Mubadalah.id – Jika membahas mengenai praktik-praktik yang mencitrakan praktik maskulin seperti berperang secara fisik untuk membela tanah air dan menegakkan agama Allah, hal ini selalu identik dengan laki-laki, sehingga sering kali muncul pertanyaan “di mana perempuan? Apa peran perempuan dalam merebut dan mempertahankan tanah air? Apakah perempuan ikut berperang? Apakah perempuan turut menegakkan agama Allah?
Kira-kira demikian pertanyaan-pertanyaan yang kerap kali muncul dan terdengar. Maka di bawah ini akan diuraikan mengenai beberapa bukti bahwa perempuan juga turut berperan di masa awal penyebaran Islam.
Perempuan dalam Peperangan di Masa Nabi
Keterlibatan perempuan dalam peperangan di masa Nabi Saw. teruraikan dalam salah satu hadis, yaitu dalam Sahih Muslim (Hadis nomor 4783) bahwa dalam laporan perang Hunain oleh Sahabat Abu Talhah kepada Rasulullah Saw. menjelaskan jika Ummu Sulaim membawa belati.
Kemudian, apa yang Ummu Sulaim lakukan direspon oleh Rasulullah Saw dalam bentuk pertanyaan “untuk apa?”(belati tersebut), kemudian Ummu Sulaim menegaskan bahwa jika ada musuh yang mendekat, maka bisa langsung dicincang perutnya. Mendengar jawaban Ummu Sulaim, Rasulullah Saw merespon dengan tertawa.
Dari hadis di atas setidaknya memberikan gambaran bagaimana peran perempuan dalam perjuangan awal Islam. Selain itu mematahkan stigma bahwa dalam kondisi peperangan perempuan tidak perlu memiliki alat atau keahlian tertentu.
Dari dialog di atas kesan yang kita terima malah sebaliknya. Yaitu Ummu Sulaim membekali diri dengan senjata dan keahlian tertentu. Lalu ia tidak meminta untuk dilindungi sekalipun di sekelilingnya adalah laki-laki yang pandai dan piawai mengangkat senjata.
Perempuan Mendobrak Stigma
Ini, sekali lagi menegaskan bahwa perempuan juga berani turun ke medan perang dan memiliki keahlian khusus. Sehingga stigma bahwa perempuan itu terlindungi dan tidak perlu membekali diri dengan senjata atau skill tertentu terpatahkan dengan apa yang Ummu Sulaim lakukan.
Hadis lain yang menggambarkan keterlibatan perempuan di medan perang terdapat dalam Sahih Bukhari, tersebutkan dalam hadis nomor 5471 bahwa:
Dari Rubayyi’ bint Mu’awwidz ra, berkata “Sungguh kami, para perempuan, ikut berperang Bersama Nabi Saw. memberi minum dan melayani kebutuhan pasukan, kami juga membawa pulang mereka yang terluka dan yang terbunuh ke Madinah (Sahih Bukhari)
Hadis di atas adalah salah satu penegasan bahwa ada hal lain yang harus kita perhatikan dan ketahui. Turun ke medan perang bukan hanya ikut berperang melawan musuh-musuh dengan menghunuskan pedang. Tetapi terdapat juga peran lain seperti melayani pengadaan logistik untuk pasukan-pasukan yang turun berperang.
Peran Perempuan sebagai Tenaga Kesehatan
Selain itu, peran perempuan sebagai tenaga kesehatan juga sangat diperlukan dalam kondisi tersebut. Sebab tidak mungkin semua orang berperan untuk menghunuskan pedang saja tanpa ada peran-peran lainnya. Meski tidak terlihat tetapi sebetulnya amat dibutuhkan keberadaannya. Meski memang, peran sentral peperangan ada pada menghunuskan pedang.
Tetapi, jika kita telisik lebih jauh dan jika kita meyakini perempuan sebagai manusia utuh, mempertanyakan teladan perempuan di awal perjuangan Islam tidaklah menjadi penting. Karena seperti kita semua ketahui Nabi Saw. selalu bersifat egaliter dan melibatkan semua pihak sebagai untuk terlibat.
Teks hadis yang kedua di atas bukanlah bermaksud menyempitkan peran perempuan dalam medan juang yang terbatas pada penyedia logistik dan tenaga kesehatan. Tetapi hadis kedua di atas adalah apresiasi atas keterlibatan perempuan di medan juang. Artinya, penyematan teladan dan pahlawan, bukan hanya untuk mereka para pemilik pedang, tetapi para perempuan yang turut berperan dalam bidang lain pun adalah teladan dan pahlawan.
Dengan menggunakan perspektif hadis di atas, mestinya gelar pahlawan tidak hanya disematkan kepada laki-laki yang berperan mengangkat senjata, tetapi juga kepada perempuan yang perannya dianggap kecil dan tidak kentara seperti menyediakan logistik, dan medis serta peran-peran lainnya yang dianggap tidak ada atau bahkan yang tidak pernah kita ketahui.
Terakhir, kepahlawanan mestinya tidak hanya kita ukur dengan keterlibatan dan pengorbanan fisik yang bersifat militeristik. Tetapi semua jenis pengorbanan, fisik maupun non-fisik, terlihat, maupun tersembunyi. Jika tolok ukurnya semakin luas, maka akan semakin kentara bagaimana peran-peran perempuan dalam ranah keagamaan, kemanusiaan, dan peradaban. Dan, gelar pahlawan tidak hanya dominasi laki-laki saja. []