Mubadalah.id – Setiap tahun umat Islam di seluruh dunia menjalankan kewajiban ibadah puasa pada bulan Ramadan. Telah banyak diketahui bahwa esensi puasa adalah menahan hawa nafsu. Maka kita sebagai ‘tuan’ atas diri kita sendiri harus bisa menahan hawa nafsu tersebut. Puasa juga seharusnya memunculkan kesadaran kritis kita.
Lalu, mengapa kita kerap mempersoalkan ketika mereka yang tak berpuasa makan di hadapan mata kita? Mengapa rumah makan yang tetap buka di siang hari selalu saja disalahkan? Bisakah puasa kita tak membuat orang lain resah?
Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah: 183).
Ayat tersebut menjelaskan tentang puasa dan maknanya. Puasa bertujuan agar kita menjadi orang-orang yang bertakwa, agar kita memiliki ketakwaan yang tangguh dalam kehidupan di dunia dan akhirat.
Puasa juga dapat membuat kita memiliki daya tahan (ketahanan), baik secara psikis, fisik, dan spiritual. Misalnya, menahan untuk mengganggu dan menyakiti orang lain, menahan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang berlebih sehingga berpengaruh pada kesehatan tubuh, menahan ketergantungan pada selain Allah.
Andai puasa kita disertai dengan kesadaran egaliter. Kita yang berpuasa dengan penuh kesadaran untuk tidak mempermasalahkan mereka yang tak berpuasa makan dan minum di hadapan kita. Sebaliknya, kita yang tak berpuasa dengan penuh kesadaran tidak menyengaja makan dan minum di hadapan mereka yang berpuasa.
Menjalani puasa dengan kesadaran kritis yang berkeadilan memang tidak mudah. Kesadaran tersebut hadir tidak untuk saling merasa benar sendiri lalu menyalahkan yang lain. Tidak pula untuk menghadirkan asumsi beragama yang superior dan inferior.
Dalam berpuasa, kesadaran kritis yang demikian agaknya menjadi hal yang luput diperhatikan oleh kita. Kesadaran di sini terkait dengan ego masing-masing dari kita sebagai manusia. Tanpa kesadaran, hal kecil dapat memicu pertikaian yang berujung pada kekerasan fisik atau verbal.
Yang berpuasa merasa menjadi superior atas yang lainnya, sehingga mendominasi yang tak berpuasa dan menganggapnya sebagai inferior. Yang berpuasa merasa sebagai yang benar, sehingga rumah makan yang buka pada siang hari dianggap salah.
Apakah standar keimanan dan ketakwaan kita hanya tertakar pada sepiring nasi padang dan segelas es teh manis?
Kesadaran kritis tidak datang tiba-tiba tanpa melalui proses historis. Kesadaran menyertakan rasionalitas dan akal budi. Kesadaran kritis yang memunculkan ideologi sebagai upaya memengaruhi cara berpikir kita, mengarahkan cara pandang kita dalam menilai, dan usaha mengarahkan kita pada satu tindakan.
Setidaknya, diperlukan cara pandang yang lebih kritis terhadap puasa yang kita jalani agar kita dapat memaknai puasa dengan lebih baik. Kesadaran kritis dalam berpuasa juga sebagai upaya menghadirkan prinsip-prinsip egalitarian yang berkeadilan dalam kehidupan kemanusiaan kita.