Perayaan 17 Agustus baru saja usai sudah digelar, di saat banyak pihak masih bergelut untuk mencukupi kebutuhan ekonomi karena krisis yang diakibatkan oleh pandemi, umat Islam kembali digegerkan dengan klaim Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) yang mendesak pemerintah untuk merevisi elemen desain logo HUT ke-75 Republik Indonesia, terutama di bagian yang dianggap menyerupai salib.
DSKS mengklaim bahwa desain perayaan kemerdekaan 17 Agustus tahun ini mengandung pesan tersembunyi ajaran Kristiani. Ditengarai, beberapa elemen desain yang berwarna dasar merah dan putih itu membentuk semacam simbol suci Kristus, yang juga diyakini sebagai propaganda dakwah kelompok minoritas. Dan, bila lambang tersebut dipertahankan, mereka khawatir lambang tadi akan merusak esensi dasar kemerdekaan bangsa.
Lebih jauh, mereka juga berharap pemerintah segera bertindak untuk mengganti desain yang ada dengan desain yang jauh lebih netral. Alasannya sederhana, kata mereka, bila dibiarkan, logo peringatan HUT RI ke-75 tersebut akan menimbulkan polemik di masyarakat dan memecah belah bangsa.
Mendengarkan berbagai asumsi yang mereka sampaikan kepada publik, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sendiri telah mengkonfirmasi bahwa logo resmi perayaan HUT RI yang baru saja diluncurkan sudah memenuhi pedoman visual umum dan tidak ada tujuan terselubung untuk menyebarkan nilai-nilai agama tertentu.
Dari penjelasan tersebut, sebenarnya sudah sangat jelas sekali bahwa yang menyebabkan polemik bukan logo perayaan 17an itu, justru asumsi DSKS lah yang malah memicu kontroversi di masyarakat. Bagaimana tidak, jangankan orang muslim yang harus memperhatikan dengan berkali-kali atau harus minta ditunjukkan untuk tahu letak salibnya, banyak pemeluk Kristen sendiri juga dibuat bingung dimana letak salibnya.
Toh, ketika benar itu memiliki lambang salib, saya kira jika kita berkali-kali kita melihatnya tiap hari pun, tidak otomatis kita langsung tersihir untuk segera ke gereja dan mendesak minta dibaptis. Jika benar pihak gereja mau menjalankan proses kristenisasi massal, cara halus lewat desain yang DSKS curigai, menurut saya justru tidak efektif sama sekali.
Dari ratusan juta umat Islam di Indonesia, berapa persen sih yang sebenarnya melek desain kemudian memahami makna tersembunyinya, dan langsung tergerak untuk mencari makna dibaliknya? Jika bukan dari gembar-gembor DSKS, saya pikir tidak semua orang sadar bahwa ternyata ada salib dalam logo tersebut.
Tidak usah jauh-jauh memaknai desain dan simbol yang agak abstrak, melek literasi masyarakat kita saja masih terhitung rendah. Memang tidak dipungkiri bahwa angka buta aksara Indonesia makin berkurang dari waktu ke waktu. Namun, keberhasilan tersebut tak sejalan dengan tumbuhnya budaya membaca.
Merujuk Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud), kategori Indeks Alibaca terbagi atas lima kategori, yakni sangat rendah (0-20,00), rendah (20,01-40,00), sedang (40,01-60,00), tinggi (60,01-80,00), dan sangat tinggi (80,01-100). Kegiatan literasi yang mengarah ke sana sendiri dipengaruhi beberapa faktor, yakni kecakapan, akses, alternatif, dan budaya.
Yang disayangkan, data Indeks Alibaca menunjukkan, hanya sembilan provinsi yang masuk dalam kategori sedang, 24 provinsi berkategori rendah, dan satu provinsi termasuk sangat rendah. Menyedihkannya lagi, rata-rata indeks Alibaca nasional berada di angka 37,32%, yang termasuk kategori rendah.
Sedangkan ini baru sebatas mengukur aktivitas literasi membaca, kegiatan yang tidak sesulit memaknai simbol dan lambang-lambang dengan makna tersembunyi. Bagaimana mau langsung ‘tercerahkan’ dengan simbol salib dalam logo? Lha wong membaca tulisan saja, seringnya kita masih malas sekali. Atau justru indeks tadi malah bermakna sebaliknya?
Terlalu enggannya kita untuk bergerak membaca dan mencari informasi, kita justru main percaya-percaya saja ketika ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang menyebarkan propaganda tanpa disertai data dan fakta yang akurat? Kalau mau khawatir pun, harusnya yang jauh lebih khawatir adalah umat beragama lain di sekitar kita. Mereka mau tidak mau mendengarkan adzan lima kali dalam sehari. Sudah segencar itu ajakan kita, eh nyatanya tidak semua orang mau memeluk islam. Kurang aktif apa coba masjid-masjid di seluruh Indonesia?
Padahal, bila ditelusuri secara mendalam, latar belakang pro kontra seperti ini sebenarnya sederhana saja: ketidakmampuan dan keirian kita pada ‘kesuksesan’ minoritas di negeri yang kemudian diejawantahkan melalui narasi-narasi ‘umat muslim yang terdzalimi’.
Hal yang cukup menggelikan kalau dipikir-pikir. Dakwah kita sebagai mayoritas kurang masif seperti apa coba? Masjid dimana-mana, mau salat mudah, peringatan hari raya juga bisa gampang mendapatkan izinnya. Nah, di luar kelompok mayoritas sunni muslim seperti kita, mendapatkan izin untuk menyelenggarakan ritual ibadah saja, mereka kesulitan bukan main. Kalau pun sudah dapat, eh seringkali masih saja digerebek kemudian dibubarkan secara paksa.
Lha kita yang mendengarkan adzan lima kali sehari kok ya masih protes dan merasa menjadi kaum paling menderita sejagat raya? Duuh.. saya pun jadi teringat guyonan almarhum Gus Dur yang mengatakan umat kita ini sebenarnya justru sangat jauh dari Tuhan.
Sebabnya sederhana saja, jika umat lain ada yang memanggil Tuhannya ‘Bapa’, ‘Om’ untuk menunjukkan seberapa dekat mereka. Kita yang umat islam harus repot-repot dipanggil pakai TOA volume paling maksimal untuk mau segera berlari menuju Tuhan! Sudahlah kencang-kencang, masih saja banyak yang enggan. Itu ‘kan secara tidak langsung menunjukkan betapa ‘jauhnya’ kita kepada Yang Maha Kuasa sampai harus digerakkan dengan pengeras suara! []