Mubadalah.id – Umat Islam baru saja memasuki pintu gerbang Ramadhan. Aktivitas tentu saja bertambah dengan adanya ibadah bangun sahur, berbuka, dan tidak ketinggalan juga shalat tarawih.
Masih sebagaimana Ramadhan-ramadhan sebelumnya, pelaksanaan shalat tarawih berjemaah selalu mendapat perhatian bagi masyarakat. Sebagaimana yang terjadi di kampung saya. Orang-orang sibuk mencari tahu siapa imam shalat tarawihnya. Mereka mengalami keresahan terhadap imam yang tidak sat-set meritmekan shalat tarawih, begitu katanya.
Tidak kalah lucunya, netizen di dunia maya juga tidak sedikit yang menumpahkan keluh kesah tentang imam shalat tarawih di media sosialnya. Hal ini terpantau dari Facebook yang bermunculan linimasa membahas hal tersebut.
Fenomena keresahan masyarakat ini sepertinya akan selalu muncul di momen Ramadhan yang tidak ubahnya seperti diskursus mengucapkan selamat Natal di hari Natal dan merayakan hari kasih sayang di hari valentine. Penuh keriuhan, selalu dikeluhkan dan akan menciptakan komentar-komentar yang terkadang menggelikan.
Ada beberapa hal mengapa imam masjid kampung perlu memperhatikan ritme dan durasi dalam shalat tarawihnya.
Pertama, masjid-masjid di kampung, lazimnya menyelenggarakan shalat tarawih berjemaah dengan jumlah 20 rakaat. Hanya beberapa saja masjid yang menyelenggarakan tarawih dengan jumlah 8 rakaat. Hal ini tidak mengherankan sebab mayoritas umat Islam Indonesia bermadzhab Syafi’i sehingga banyak masjid yang menyelenggarakan tarawih dengan jumlah 20 rakaat.
Meski shalat tarawih 20 rakaat secara berjemaah bukan sebuah keharusan sebagaimana yang diajarkan Rasulullah, namun semangat masyarakat kampung untuk mengistiqomahkan shalat tarawih 20 rakaat berjemaah merupakan amalan mulia yang tentu perlu dirawat dan diapresiasi.
Hal ini menjadi pekerjaan bagi para imam masjid kampung. Jangan hanya karena keegoisannya, lantas menjadikan shalat tarawih sebagai panggung untuk berlama-lama menampakkan ilmunya.
Begitu juga saat menyampaikan kultum. Kultum merupakan akronim dari kuliah tujuh menit. Sebagaimana kepanjangannya, kuliah tujuh menit seyogyanya dilakukan dengan poin singkat dan padat tidak lebih dari tujuh menit.
Tujuh menit merupakan semacam simbol “singkat” untuk menyampaikan sebuah paparan. Namun saat ini banyak yang mengartikan kultum hanya sebuah nama kegiatan setara dengan khutbah (yang notabenenya lebih panjang). Ini tentu saja menjadi kurang bijak dan tidak lagi relevan.
Kedua, Jemaah masjid kampung datang dari berbagai latar belakang dan motif tertentu. Beberapa mereka datang setelah seharian bekerja di sawah, ada yang datang dari kalangan orang-orang tua yang sudah renta, ada pula yang setelah jamaah masih harus menyelesaikan urusannya ataupun jemaah yang datang dari kalangan anak-anak kecil. Jemaah kampung yang berlatar-belakang kompleks tersebut perlu diakomodir.
Hal ini berbeda dengan jemaah di masjid pusat-pusat kota yang datang dengan latar belakang yang tidak terlalu kompleks. Maka benar saja jika kita temui masjid di pusat kota seringkali mengagendakan khatam Al-Qur’an dalam 30 hari shalat tarawih berjemaah.
Jemaah masjid-masjid besar di pusat-pusat kota, disamping berasal dari warga sekitar masjid yang telah menyesuaikan diri, biasanya juga datang dari luar daerah. Mereka yang datang dari luar daerah ini memiliki persentase lebih banyak dengan motif kesengajaan.
Mereka sengaja mencari masjid dengan agenda khatam Al-Qur’an dalam 30 hari shalat tarawih dengan telah mempertimbangkan estimasi waktu yang dipastikan akan panjang sehingga yang demikian, imam masjid tidak perlu mempercepat ritme shalat tarawihnya.
Ketiga, alih-alih menambahkan suasana pandemi pada alasan ketiga, saya lebih memilih untuk mengurungkannya. Pandemi bersifat temporer, sedang diskursus ritme imam dalam shalat tarawih merupakan diskursus sepanjang masa.
Oleh karena itu, alasan yang tepat selanjutnya untuk menguatkan alasan-alasan sebelumnya adalah alasan normatif. Meringankan ritme dalam shalat berjemaah sangat dianjurkan Rasulullah. Rasulullah sendiri juga pernah melakukannya. Riwayat yang cukup masyhur tentang Rasulullah yang juga pernah melakukan shalat dengan ritme yang sigkat sebagaimana berikut
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ لِلنَّاسِ فَلْيُخَفِّفْ فَإِنَّ فِى النَّاسِ الضَّعِيفَ وَالسَّقِيمَ وَذَا الْحَاجَةِ
Artinya: Rasulullah bersabda, “jika engkau shalat bersama yang lain (berjemaah) maka ringankanlah (ritme maupun bacaan) karena sesungguhnya terdapat orang-orang (yang ikut berjemaah) yang lemah dan berhajat. (HR. Muslim)
Dari diskursus imam masjid perlu memperhatikan ritme dan durasi dalam kultum dan shalat tarawihnya, kita kembali belajar tentang toleransi. Memahami kepentingan di luar kepentingan kita yang ditujukan untuk merawat kebaikan dalam lingkup yang seluas-luasnya. []