Mubadalah.id – “Semuanya demi Ita, tapi yang menjadi korban juga Ita”, keluh kesah Desi. Perempuan beranak satu – Ita nama anaknya. Tentu Desi ingin membahagiakan anaknya, si Ita. Segala karier yang ia bangun, demi Ita.
Sayangnya yang menjadi korban, dari ambisi Desi sebagai orang tua, juga Ita. Pun Desi menjadi korban dari orang tuanya, nenek si Ita. Sebagaimana di peragakan dalam film Taksi yang rilis sekitar tahun 1990.
Potret kisah itu, menjadi simbol di mana banyak anak menjadi “korban” obsesi dan ambisi orang tua. Boleh jadi sampai sekarang: 2024 – memaksa anak sesuai dengan ekspektasi orang tua. Suka tidak suka. Memaksa anaknya melanjutkan ambisi orang tua yang belum menggapainya. Senang tidak senang.
Film Taksi menjadi simbol kritik atas pola parenting orang tua yang sering merasa paling tahu akan kehidupan anaknya. Bertindak dengan kesewenangan atas nama orang tua. Dan alih-alih membahagiakan anak, justru merangkap anak dalam rantai cita-cita orang tua yang belum tentu sesuai potensi anaknya.
Awal Mula Perjuangan Desi dan Ita yang Ikut Taksi
Suatu pagi, di tengah adegan filmnya, Desi meninggalkan bayinya di taksi milik Dion – sopir taksi lulusan sarjana filsafat yang diperankan Rano Karno. Sebab, orang tua Ita, si Desi akan melakukan wawancara kerja sebagai penyanyi. Memaksa Desi tak membawa bayinya yang, bisa saja mengganggu dan bahkan, menggagalkan wawancara Desi.
Di sisi lain, Dion yang menjadi sopir taksi mulai kebingungan menunggu Desi yang sudah lama, tapi tak kunjung menjemput anaknya. Sementara argo setoran terus mengintai Dion berlomba dengan waktu. Maka, ia berinisiatif membawa bayinya ikut mencari penumpang. Hingga petang hari, bayi si Ita masih bersama Dion.
Sialnya, Desi tak meninggalkan kartu namanya ke Dion sebagaimana Dion lupa menanyakan hal tersebut. Bahkan tak tahu nama perempuan itu, dan nama si bayi. Terkenallah Ita dengan sebutan Taksi oleh Dion.
Karena sudah petang, Dion membawa bayi itu ke rumahnya di perkampungan yang disambut hangat oleh tetangga. Selain itu, Dion juga membuat berita di koran akan bayi yang ia bawa supaya orang tuanya bisa menjemputnya – dan tak lama dari itu Desi datang menemuinya.
Bersilihnya waktu, karier Desi sebagai penyanyi semakin moncer dan top. Negatifnya, segala tuntunan kehidupannya pun terbatasi oleh produser demi menjaga marwah kariernya. Termasuk dipaksa mengaku senantiasa perawan dan menyangkal Ita sebagai anaknya – karena posisi suami Desi yang pergi ke Amerika. Setiap hari Ita, bayi yang sudah tumbuh berkembang di rumah mewah itu, disembunyikan dalam kamarnya bersama sang pengasuh.
Jaringan Produser yang Tidak Sehat
Bahkan dalam satu momentum, produser memaksa Desi membuat pernyataan bahwa Ita bukan anaknya. Sang produsernya pun mengundang wartawan dan menggelar konferensi pers. Para wartawan mewartakan pengakuan Desi bahwa Ita adalah anak pungutan dari sopir taksi. Demi kemanusiaan, Desi lalu memungutnya dan memberikan segeplok uang sebagai insentif kepada pak sopir – Dion.
Parahnya, sang produser terus mendesak Desi untuk membuat pernyataan ulang sebagai kontra-narasi dari opini lain yang menyangkal pengakuan Desi sebelumnya. Menurut opini tandingan itu, Ita merupakan anak Desi di luar nikah.
