-laki. Perempuan bukan objek, dia subjek layaknya laki-laki. Dia berhak atas kontrol dirinya sendiri. Punya hak atas aktualisasi diri untuk bertumbuh layaknya laki-laki. Dia juga punya hak yang setara dengan laki-laki atas partisipasi dalam berbagai lini kehidupan, sebab kehidupan ini tidak hanya tentang laki-laki, perempuan juga merupakan bagian di dalamnya.

Meski dalam perkembangannya lahir berbagai aliran feminisme. Namun, pada dasarnya, para feminis hanya berbeda dalam pandangan epistemologi pengetahuan. Tujuannya tetap sama, adalah untuk memanusiakan perempuan. Rasanya, tidak ada feminisme yang tujuannya hanya untuk menguatkan perempuan agar dapat mengangkat gelon.

Perjuangan feminisme terlalu luhur untuk kita sandingkan dengan sarkasme “angkat gelon”.

Feminisme Bukan untuk Memusuhi Laki-laki

Meski kemunculan feminisme dapat kita bilang sebagai anti-tesis pendominasian laki-laki atas perempuan, namun perlu kita catat bahwa feminisme tidak bekerja dalam kerangka ego untuk menyaingi laki-laki.

Hal ini sejalan dengan penjelasan Nadya Karima Melati dalam Membicarakan Feminisme, bahwa feminisme itu bersifat nonkompetitif. Artinya, tidak bekerja berdasarkan persaingan, melainkan kolaborasi dalam sebuah masyarakat yang adil gender.

Mengapa demikian? Sebab, perjuangan feminisme bukan untuk membangun pendominasian baru. Melainkan, untuk meruntuhkan pendominasian lama, sehingga menjadikan perempuan dan laki-laki mampu hidup berdampingan secara adil dan setara. Dalam istilah feminisme Islam, keberdampingan ini kita kenal sebagai relasi mubadalah.

Sebagaimana berdasarkan penjelasan Faqihuddin Abdul Kodir dalam Qira’ah Mubadalah, relasi mubadalah mengidealkan laki-laki dan perempuan bekerja sama, saling menopang, dan saling tolong-menolong untuk menghadirkan segala kebaikan. Dan, dalam relasi saling ini menegaskan bahwa, salah satu jenis kelamin tidak boleh melakukan kezhaliman dengan mendominasi dan menghegemoni yang lain.

Jadi kerangka kerja feminisme adalah relasi saling bukan paling. Sebab, feminisme mengidealkan kehidupan sosial di mana perempuan dan laki-laki mampu hidup berdampingan secara setara.

Dalam semangat kesetaraan gender seperti ini, maka ada keasadaran kalau perempuan masih membutuhkan bantuan laki-laki, sebagaimana juga laki-laki harus sadar kalau dirinya membutuhkan bantuan perempuan. Keduanya berelasi saling dalam kehidupan bersama tanpa ada penindasan terhadap pihak manapun.

Memahami Esensi Kesetaraan Gender

Para feminis sadar kalau secara biologis perempuan dan laki-laki tidak sama. Mereka juga paham kalau secara fisik umumnya laki-laki memang lebih kuat daripada perempuan.

Dan, sebagaimana berdasarkan penjelasan Nur Rofiah, dalam epistemologi keadilan gender juga ada kesadaran, bahwa selalu ada pihak kuat yang memiliki power (kekuatan) lebih dalam sistem sosial apa pun, entah itu sistem patriarki maupun non-patriarki. Sehingga perjuangan kesetaraan gender bukan untuk menyamakan setiap hal. Melainkan, itu untuk mengupayakan agar dampak kebaikan dari power dapat merata bagi semua pihak. Tidak ada ketimpangan dalam kebaikannya.

Oleh karenanya, mau laki-laki atau perempuan yang lebih kuat, itu tidak masalah. Yang utama adalah kekuatan itu memberi dampak kebaikan yang setara bagi kedua pihak. Hal ini dapat kita capai, dengan cara mengedepankan relasi saling yang setara gender dalam kehidupan bersama.

Maka kesadaran kesetaraan gender bagi laki-laki, adalah berelasi saling (mubadalah) dengan perempuan. Bukan menimpahkan beban kerja kepundak perempuan semuanya atas nama kesetaraan.

Oleh karena itu, jika ada perempuan yang kesulitan mengangkat gelon air, maka yang selaras dengan semangat kesetaraan gender adalah membantunya. Bukan malah nyinyir; “Katanya kesetaraan….” Dan kalau perempuan ingin mengangkatnya sendiri (ingin mandiri sendiri), karena dia mampu, maka perlu kita suport.

Sebab esensi kesetaraan gender, adalah bagaimana kedua pihak saling bantu dan suport, sehingga dapat wujud kehidupan sosial bersama yang tidak menindas pihak manapun. []

 

 

Tags: Budaya PatriarkiKemitraan Laki-laki PerempuanKesetaraan GenderPerjuangan FeminisPrinsip Relasi Mubadalah
Moh. Rivaldi Abdul

Moh. Rivaldi Abdul

S1 PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2019. S2 Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Islam Nusantara di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sekarang, menempuh pendidikan Doktoral (S3) Prodi Studi Islam Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Terkait Posts

Aquarina Kharisma Sari
Publik

Menyoal Podcast Aquarina Kharisma Sari; Benarkah Feminisme Menjadikan Perempuan Bermental Korban?

12 Agustus 2025
Kepedihan Lelaki
Personal

Ukhti, Kalian Mesti Pahami Kepedihan Lelaki

2 Agustus 2025
sharing properti keluarga
Hikmah

Menguatkan Praktik Sharing Properti Keluarga di Tengah Budaya Patriarki

22 Juli 2025
SAK
Publik

Melihat Lebih Dekat Nilai Kesetaraan Gender dalam Ibadah Umat Hindu: Refleksi dari SAK Ke-2

2 Juli 2025
Tastefully Yours
Film

Tastefully Yours : Membongkar Konstruksi Sosial dari Dapur

19 Juni 2025
Daughters of Abraham
Buku

Ulasan Daughters of Abraham: Ketika Para Putri Ibrahim Menggugat Tafsir

27 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Demo

    Apakah Demo Itu Selalu Anarkis?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gus Dur Mengajarkan Indonesia Rumah Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengembalikan Kepercayaan Rakyat: Pelajaran dari Kesederhanaan Umar bin Khattab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membekali Anak untuk Menghargai Keberagaman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Maulid Nabi Tahun Ini Diwarnai oleh Darah
  • Membekali Anak untuk Menghargai Keberagaman
  • Apakah Demo Itu Selalu Anarkis?
  • Tidak Membedakan Jenis Kelamin (Nonseksis) Kepada Anak
  • Gus Dur Mengajarkan Indonesia Rumah Bersama

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID