Mubadalah.id – Raudlatun adalah aktivis perempuan Madura yang memperjuangkan pencegahan pernikahan anak dengan mengubah mindset para orang tua. Mbak Odax adalah sapaan akrabnya menjadi penggagas lembaga belajar untuk para ibu yang ingin mempelajari isu pernikahan anak, parenting, dan pemberdayaan perempuan melalui sekolah perempuan.
Mengenal kisah perjalanan Mbak Odax turut membuka mata dan mendorong kita mengamati rusuhnya fenomena pernikahan anak.
Dalam suatu perbincangan, ia menceritakan secara detail pengalamannya saat akan menjadi korban perjodohan pernikahan anak dan beberapa kasus yang kerap terjadi. Lantaran kuatnya budaya patriarki dan minimnya edukasi orang tua sehingga mudah bagi masyarakat di Madura utamanya melanggengkan pernikahan anak.
Data Meningkat dan Regulasi Belum Jelas
Sampai hari ini, kita tahu bahwa kasus pernikahan anak masih banyak terjadi meskipun tidak mesti tahu mengapa angka kasus masih meningkat secara signifikan. Menurut UNICEF pada tahun 2023 Indonesia menempati peringkat ke-4 dunia untuk jumlah kasus perkawinan anak perempuan bawah usia 18 tahun dengan jumlah 25,53 juta. Indonesia duduk di peringkat empat dengan kasus pernikahan anak terbanyak di dunia, setelah India, Bangladesh, dan China.
Di sisi lain, pemerintah telah mengeluarkan regulasi UU No. 16 Pasal 7 ayat (2) tahun 2019 tentang batas minimal usia pernikahan anak yaitu 19 tahun. Setidaknya memberi angin segar bagi banyak kalangan terutama para feminis maupun aktivis perempuan yang memperjuangkan kenaikan usia minimal perkawinan demi kesehatan secara fisik dan psikis ibu dan bayi. Akan tetapi, pelegalan undang-undang tersebut tidak secara otomatis menghentikan praktik pernikahan anak.
Regulasi yang sudah baik tanpa lingkungan yang kondusif dalam pelaksanaannya bisa menjadi bumerang. Data mencatat pengajuan dispensasi di pengadilan agama naik lebih dari 100% pasca disahkannya undang-undang Nomor 16 tahun 2019 mengenai dispensasi perkawinan. Hal ini menjadi kelonggaran hukum di mana orang tua dapat mengajukan pemohonan nikah bagi anaknya yang belum mencapai usia 19 tahun.
Dengan alasan mendesak dan bukti kuat, tetapi tanpa rincian lebih jauh mengenai maksud kata “mendesak” justru jadi ironi. Data Indonesia Judicial Research Society (IJRS) menunjukkan pada tahun 2019-2023, sebanyak 95% pengadilan agama mengabulkan dispensasi maupun pengadilan negeri. Sepertiga alasan yang diajukan adalah kehamilan pada anak.
Kuatnya Budaya Pernikahan Anak di Masyarakat Lokal
Cerita Mbak Odax tentang kasus pernikahan anak banyak terjadi. Sebab kultur masyarakat di tempat tinggalnya dan mindset orang tua yang melekat terlihat gamblang. Berbekal pengalaman sebagai aktivis perempuan, ia berhasil mengubah perspektif orang tua tentang budaya pernikahan anak melalui inovasi sekolah perempuan.
Madura, tempat tinggal Mbak Odax merupakan salah satu daerah yang begitu kental fenomena pernikahan anak. Bahkan hal itu terjadi pada Mbak Odax saat duduk di bangku kelas 5 Sekolah Dasar yang sempat akan mengalami pernikahan anak lewat perjodohan. Akan tetapi, melalui bantuan pamannya beruntung ia dapat menghentikan keinginan orang tua
Pernikahan anak kerap terjadi sejak itu dengan banyak faktor terjadi yang berangkat dari kesenangan masyarakat termasuk orang tua dan pemahaman bahwa perempuan tidak harus sekolah tinggi. Maka masyarakat dan ironisnya tokoh agama yang banyak dipercaya oleh masyarakat desa menormalisasi jika anak usia 15 tahun atau saat baligh telah didorong dan dijodohkan untuk menikah.
