Mubadalah.id – Ibadah berarti “penghambaan diri kepada Tuhan”. Ia pada dasarnya meliputi seluruh aktivitas manusia, baik lahir maupun batin, individual maupun sosial. Ibadah itu untuk siapa? Ketika Tuhan mengatakan: “Aku tidak menjadikan jin dan manusia selain untuk beribadah kepada-Ku” (QS. adz-Dzaariyaat (51): 56), maka sejatinya sama sekali bukan dalam rangka kepentingan Tuhan.
Dia tetaplah Dia Yang Kuasa, Yang Maha Besar, tidak berkurang atau berlebih, meski sejuta orang mengingkari-Nya atau memuja-Nya. Tuhan tidak membutuhkan pembelaan dan siapa pun. Ketika Nabi Saw. bersedih hati lantaran masyarakatnya tidak mengikuti ajakannya, Tuhan pun menegurnya:
“Dan janganlah engkau (Muhammad) disedihkan oleh orang-orang yang dengan mudah kembali menjadi kafir. Sesungguhnya, sedikit pun mereka tidak dapat melukai Tuhan… (QS. Ali Imran (3): 176).
Sebuah hadits Qudsi menyebutkan:
“Andai kata seluruh manusia dan jin sejak zaman awal sampai zaman akhir sepakat bertakwa kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh dan tulus, niscaya tidak akan semakin menambah kebesaran Dia. Dan andai kata seluruh manusia dan jin dari dulu sampai nanti sepakat mendurhakai Tuhan, niscaya mereka tidak akan engurangi sedikit pun kebesaran-Nya.” (HR. Muslim dalam Arba’in an-Nawawi).
Dengan demikian, ibadah pastilah untuk kepentingan dan kebahagiaan manusia itu sendiri, baik di dunia ini maupun di akhirat kelak. Ibadah personal (mahdhah), yakni yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan.
Seperti shalat, puasa, zakat, membaca al-Qur’an, dzikir, i’tikaf, berdoa, istighasah, dan ritus-ritus personal lain kesemuanya ingin mengajarkan makna kehadiran Tuhan dalam hati, pikiran dan tindakan manusia. Inilah makna paling esensial dari seluruh ibadah kepada Tuhan.
Tingkah Laku
Kehadiran Tuhan merupakan cara paling efektif untuk mengontrol dan mengendalikan pikiran, ucapan, dan tingkah laku manusia agar tidak terjerumus ke dalam dosa dan melanggar aturan-aturan kehidupan bersama.
Tuhan memang menyebut manusia sebagai ciptaan-Nya yang paling baik dan pada dasarnya adalah suci. Namun, manusia juga makhluk yang lemah dan bodoh. Ia mudah tergoda dan tergelincir ke dalam perbuatan-perbuatan dosa, merugikan atau menzhalimi orang lain.
Manusia mudah tertarik pada (atau tertipu oleh) kesenangan-kesenangan duniawi (hedonistik): menumpuk harta benda, anak-anak, jabatan, seks, kebanggaan pada golongan, keturunan, tanah air, dan sebagainya. Ini mungkin saja sangat wajar dan sangat manusiawi. Namun, disadari atau tidak, hal-hal tersebut sering kali menipu, memperdaya, menindas dan membuat malapetaka bagi orang lain.
Oleh karena itu, ritus-ritus agama merupakan cara untuk menyadarkan dan mengendalikan kecenderungan destruktif tersebut agar manusia kembali kepada kesuciannya.
Melalui agama dan ritus-ritus personalnya itu, seharusnya manusia selalu sadar bahwa semua perbuatan negatif ini pada akhirnya pasti melahirkan malapetaka dan kehancuran. Bukan saja terhadap orang lain, melainkan juga terhadap dirinya sendiri. Kelak, Tuhan akan membalasnya secara setimpal. []