• Login
  • Register
Selasa, 3 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Kasus Perselingkuhan Selebritas: Lagi-lagi Perempuan yang Disalahkan

Stigma pelakor mudah diterima karena dengan stigma ini kita bisa menyalahkan perempuan lain. Penyalahan ini merupakan salah satu mekanisme perlindungan diri yang sebagian istri butuhkan

Fitri Nurajizah Fitri Nurajizah
17/05/2023
in Personal
0
Kasus Perselingkuhan

Kasus Perselingkuhan

1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Beberapa minggu ini media sosial tengah ramai memperbincangkan kasus-kasus perselingkuhan yang dilakukan oleh beberapa selebritas Indonesia. Hal ini berawal dari istri-istri yang suaminya selingkuh memblow up cerita perselingkuhan tersebut di Instagram Storynya.

Sebetulnya ini bukan kali pertama warganet meributkan kasus perselingkuhan. Sebelumnya, Nissa Sabyan yang jadi korban. Waktu itu, vokalis grup musik Sabyan Gambus tersebut media kabarkan menjalin relasi romantis dengan Ayus. Ia adalah pemain kibor di grup musiknya, yang sudah menikah sejak 2012 silam.

Respon warganet terhadap kasus perselingkuhan di media sosial ini, merupakan cerminan masyarakat patriarki memandang standar relasi romantis. Mereka tidak menoleransi kehadiran orang ketiga, yang biasa kita sebut selingkuhan.

Selain itu menurut Ester Lianawati dalam buku Akhir Pejantanan Dunia menyebutkan bahwa perselingkuhan laki-laki juga bentuk paling konkrit dan puncak politik pecah belah patriarki terhadap perempuan. Istri berhadapan dengan perempuan lain yang memiliki karakteristik yang tidak ia miliki. Di mana itu memenuhi kebutuhan laki-laki (suami). Dari sinilah persaingan antar-perempuan semakin kuat.

Stigma Pelakor Memperkuat Persaingan Antar-Perempuan

Di sisi lain, sebagaimana Aurelia Gracia (Reporter Media Magdalene) sampaikan dalam tulisannya yang berjudul Kasus Selingkuh Selebritas: Cara Patriarki Kontrol Perselingkuhan” menyampaikan, bahwa selingkuh kian rumit oleh patriarki, yang memandang gender secara timpang.

Baca Juga:

Luka Cinta di Dinding Rumah: Tafsir Feminis-Spiritual atas Tubuh yang Terlupakan

Mengapa dan Untuk Apa Perempuan Memakai Jilbab?

Bagaimana Akhlak Karimah dalam Memilih dan Melamar Pasangan Pernikahan?

Bagaimana Hukum Dokter Laki-laki Memasangkan Kontrasepsi IUD?

Sehingga ketika perselingkuhan terjadi, perempuan jadi tumbal dan mendapat efek paling berat. Sementara laki-laki terbebaskan dari sanksi dan kemungkinan tertuduh sebagai perusak pernikahan ataupun relasi pacaran.

Maka dengan itu dalam banyak kasus perselingkuhan, perempuan, baik sebagai istri ataupun perempuan kedua, selalu menjadi pihak yang kita salahkan. Bahkan stigma pelakor seringkali melekat pada perempuan orang ketiga.

Menurut Ester, istilah pelakor ini pertama kali tercetuskan oleh seorang anak bernama Shafa Harris. Saat itu ia berpapasan dengan perempuan yang dia anggap telah merebut ayahnya, lalu secara spontan dia mencerca perempuan tersebut dengan menyebutnya sebagai pelakor. Tidak butuh lama istilah ini menjadi populer, bahkan hingga saat ini.

Lima Alasan Mengapa Istilah Pelakor Populer

Sebetulnya ada lima alasan, mengapa stiga pelakor sampai saat ini masih populer dan menjadi alat yang memperkuat persaingan antar-perempuan.

Pertama, stigma ada karena orangnya, objek yang distigma ini ada, nyata dan eksis. Kita memang tidak bisa menyangkal bahwa ada perempuan yang menjalin hubungan dengan laki-laki beristri. Kita juga tidak bisa menutup mata bahwa ada hubungan suami istri yang memburuk setelah perslingkuhan terbongkar.

Masyarakat patriarki selalu melihat bahwa dalam kasus perslingkuhan perempuan adalah pihak yang salah. Artinya meski yang mengkhianati adalah suami, fokus masyarakat akan beralih pada perempuan, baik menyalahkan istri ataupun perempuan kedua.