Fenomena pernikahan anak banyak terjadi utamanya pada masyarakat desa. Beberapa dari mereka menganggap dengan pernikahan, takdir hidup bisa berubah lebih baik dan sebagai pendewasaan diri tapi justru tanpa memikirkan dampaknya. Mindset keliru orang tua saat melihat anak sendiri menjalani hubungan dekat dengan lawan jenis akhirnya membuat orang tua memilih menikahkan anak alih-alih jadi solusi agar terhindar fitnah.
Sekolah Perempuan Kobher
Hadirnya Sekolah Perempuan Kobher tahun 2018 oleh Mbak Odax adalah perjuangannya mencegah pernikahan anak melalui keharusan perubahan mindset orang tua. Sebagai ruang edukasi untuk perempuan yang sibuk dengan urusan domestik di rumah membuat mereka memiliki tempat bersosialisasi yang inklusif.
Tak hanya tempat belajar terkait materi pencegahan pernikahan anak dan parenting, ibu-ibu perempuan Kobher juga memiliki kegiatan produktif. Mengolah Jamu sebagai usaha menggerakkan ekonomi sekaligus menumbuhkan harapan dan semangat.
Sekolah perempuan Kobher menjadi ruang perempuan yang sudah berumah tangga untuk mendorong mereka tetap berdaya dan memiliki wawasan inklusif tentang bahayanya pernikahan anak, membangun keluarga sakinah, dan kekerasan perempuan. Mereka sempat terheran dan menyadari bahwa praktik pernikahan anak bukan pilihan baik langgeng terjadi.
Pendekatan lain yang dilakukan adalah dengan menggelar class meeting. Menampilkan drama untuk anak-anak dengan narasi dialog yang bertemakan fenomena pernikahan anak beserta dampaknya. Tema lain seperti kesadaran orang tua soal dampak perjodohan pernikahan anak, dan pentingnya pendidikan untuk perempuan.
Perubahan Mindset Semua Kalangan
Hal penting untuk mencegah dan menanggulangi kasus pernikahan anak adalah dengan keterbukaan pikiran orang tua. Pendidikan kesehatan reproduksi, pernikahan anak, maupun pendidikan seksual bukan hal tabu untuk dibahas. Regulasi pemerintah sebetulnya telah membuka harapan baik. Meskipun ada beberapa yang perlu pengkajian lagi dengan melihat kebutuhan atas permasalahan yang terjadi.
Peran aktif masyarakat melalui Sekolah Perempuan menjadi kemungkinan yang efektif untuk menanggulangi dampak buruk pada tumbuh kembang anak. Butuh kesadaran penuh bahwa upaya memberikan teladan gender equality di lingkup keluarga penting dan ampuh. Sepatutnya, kita tidak menormalisasi budaya yang berdampak buruk berkembang di masyarakat.
Saya akan menjamin keinginan terbaik keluarga adalah terbentuknya keluarga yang dapat bertumbuh dengan baik. Begitu pula dengan nilai-nilai positif yang teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Perjalanan Mbak Odax melalui penolakan pernikahan anak hingga keberhasilan menggerakkan orang tua mengubah cara pandang bukanlah hal yang mudah. Namun kemungkinan besar pasti bisa tercapai.
Kisah Mbak Odax juga tak luput dari upaya membangun keamanan dan perdamaian yang meniscayakan pendidikan untuk dan dari perempuan. Adalah hal berharga dan nyata sebagai alat memperjuangkan kemaslahatan kemanusiaan.
Mbak Odax tidak hanya mengupayakan tapi ia juga berangkat dari mengalami dan merasakan sesuatu yang buruk pada pernikahan anak. Perempuan memiliki hak dan kewajiban tercapainya pendidikan dan potensi untuk dirinya sendiri sebagai manusia. Begitu juga laki-laki memiliki hak yang sama dengan perempuan bukan ia yang paling diutamakan. []