Saat musim penghujan tiba, tentu kita teringat akan satu benda yaitu Payung. Tapi kita tidak sedang membicarakan payung, kita berbicara tentang salah satu destinasi wisata di Kota Metro, Lampung. Ya, tempat wisata yang digagas oleh warga ini bernama Pasar Yosomulyo Pelangi, atau biasa disebut Payungi. Payungi merupakan pasar digital yang berupaya melestarikan kebudayaan dengan menjajakan makanan tradisional, menyediakan permainan tradisional, berbagai macam spot selfie dan wahana lain yang ramah anak dan keluarga.
Filosofi dari kata PAYUNGI, berarti memayungi atau menaungi dari rintikan hujan maupun sergapan panas, dengan harapan payungi dapat memberikan manfaat dan sumbangsih bagi warga sekitar. Payungi berlokasi di kelurahan Yosomulyo, Kota Metro, Lampung. Payungi buka setiap Minggu pagi dari pukul 06.00 hingga pukul 11.00 WIB. Payungi sudah memiliki omset sebesar 2 Milyar, dalam ulang tahun pertamanya yakni 28 Oktober kemarin. Pencapaian yang bisa dibilang mumpuni dalam satu kelurahan. Ya, pasar ini memang secara kolektif disokong oleh warga secara mandiri.
Ada sekitar 50 perempuan yang menjadi penjual sekaligus penggerak pasar Payungi, yang juga diikuti oleh bapak-bapaknya. Mereka adalah ibu-ibu yang berdaya secara spiritual, tenaga maupun pikiran. Perempuan ini memiliki unsur atau nilai yang terkandung dalam kata “PAYUNGI” yaitu Progressive, Adaptive, Youth, Unity, Nasionalism, Green, Intelectual.
Progressive, perempuan payungi berproses dan berkembang sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki. Setiap pekan mereka ikut pesantren wirausaha untuk mensinkronkan nilai spiritual dan jiwa entrepreneur. Hal ini terlihat dari kesolidan dan kemajuan gerakan ibu-ibu payungi di setiap minggunya.
Adaptive, perempuan payungi selalu mudah menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Saat ini mereka sudah aktif menggunakan sosial media sebagai ajang promosi usahanya. Mereka mulai belajar mengartikulasikan pengalaman dirinya lewat postingan di Facebook maupun Instagram. Tak sedikit juga ibu Payungi yang meminta anaknya untuk mengajarkan cara upload di sosmed.
Youth, meskipun bilangan usia tidak lagi disebut muda, namun ibu-ibu payungi selalu berjiwa muda dan menyambut gagasan dari yang muda. Mereka juga selalu mengajak anak mereka dalam kegiatan payungi. Terlebih lagi ketika mereka berkumpul diselangi sendau gurau sehingga memelihara jiwa muda.
Unity, memiliki latar belakang yang berbeda baik ras, etnis maupun agama tidak menghalangi perempuan Payungi untuk selalu moncer dalam menjaga kekerabatan dengan tetangga dan sekitarnya. Bersama dengan suaminya, ibu Payungi berkolaborasi dengan apik mempersiapkan gelaran tiap minggunya.
Nasionalism, Ibu-ibu Payungi mencontohkan bagaimana nilai nasionalisme masih kuat dan mengakar di masyarakat, mereka rutin melakukan gotong royong sebelum dan setelah gelaran Payungi. Bapak-bapak melakukan pekerjaan untuk hal fisik seperti membuat saung, sedangkan ibu-ibu menyapu lingkungan sekitar Pasar.
Green, tidak henti-hentinya perempuan Payungi berproses dari hari ke hari. Saat ini mereka mencanangkan pertanian organik di sekitar rumah dan kawasan Payungi. Mereka ingin menciptakan ketahanan pangan dari lingkungan sendiri. Ibu-ibu mulai mengisi tanah di polybag, menanam bibit tanaman, menyirami dan merawat tanaman tersebut.
Intelectual, perempuan Payungi selalu mengupgrade pengetahuan dan mencoba mendaratkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga selalu berkembang intelektualnya. Ada yang mengatakan bahwa pemberdayaan perempuan lebih berhasil daripada pemberdayaan pada umumnya. Karena perempuan cenderung lebih banyak praktik dibandingkan teori. Di Payungi, pedagang perempuan dididik untuk menambah pengetahuan dan diajak mempraktekkan pengetahuannya tersebut.
Perempuan Payungi membuktikan bahwa keterlibatan perempuan dalam akses ekonomi merupakan salah satu indikator meningkatnya kesejahteraan. Saat perempuan menjadi kaum terdidik, mempunyai hak-hak kepemilikan, dan bebas untuk bekerja serta mempunyai pendapatan mandiri, inilah tanda kesejahteraan rumah tangga meningkat.
Pemberdayaan ekonomi perempuan memiliki peranan penting karena perempuan membentuk setengah populasi dunia. Apabila setengah populasi ini tidak aktif secara ekonomi maka perekonomian negara mengalami penurunan dari segi produktifitas. Sebagaimana MDGs mengamanatkan tiga bidang utama upaya peningkatan kesetaraan gender yaitu peningkatan partisipasi perempuan di bidang pendidikan, ekonomi (akses pada pekerjaan dan penghidupan yang laik) dan representasi politik.
Di bidang ekonomi, para sahabat perempuan juga aktif dalam aktifitas ekonomi. Beberapa sahabat perempuan pun menunjukkan ketokohan mereka dalam partisipasi di bidang ekonomi. Istri Nabi, Khadîjah Ra, merupakan tokoh pengusaha perempuan sukses yang kaya raya di Mekah. Sehingga menjadi keharusan kita sebagai kaum perempuan untuk meneladani ibunda Khadijah dan para sahabiyah lainnya yang berdaya secara ekonomi.[]