Kedua, istilah pelakor memenuhi semua hasil imajinasi kolektif tentang perempuan, laki-laki dan seksualitas. Masyarakat patriarki menganggap bahwa perempuan kedua adalah penggoda. Dengan begitu ketika laki-laki berselingkuh, hal tersebut dianggap wajar. Dalam kata lain, kucing kita kasih ikan pasti ia makan.

Mekanisme Perlindungan Diri Perempuan

Menurut Ester istilah pelakor ini cocok dengan gambaran yang sudah berakar tersebut, sehingga sangat mudah kita terima dan terus kita populerkan.

Ketiga, masyarakat patriarki sudah terbiasa melihat perempuan sebagai penggoda. Sehingga masyarakat umum menganggap bahwa perempuan kedua “layak” mendapatkan stigma pelakor. Bahkan sebagian orang juga menolerasi stigma itu dengan mengatakan “Memang ada juga sih perempuan selingkuhan yang kelewatan”.

Keempat¸ Stigma pelakor mudah kita terima karena dengan stigma ini kita bisa menyalahkan perempuan lain. Penyalahan ini merupakan salah satu mekanisme perlindungan diri yang sebagian istri butuhkan.

Dalam kasus perselingkuhan, perempuan yang terkhianati mengalami luka-luka narsistik (blwaaure narcissique), harga dirinya terluka dan dalam waktu yang bersamaan juga melukai aspek feminitas terdalamnya. Dengan begitu, dalam kondisi terancam ini, secara alami manusia digerakkan untuk mempertahankan, membela dan menyelamatkan diri. Salah satunya adalah dengan menyalahkan pihak lain. Dalam hal ini perempuan kedua.

Kelima, popularitas stigma pelakor adalah wujud identifikasi dan solidaritas sesama perempuan terhadap istri yang terkhianati, sekaligus menunjukkan bagaimana rapuh dan ambigunya konsep persaudaraan antar-perempuan dalam masyarakat patriarki.

Dalam satu waktu kita memang memihak pada istri yang terkhianati, tapi kita juga menyematkan stigma pelakor pada perempuan lain. Hal ini memperlihatkan bagaimana perempuan sudah terpecah belah sedemikian rupa oleh budaya patriarki. Sehingga persaingan antar-perempuan terus terjadi dan semakin kuat.

Jadi, sebelum menyalahkan dan menghujat perempuan yang terlibat dalam perselingkuhan selebritas, setidaknya kita harus memahami faktor lain yang punya peran besar. Yaitu budaya patriarki yang masih kita langgengkan di masyarakat. Meskipun perbuatan perempuan atau siapa pun sebagai selingkuhan juga enggak patut kita benarkan. []

 

Tags: kasuslaki-lakiperempuanperkawinanperselingkuhanSelebritasstigma
Fitri Nurajizah

Fitri Nurajizah

Perempuan yang banyak belajar dari tumbuhan, karena sama-sama sedang berproses bertumbuh.

Terkait Posts

Tubuh yang Terlupakan

Luka Cinta di Dinding Rumah: Tafsir Feminis-Spiritual atas Tubuh yang Terlupakan

3 Juni 2025
Kurban

Kurban Sapi atau Kambing? Tahun Ini Masih Kurban Perasaan! Refleksi atas Perjalanan Spiritual Hari Raya Iduladha

2 Juni 2025
Pandangan Subordinatif

Dekonstruksi Pandangan Subordinatif terhadap Istri dalam Rumah Tangga

31 Mei 2025
Joglo Baca SUPI

Joglo Baca SUPI: Oase di Tengah Krisis Literasi

31 Mei 2025
Disabilitas dan Seni

Kreativitas tanpa Batas: Disabilitas dan Seni

31 Mei 2025
Difabel di Dunia Kerja

Menjemput Rezeki Tanpa Diskriminasi: Cara Islam Memandang Difabel di Dunia Kerja

30 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Tubuh yang Terlupakan

    Luka Cinta di Dinding Rumah: Tafsir Feminis-Spiritual atas Tubuh yang Terlupakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membaca Ulang Makna Aurat dalam Al-Qur’an

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perbedaan Feminisme Liberal dan Feminisme Marxis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Trans Jogja Ramah Difabel, Insya Allah!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyoal Jilbab dan Hijab: Antara Etika Sosial dan Simbol Kesalehan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Ali Mustafa Yaqub: Haji Pengabdi Setan dan Ujian Keimanan Kita
  • Tafsir Perintah Menutup Aurat dalam al-A’raf Ayat 31
  • Nilai Ekonomi dan Sosial dalam Ibadah Kurban
  • Aurat Menurut Pandangan Ahli Fiqh
  • Trans Jogja Ramah Difabel, Insya Allah!

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID