Beberapa waktu yang lalu saya sedang duduk santai di kantor sambil membaca buku Nalar Kritis Muslimah karya Bu Nyai Nur Rofiah, hadiah beliau pada saya sebagai ‘santri garis keras’nya. Selang beberapa saat, teman saya yang baru saja masuk kantor bertanya, “kamu sedang baca buku apa, Bib?”
Saya yang sedari tadi hanyut dalam tulisan-tulisan Bu Nyai Nur Rofiah, sedikit kaget menyadari kedatangan teman saya itu. Saya pun menjawab pendek seraya memperlihatkan sampul buku yang baru saya lepas plastik pembungkusnya beberapa jam yang lalu,“ini, bukunya Dr. Nur Rofiah..”
Usai menanggapi sekenanya, saya pun kembali menekuni aktifitas membaca saya itu sebelum akhirnya ia mengajukan pertanyaan kedua dengan nada penasaran, “kamu kenapa sih, Bib tertarik banget sama isu perempuan?”
Mendengar pertanyaan itu, saya seketika merasa mak jleb!
Memangnya kenapa sih, kalau saya tertarik sama isu gender?Apa salahnya kalau laki-laki belajar tentang isu keperempuanan?
Pertanyaan-pertanyaan semacam itu seketika berkelebat satu persatu di kepala saya. Lalu, saya teringat diskusi saya dengan Bu Nyai Nur Rofiah beberapa hari sebelumnya usai webinar seri terakhir Ngaji KGI. Beliau sempat bertanya kepada saya “Bib, sebagai laki-laki, melihat presentasiku apakah menyudutkan laki-laki?”
Untuk menjawab pertanyaan itu saya utarakan kepada beliau apa yang sebenarnya saya rasakan setiap kali mengikuti serial Ngaji KGI. Bahwa sebagai laki-laki, yang secara biologis tidak mungkin bisa memahami sepenuhnya pengalaman keperempuan. Saya selalu merasa menjadi outsider di tengah-tengah peserta KGI lainnya yang mayoritas perempuan. Itu juga yang membuat saya jarang menanggapi dan ikut aktif dalam diskusi teman-teman peserta lainnya. Karena saya selalu merasa bahwa saya tidak berhak memberikan pandangan terhadap sesuatu yang saya sendiri tidak sepenuhnya paham secara emosional.
Tetapi keadaan saya, dan semua laki-laki di dunia, yang tidak bisa sepenuhnya memahami pengalaman biologis perempuan, bukan satu hal yang dapat dijadikan alasan untuk mengamini pertanyaan teman saya di atas. Bahwa laki-laki tidak seharusnya tertarik pada hal semacam isu gender dan perempuan. Bahwa laki-laki bukanlah ‘liyan’ dalam isu-isu keperempuanan.
Saya masih ingat betul jawaban Rasulullah ketika ada seorang pemuda yang tiba-tiba mendatangi beliau, dan meminta untuk diizinkan berzina. Kisah ini terekam dalam hadits ke-22211 dalam musnad Imam Ahmad yang diriwayatkan oleh Abu Umamah. Ketika para sahabat yang lain, yang juga tengah berada bersama Rasulullah kala itu merah padam mukanya lantaran marah mendengar ketidaksopanan pemuda itu di depan Rasulullah, beliau justru menyuruhnya mendekat dengan penuh santun dan kelembutan.
“Apakah kamu rela itu (zina) menimpa ibumu?”
“Apakah kamu rela itu menimpa anak perempuanmu?”
“Apakah kamu rela itu menimpa saudarimu?”
“Apakah kamu rela itu menimpa saudara perempuan ayahmu?”
“Apakah kamu rela itu menimpa saudara perempuan ibumu?”
Rentetan pertanyaan yang Rasulullah berikan kepada pemuda itu kemudian diakhiri oleh beliau dengan mendoakannya, “Allahumma ighfir zdanbahu, wa thahhit qalbahu, wa hashshin farjahu.”
Hadits inilah yang menginspirasi saya sejak lama untuk terus belajar tentang isu-isu perempuan, dan juga yang membuat saya saat itu yakin untuk menjawab pertanyaan teman saya diatas, kenapa saya sangat tertarik terhadap isu gender dan keperempuanan: karena saya punya Ibu, memiliki saudara perempuan, dan kelak akan memiliki seorang istri dan mungkin juga anak perempuan. Saya tidak ingin berlaku tidak adil kepada mereka, dan tidak ingin mereka diperlakukan tidak adil oleh siapapun. Sesederhana itu.
Sikap Rasulullah dalam kisah itu juga yang meneguhkan niat saya untuk tidak mempermasalahkan diri ini kita menjadi ‘outsider’ dalam diskusi dan kajian-kajian tentang gender dan perempuan secara khusus. Bahwa Rasulullah, sebagai laki-laki paling mulia di muka bumi, telah empat belas abad yang lalu memperlihatkan sikapnya teladan terbaik bagi kaum Adam dalam isu-isu keperempuanan: tetap bisa membela, mengakui, dan memperjuangkan harkat dan martabat perempuan kala itu.
Beliau menunjukkan, bahwa fitrah kita sebagai laki-laki yang selamanya tidak akan bisa sempurna memahami pengalaman perempuan karena secara biologis berbeda, bukan alasan untuk meninggalkan sama-sekali dan bersikap masa bodoh dengan isu-isu keperempuanan. Justeru karena kekurangan itu, seharusnya laki-laki yang lebih butuh untuk sering terlibat dalam kajian, diskusi atau sekedar obrolan tentang isu perempuan. Untuk lebih banyak mendengarkan, lebih banyak merefleksikan, dan memahami bahwa setiap perempuan di muka bumi ini adalah Ibu, istri, anak, bibi, hingga saudari bagi orang lain yang juga harus kita hormati. []