Oleh sebab itu, demi karier dan citra Desi, sang produser terus membujuk Desi membuat konferensi pers lagi. Tetapi usulan itu mendapat penentangan dari Desi yang mulai sadar bahwa dirinya telah menjerumuskan anaknya dalam jaring bisnis yang penuh tipu daya demi karier. Jaringan bisnis yang tidak sehat.
Dalam situasi yang berkecamuk itu, produser menggelar konferensi pers tanpa Desi – namun atas nama Desi. Hasilnya, melaporkan bahwa Ita bukanlah anak dari Desi. Desi hanya memungut dari sopir taksi yang berencana memperdagangkan anak dan berkedok sopir taksi.
Ketika Dion: Sopir Taksi Mewakili Ita Memprotes Mama-nya
Berita itu pun menjadi perbincangan seantero kota. Menjadi berita utama. Dion, sebagai sopir taksi yang tertuduh dan bertanggung jawab, langsung bertandang ke rumah Desi. Ia pun marah-marah sambil memaki-maki. Sebabnya bukan semata fitnah perdagangan anak berupa sopir taksi itu adalah Dion.
Tetapi lantaran telah mencoreng nama baik para sopir taksi. Lebih dari itu, Dion menjadi wakil Ita untuk protes ke orang tua yang telah bertindak sangat jauh hanya demi karier dan reputasi. “Sekarang saya mewakili Ita, anakmu marah dan protes” kata Dion ke Desi.
Sembari menangis Desi mengakui bahwa berita yang beredar bukan pernyataan Desi, tapi produser. Desi yang masih merasa bersalah, terus menuturkan kisah hidupnya. Rupanya Desi juga menjadi korban orang tuanya yang feodal. Memaksa Desi menjadi penyanyi sebagai obsesi orang tuanya yang tak sempat tergapai – meski Desi tak menyukainya.
Ia pun berujar, “Semuanya demi Ita, tapi yang menjadi korban juga Ita”. Dengan kata lain, acap kali orang tua bertindak sewenang-wenang dengan dalih demi anak, padahal sadar atau tidak sering menjerumuskannya.
***
Poin yang hendak kita petik dari film Taksi 1990 adalah sebagai protes anak ke orang tua feodal. Mendidik anaknya harus sesuai dengan ekspektasi orang tua, bahkan merenggut “jati diri” anak demi melanjutkan dan mewujudkan cita-cita orang tua.
Tentu saja, orang tua bertanggung jawab akan masa depan anak tetapi bukan berarti mendikte dan mengintervensi. Melainkan mengarahkan anak serta membantu menyadari potensi-potensi anak.
Jangan Paksa Anakmu Sesuai Obsesimu
Dalam hal ini, perlu kiranya orang tua – khususnya yang masih terkungkung dengan produk lama: dalam bahasa Desi dan Dion, orang tua feodal – untuk berpegang teguh kepada salah satu qoutes yang melarang orang tua mendidik anaknya sesuai keinginan orang tua tanpa mempertimbangkan zamannya.
وقال: لا تكرهوا أولادكم على آثاركم، فإنهم مخلوقون لزمان غير زمانكم
“Janganlah paksa anak-anakmu mengikuti jejak-jejakmu karena mereka diciptakan dalam suatu zaman yang tentu berbeda dengan zaman kalian”.
Syekh Nawawi al-Bantani dalam salah satu kitabnya, mengatakan bahwa pernyataan di atas adalah hadis Nabi. Riwayat lain menyangkal dan menisbahkan ke Sayyidina Aly, dan lainnya menisbahkan ke Sayyidina Umar. Sementara dalam kitab Al-Milal wa al-Nihal mengidentifikasi pernyataan Aristoteles.
Terlepas dari itu, qoutes tersebut tak dapat membenarkan orang tua memaksa anaknya mengikuti keinginannya. Karena anak-anak juga punya jati dirinya sendiri, sesuai semangat zamannya. Hanya saja, perlu mengetahui bahwa ketidak-bolehan itu dalam nilai-nilai yang sifatnya adaptif dengan perkembangan zaman. Bukan nilai falsafah yang sifatnya statis semisal mencintai NKRI, dan nilai-nilai Qurani. []