Mubadalah.id – Sebagai seorang periwayat Hadis, Sayyidah Aisyah tidak hanya aktif dalam meriwayatkan Hadis, tetapi juga berani melakukan kritik terhadap periwayatan sejumlah sahabat yang lain.
Beberapa sahabat yang ia kritik ialah Abu Hurairah, Umar bin Khathab, Ibnu Umar, Jabir, dan Ka’b. Mereka dianggap tidak cermat mendengar dan memahami kata-kata Nabi Saw.
Di antara kritik Aisyah, misalnya, terhadap Abu Hurairah yang mengutip pernyataan Nabi Saw. yang dianggap misoginis terhadap perempuan ialah:
“Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra., yang mengatakan, Rasulullah Saw bersabda, (Perkara yang) membatalkan shalat ialah perempuan, himar, dan anjing.” (HR. Muslim dalam Shahih-nya).
Siapa pun yang membaca Hadis tersebut pasti akan tercengang dan bertanya-tanya. Mengapa shalat seseorang harus batal gara-gara ada perempuan, himar, atau anjing lewat di depannya?.
Dan, bagi pembaca perempuan, mungkin saja ia tersinggung berat, karena posisinya disamakan dengan dua binatang tersebut.
Ketegasan Sayyidah Aisyah
Mengenai Hadis tersebut, Sayyidah Aisyah menunjukkan kemarahannya. Ia mengatakan:
“Innal mar’ah la dabbah suu’ apakah perempuan disamakan dengan binatang tunggangan yang buruk itu. Bukankah Anda melihat sendiri bagaimana aku tidur di hadapan Nabi Saw. pada saat beliau shalat?”
Hadis tersebut ditemukan dalam kitab hadis shahih himpunan Imam Muslim. Terhadap hadis ini, para ulama ternyata harus melakukan analisisnya. Mereka ternyata tidak memaknainya secara harfiah/literal.
Imam Ahmad berpendapat bahwa yang membatalkan shalat hanyalah karena adanya anjing hitam yang lewat.
Sementara, untuk binatang himar dan perempuan, ia tidak berkomentar apa-apa. Ia hanya mengatakan, “Wa fi qalbi minal himar wal marah syaiun/dalam hal himar dan perempuan ada sesuatu.”
Pernyataan Imam Ahmad tersebut tentu saja memperlihatkan kegundahan hatinya. Boleh jadi karena hal itu tidak masuk akal.
Ulama yang lain, seperti Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam asy-Syafi’i, dan mayoritas ulama menolak makna literal hadits tersebut. Mereka mengatakan:
“Shalat seseorang tidak menjadi batal gara-gara lewatnya tiga hal itu dan tidak pula yang lainnya.”
Mereka kemudian memberikan analisis yang lain bahwa arti membatalkan (yaqtha’u) adalah kurang menenangkan hati.
Benarkah Perempuan Sumber Kesialan?
Hadis lain yang sungguh-sungguh meresahkan pembacanya, terutama kaum perempuan kita bisa temukan pula dalam sejumlah kitab hadis, seperti Sunan Dawud, Sunan Tirmidzi, Shahih Muslim, dan Shahih Bukhari berikut:
“Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar Ra., ia berkata, ‘Aku mendengar Rasulullah Saw. mengatakan, “Sumber kesialan itu ada tiga: kuda, perempuan, dan rumah.”
Lagi-lagi Sayyidah Aisyah marah luar biasa mendengar cerita tersebut. Ia mengatakan,
“Demi Tuhan yang telah menurunkan al-Qur’an. Rasulullah Saw. tidak mungkin mengatakannya. Ia (Abdullah bin Umar Ra.) hanya mengutip kata-kata orang-orang Jahiliah. Mereka biasa meramal dengan penuh pesimistis dari tiga hal tersebut.”
Menurut Ibnu Qutaibah, Sayyidah Aisyah kemudian membacakan ayat al-Qur’an:
“Tidak ada bencana apa pun di muka bumi ini, dan tidak pula menimpa kamu, kecuali telah tertulis dalam kitab sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya, yang demikian itu mudah bagi Allah.” (QS. al-Hadid (57): 22).
Sayyidah Aisyah selanjutnya mengatakan bahwa Abu Hurairah (perawi hadits ini) tidak utuh mendengarnya dari Nabi Saw. Ini karena ia bergabung bersama Nabi Saw ketika beliau sedang berbicara, dan Abu Hurairah hanya mendengar kalimat beliau yang terakhir. Ia tidak mendengar kalimat sebelumnya.
Padahal, Nabi Saw. sebelumnya mengatakan: “Orang-orang pada masa Jahiliah atau orang-orang Yahudi mengatakan hal itu”. []