Konflik Poso yang terjadi pada 1990 – 2000an menyiarkan kabar dan pemberitaan tidak baik tentang tana ini santer terdengar. Keributan yang menyebabkan dua agama saling benci hingga berdampak kekerasan. Orang-orang menjadi takut untuk datang ke Poso.
Kristen dan Islam, dua agama yang saling kisruh dan konflik berkepanjangan. Keributan itu dipicu oleh oknum yang tak bertanggung jawab, sengaja mengadu para penganut dua agama tersebut agar saling berseteru.
Konon, kehidupan bertoleransi sempat terancam karena radikalisme yang beredar massif melalui media sosial, belum lagi peran pemerintah orde baru juga tidak kalah besar.
Beberapa tahun setelah konflik, Poso menjadi daerah dengan masyarakatnya yang rukun berdampingan antar umat beragama. Meski kabar tak baik tentang Poso masih bertebaran di luar sana.
Di Poso, setiap Natal ada tradisi Bapasiar. Bapasiar adalah aktivitas warga desa untuk saling berkunjung dari rumah ke rumah, bahkan dari desa ke desa. Kegiatan warga desa saling berkunjung ke rumah-rumah, berjabat tangan dan bercengkrama sudah dilakukan turun temurun di tana Poso hingga saat ini. Kisah ini saya dapatkan dari cerita seorang warga sekitar ketika saya berkunjung ke Poso pada Maret lalu.
Orangtua, lansia, anak muda, remaja, hingga anak-anak menjadi bagian dari tradisi besar di peringatan hari raya. Bapasiar, menjadi aktivitas utama setelah ibadah di gereja.
Ucapan ‘Selamat Natal’ selalu terdengar di depan pintu rumah pada tanggal 25 Desember sampai hari-hari setelahnya. Seruan ini semacam kata kunci di banyak rumah di desa-desa Kabupaten Poso dan Morowali.
Hiruk pikuk perdebatan tentang larangan mengucapkan selamat natal sama sekali tidak berpengaruh bagi warga desa di Kabupaten Poso, Tojo Una-una, dan Morowali.
Beberapa desa di Kabupaten Poso seperti Peura, Dulumai dan Wea masih mengikuti tradisi lama pasiar, tradisi pasiar yang unik bagi anak-anak. Yakni pulang membawa beragam macam kue dan permen dalam kantong plastik. Anak-anak yang berkunjung ke rumah-rumah dibagikan kue-kue dan permen untuk dibawa pulang. Meski di sebagian desa tradisi ini mulai berganti dengan uang.
Menariknya, tradisi Bapasiar ini tidak hanya dilakukan pada saat Natal saja, tradisi Bapasiar pun dilakukan warga saat hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Bedanya jika hari raya Idul Fitri atau Idul Adha, banyak mobil dan motor dari Tentena menuju Poso Kota. Namun saat Natal pada bulan Desember, giliran mobil dan motor dari Poso Kota yang banyak menuju Tentena.
Lia, seorang Muslim berasal dari Makassar yang tinggal di Tentena mengikuti suaminya, tak pernah merasa asing dan kesepian setiap merayakan lebaran jauh dari keluarganya. Sebab para tetangga yang meskipun berbeda keyakinan banyak berdatangan ke rumahnya untuk bersilaturahmi dengan membawa kue-kue.
Yang menyenangkan lagi, kata Lia, di perayaan Idul Fitri di Poso, seruan berbuat kebaikan dikumandangkan dalam khutbah.
Saling mengunjungi di hari raya bagi warga setempat adalah merawat pertemanan dan untuk merayakan kegembiraan di tengah makin menguatnya ekslusifisme masyarakat perkotaan seperti yang ditunjukkan beberapa hasil survei belakangan.
Tradisi pasiar menjadi simbol dan cerminan sifat kesalingan, keterbukaan, dan kehangatan warga desa terhadap yang lain. Momen keagamaan menjadi pintu masuk yang dimanfaatkan untuk menjaga silahturahmi antar warga yang terdiri dari beragam agama dan suku.
Konflik kekerasan dan bagaimana dinamika komunitas menghadapinya tidak lagi diceritakan dengan kengerian yang menguatkan trauma, sebaliknya menyadarkan pentingnya menguatkan pengertian dan kepercayaan .
Kini, Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha, Natal, dan tahun baru menjadi momen berharga untuk refleksi bersama agar saling mempererat dan memperkuat ikatan saudara lintas agama. Sebab beragama menjadi urusan pribadi, yang lebih penting adalah bersaudara antar sesama.[]