Beberapa waktu lalu dalam pemberitaan media daring, banyak pendakwah yang ‘hobi’ mengkafirkan orang lain. Tidak saja mereka yang berbeda keyakinan, penggemar Drama Korea pun mulai diusik dengan label kafir oleh sang pendakwah.
Namun lain ketika melihat postingan media sosial milik ulama kharismatik KH. Ahmad Mustofa Bisri yang kerap dipanggil Gus Mus. Gus Mus dalam media sosial miliknya seringkali memposting karya kaligrafinya yang indah disertai takarir dengan nasihat dan kalimat-kalimat bijaksana dan menyejukkan. Pesan-pesan keagamaan menyatu dalam keindahan karya seni tanpa harus menyakiti hati yang lian.
Seni adalah semua hal yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan dapat memengaruhi perasaan orang lain. Di mana ekspresi perasaan manusia yang menghasilkan produk aktivitas yang dilakukan secara sadar dengan tujuan untuk mencapai nilai-nilai estetika.
Seni juga berfungsi untuk menerjemahkan simbol-simbol. Simbol-simbol itu sendiri, dalam proses kelahirannya dipengaruhi oleh ritme, kontras, harmoni, frekuensi, dan intensitas. Itu kenapa seni berkonotasi keindahan atau estetika.
Kaligrafi Islam merupakan seni menulis indah dalam huruf Arab yang disebut Khat. Seni Kaligrafi bisa dibilang yang paling masyhur di antara seni Islam yang lain, sekaligus ekspresi spirit Islam yang sangat khas.
Seyyed Hossein Nasr dalam Spiritualitas dan Seni Islam mengatakan, kaligrafi Islam adalah pengejawantahan visual dari kristalisasi realitas-realitas spiritual (al-haqa’iq) yang terkandung di dalam wahyu Islam. Kaligrafi datang untuk menduduki posisi khusus yang sangat istimewa dalam Islam sehingga dapat disebut sebagai leluhur seni visual Islam tradisional dan memiliki jejak yang sangat istimewa dalam peradaban Islam.
Seperti yang dikatakan Ismail al-Faruqi, Islam memandang keindahan sebagai nilai tempat bergantungnya seluruh validitas Islam yang terpancar melalui nilai-nilai keindahan absolut al-Qur’an. Menurutnya, estetika dalam Islam adalah sublimasi bukti keilahian, yaitu i’jaz (kualitas) al-Qur’an tidak dapat ditiru atau ditandingi, baik dalam hal sastra, komposisi, keindahan, irama, bahasa, gaya, serta kekuatan dalam menampilkan makna yang terkandung di dalamnya. Dalam konsep Islam, Allah SWT adalah pusat dari nilai-nilai keindahan.
Pada perjalanannya, seni kaligrafi berkembang pesat dan menyebar luas di dunia Islam termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, seni kaligrafi mendapat perhatian khusus dari para peminatnya. Banyak kaligrafer Indonesia yang menghasilkan karya hingga menjuarai lomba Internasional. Selain Gus Mus ada beberapa tokoh maestro kaligrafi Indonesia seperti KH. M. Faiz Abdurrazak, Dr. Didin Sirajuddin AR, KH. Moh Asmu’i Akhyar, H. Noor Aufa Shiddik, H. Muhammad Assiry, Hj. Ernawati, dan H. Nur Kholis.
Melihat sejarah Rasulullah dalam strategi berdakwah menyebarkan Islam secara sembunyi-sembunyi, yaitu dengan metode hikmah dan mauidzotul hasanah serta hikmah dan uswah hasanah. Metode yang dilakukan oleh Rasulullah ini menjadi strategi yang sangat efektif dan mudah diterima dalam melancarkan dakwah beliau. Karena dengan metode ini banyak para sahabat yang masuk Islam dan ikut menyebarkan ajaran Islam.
Seni kaligrafi juga bisa dikatakan sebagai jalan sunyi dalam menyebarkan syiar Islam secara damai. Sebab seni kaligrafi sangat memungkinkan untuk menjadi media dalam menyebarkan Islam yang lebih indah tanpa marah-marah.[]