Mubadalah.id – Status perkawinan sangat berpengaruh pada kemiskinan. Dalam struktur masyarakat yang memberi tempat lebih utama dan terbuka kepada lelaki.
Sedangkan perempuan dengan status perkawinan apa pun sering kali tak diuntungkan dalam mengakses sumber-sumber ekonomi, tak terkecuali untuk perempuan terdidik.
Ketika lajang mereka bekerja dengan status sebagai pencari nafkah tambahan. Padahal separuh dari mereka dengan status lajang itu secara de facto adalah pencari nafkah utama.
Hasil kerja mereka dibawa ke rumah untuk menopang keluarga. Secara statistik, setiap perempuan bekerja -terlepas dari apapun status perkawinannyauntuk menghidupi minimal 2-4 orang yang ada di sekitarnya.
Ketika bersuami, secara umum mereka diasumsikan sebagai pencari nafkah tambahan yang mendapatkan nafkah dari suaminya. Padahal secara de facto, sepertiga dari mereka adalah tulang punggung keluarga.
Apalagi dalam status menjanda, beban tanggung jawab anak-anak sering kali ia tanggung sendirian.
Ini karena sang istri dalam status bercerai, tahu persis betapa akan terlantarnya anak-anak mereka jika ada dalam asuhan suami yang secara gender tidak kita konstruksikan sebagai pengasuh anak-anak.
Mereka tidak boleh kerja rangkap dua, domestik dan publik, sementara perempuan sejak kecil harus tanggung jawab kerja rangkap tiga, yaitu urus rumah tangga, cari nafkah dan urus keluarga besar.
Nasib Perempuan
Dalam setiap peristiwa guncangan ekonomi, perempuan dalam status perkawinan apa pun, menikah dengan suami hadir, menikah suami minggat, lajang atau menjanda. Mereka akan terpelanting lebih awal dan masuk ke rongga garis kemiskinan atau bahkan jurang pemiskinan.
Begitu ada satu anggota keluarga sakit, dengan cepat akan jatuh ke status miskin total.
Jasa keuangan yang secara normatif bersifat netral gender, pada kenyataannya sangat sulit kaum miskin akses. Apalagi perempuan dengan status perkawinan apa pun, kecuali bank plecit atau rentenir.
Bacaan yang lengkap dalam melihat upaya pengentasan kemiskinan yang kita baca dengan perspektif gender akan sangat membantu upaya itu tepat sasaran.
Dalam perspektif gender, kacamata bacanya tak hanya melihat kesenjangan antara lelaki dan perempuan, kaya miskin. Tetapi juga kesenjangan antar perempuan dengan status perkawinan yang ragam.
Yaitu, menikah, menikah genap, menikah suami ada tapi menganggur, menikah suami minggat, menikah dalam perkawinan poligami, janda, janda dengan tanggungan anak.
Kemudian janda manula yang tergantung kepada orang lain, lajang, atau lajang dengan tanggungan. Nah masih mau netral gender dalam atasi kemiskinan? Hasilnya niscaya tak kena sasaran. []