Mubadalah.id – Asal usul anak pada umumnya timbul karena suatu sebab. Yaitu manusia yang terlahir dari rahim seorang ibu dan juga peran seorang ayah. Namun, ada juga karena rahmat Allah kepada Siti Maryam yang melahirkan seorang anak tanpa ayah bernama Isa, AS. Terlintas dalam pikiran bahwa manusia baru memiliki orang tua setelah generasi Adam dan Hawa. Sebab keduanya tidak terlahir dari rahim seorang ibu melainkan manusia ciptaan Allah yang pertama.
Takdir Allah mempertemukan Adam dan Hawa dalam suatu pernikahan. Hingga kita percaya bahwa keluarga pertama tercipta dari mereka. Kita adalah manusia generasi jauh setelah Adam dan Hawa. Maka, lahirnya peradaban manusia sebab peran keluarga dalam mendidik anak yang merupakan unit terkecil dari masyarakat.
Kuat atau lemahnya suatu masyarakat ditentukan dari setiap keluarga. Di dalam keluarga ada harapan terwujudnya tempat nyaman untuk tumbuh kembang mendidik anak, dan membentuk potensi serta kapasitas setiap anggotanya.
Menurut Goldenberg, ada beberapa bentuk keluarga berdasarkan jenis anggotanya, di antaranya nuclear family (keluarga inti), extended family (keluarga besar), blended family (keluarga campuran), common law family, single parent family, commune family, serial family, composite family, dan cohabitation family.
Dari sekian banyak bentuk keluarga yang paling penting ialah keluarga inti, yakni terdiri dari ayah, ibu dan anak. Peran keluarga inti sangat penting dalam membangun peradaban yang baik.
Peran Keluarga
Keluarga memiliki peran untuk memberikan yang terbaik (jalbu al-masalih) dan menjauhkan dari segala keburukan (dar’u al-mafasid). Umumnya, orang dewasa memberikan pengajaran untuk anak kecil supaya kelak dewasanya memiliki akhlak dan ilmu yang maslahah.
Orang dewasa yang saya maksud dalam keluarga inti ialah orang tua. Peran ayah dan ibu menentukan bagaimana anaknya akan tumbuh dan berkembang. Keduanya harus bekerja sama dalam mendidik anak atau memiliki rasa kesalingan dalam pengasuhan anak.
Ada ungkapan mengatakan bahwa, “ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anak” atau disebut sebagai al-ummu madrasah ula. Ungkapan ini sebenarnya tidak sedang mendominasi seorang ibu yang harus stand by mendidik anak. Ungkapan ini juga bermakna bahwa siapa pun yang dekat dengan anak ialah madrasah pertamanya.
Seringkali ibu atau perempuan menjadi sebab kesalahan dalam mendidik anak karena ungkapan tersebut. Padahal dalam mendidik anak harus ada partisipasi laki-laki atau ayah, sehingga ini menjadi tanggung jawab bersama.
Pendidikan Terbaik
Ada dua pendidikan terbaik untuk anak dalam keluarga yang dijelaskan pada Kitab Tanqihul Qaul Bab ke-31 tentang Pendidikan Anak.
Pertama, tidak ada pendidikan yang paling baik kecuali agama. Kalau orang Islam pasti etika pertama yang dilakukan setelah bayi lahir dengan melantunkan adzan. Dengan begitu ada harapan untuk anak agar selalu menegakkan agamanya.
Kedua, pendidikan baik adalah tata krama. Seorang anak perlu diajarkan tata krama atau akhlak agar dalam beragama ia tidak melupakan peri kemanusiaan.
Harapan dari orang tua pasti menginginkan anak-anaknya kelak menjadi anak yang saleh saleha. Namun harapan itu juga perlu berkaca pada cara orang tua mendidik anak. Ketika orang tua memuliakan anak, maka mereka mewujudkan suatu kemudahan jalan ke surga. Dalam proses mendidik anak pasti menemukan banyak ujian kesabaran. Begitu pula dengan anak menemukan ujian kesabaran dari pendidikan orang tuanya.
Untuk itu, keluarga menjadi tanggung jawab bersama agar terwujud kebahagiaan seluruh anggotanya. Orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, sedangkan anak juga ingin yang terbaik untuk orang tuanya. Kesalingan dalam mendidik anak berpotensi melahirkan generasi yang baik (dzurriyah thayyibah) dan membentuk umat yang terbaik (khairu ummah). Upaya ini akan memudahkan negara dalam mewujudkan bangsa yang baik, kuat, sehat, adil, dan sejahtera (baldah thayyibah). []