Senin, 3 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Perempuan KUPI yang

    KUPI Menolak Tafsir yang Menafikan Martabat Perempuan

    Mandat KUPI

    Membaca Mandat KUPI dalam Kerangka Rahmatan lil ‘Alamin

    Kemandirian Disabilitas

    Kemandirian Disabilitas Lewat Pertanian Inklusif

    Feminisme Sufistik

    Feminisme Sufistik: Menemukan Ruang Tengah antara Emansipasi dan Spiritualitas

    Perempuan Kurang Akal

    Perempuan Kurang Akal, atau Tafsir Kita yang Kurang Kontekstual?

    Menghapus Kata Cacat

    Menghapus Kata Cacat dari Pikiran; Bahasa, Martabat dan Cara Pandang terhadap Disabilitas

    Kurang Akal

    Saatnya Mengakhiri Mitos Perempuan Kurang Akal

    Fahmina

    Refleksi Perjalanan Bersama Fahmina; Ketika Mubadalah Menjadi Pelabuhan Jiwaku

    Kesaksian Perempuan

    Kesaksian Perempuan Bukan Setengah Nilai Laki-Laki

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Perempuan KUPI yang

    KUPI Menolak Tafsir yang Menafikan Martabat Perempuan

    Mandat KUPI

    Membaca Mandat KUPI dalam Kerangka Rahmatan lil ‘Alamin

    Kemandirian Disabilitas

    Kemandirian Disabilitas Lewat Pertanian Inklusif

    Feminisme Sufistik

    Feminisme Sufistik: Menemukan Ruang Tengah antara Emansipasi dan Spiritualitas

    Perempuan Kurang Akal

    Perempuan Kurang Akal, atau Tafsir Kita yang Kurang Kontekstual?

    Menghapus Kata Cacat

    Menghapus Kata Cacat dari Pikiran; Bahasa, Martabat dan Cara Pandang terhadap Disabilitas

    Kurang Akal

    Saatnya Mengakhiri Mitos Perempuan Kurang Akal

    Fahmina

    Refleksi Perjalanan Bersama Fahmina; Ketika Mubadalah Menjadi Pelabuhan Jiwaku

    Kesaksian Perempuan

    Kesaksian Perempuan Bukan Setengah Nilai Laki-Laki

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Transformasi Sosial dengan Zakat Digital di LAZISNU PWNU Lampung

Dalam praktik mubadalah, zakat tidak dipahami sebagai hubungan vertikal kaya dan miskin, melainkan hubungan horizontal yang saling memberdayakan.

Enny Puji Lestari Enny Puji Lestari
29 Maret 2025
in Publik, Rekomendasi
0
Zakat Digital

Zakat Digital

766
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Zakat dalam tradisi Islam bukanlah sekadar kewajiban ritual, melainkan instrumen fundamental untuk mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan masyarakat. Filosofi dasarnya terletak pada prinsip redistribusi kekayaan, di mana setiap harta memiliki dimensi sosial yang mengharuskan mereka yang berkecukupan untuk memperhatikan saudara-saudara mereka yang kurang beruntung.

Dalam konteks regional Lampung, Lazisnu PWNU Provinsi Lampung hadir sebagai institusi yang kreatif menerjemahkan spirit zakat ke dalam program-program konkrit dan inovatif. Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Provinvi Lampung, tidak sekadar menjadi saluran pengumpulan dana, tetapi bermisi menjadi agen perubahan sosial yang transformatif.

Salah satu terobosan signifikan mereka adalah program kotak koin barcode yang mencerminkan upaya modernisasi sistem zakat melalui teknologi digital. Konsep ini bukan sekadar tentang angka, melainkan membangun ekosistem kepedulian yang terukur, transparan, dan akuntabel.

Melalui zakat digital dan teknologi barcode, setiap donasi dapat terlacak, kita dokumentasikan, dan kita pertanggungjawabkan secara sistematis. Setiap kode yang discan menghadirkan narasi tentang kepedulian dan solidaritas, menghubungkan para muzakki (pembayar zakat) dengan penerima manfaat melalui mekanisme digital yang canggih.

Inovasi kotak koin barcode memiliki beberapa keunggulan strategis. Pertama, ia memudahkan proses donasi dengan menggunakan teknologi yang familiar. Kedua, menciptakan mekanisme transparansi yang tinggi. Ketiga, membangun kepercayaan publik melalui akuntabilitas digital.

Zakat dalam Perspektif Mubadalah

Dalam praktik mubadalah, zakat tidak kita pahami sebagai hubungan vertikal antara yang kaya dan miskin, melainkan hubungan horizontal yang saling memberdayakan. Setiap donasi zakat digital melalui barcode tidak hanya memberikan bantuan finansial, tetapi menciptakan siklus potensi di mana penerima zakat memiliki kesempatan untuk berkembang. Hingga pada gilirannya kelak dapat memberikan kontribusi kepada komunitas.

Mekanisme program ini mencerminkan filosofi kesalingan melalui beberapa dimensi:

Pertama, Pemberdayaan Berkelanjutan Dana zakat tidak sekadar kita distribusikan untuk konsumsi sesaat, melainkan kita investasikan dalam program-program yang memungkinkan penerima mengembangkan kapasitas diri. Misalnya, bantuan modal usaha kecil tidak hanya memberikan uang, tetapi menciptakan peluang wirausaha di mana penerima dapat mandiri dan berkontribusi kembali pada ekosistem sosial.

Kedua, Transformasi Mutual Setiap penerima zakat kita pandang sebagai subjek aktif, bukan objek pasif. Melalui pelatihan keterampilan, beasiswa pendidikan, dan pembinaan berkelanjutan, mereka kita persiapkan untuk tidak sekadar menerima, tetapi juga memberi.

Ketiga, Jejaring Solidaritas Digital Teknologi barcode yang kita gunakan bukan sekadar alat teknis, melainkan medium untuk membangun jejaring kesalingan. Setiap donasi tersambung dalam narasi besar tentang gerakan bersama menciptakan kesejahteraan.

Keempat, Dimensi Spiritual Kesalingan Konsep mubadalah menghadirkan zakat sebagai ibadah transformatif. Bukan sekadar menunaikan kewajiban, tetapi menciptakan siklus keberkahan di mana setiap kontribusi memiliki potensi spiritual dan sosial yang mendalam.

Dengan adanya hal di atas inovasi atau terobosan di atas, NU Care-Lazisnu memiliki prinsip utama yang terangkum dalam konsep MANTAP: Modern, yaitu sikap, cara berpikir, dan bertindak yang sesuai dengan tuntutan zaman. Akuntabel, yaitu pertanggungjawaban terhadap aktivitas kelembagaan keuangan yang sesuai dengan Undang-Undang tentang Pengelolaan Zakat dan Syariah Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Transparan, yaitu keterbukaan sesuai dengan prinsip yang berlaku dalam Undang-Undang Pengelolaan Zakat dan Syariah Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Amanah, yaitu dapat kita percaya dalam pengelolaan dana dari para donatur baik berupa zakat, infak, sedekah, CSR, dan DSKL.

Profesional, yaitu pengelolaan dana zakat, infak, sedekah, CSR, dan DSKL secara efektif dan efisien dengan standar terbaik. NU Care-Lazisnu selalu mengedepankan layanan yang berkualitas dan memberikan manfaat maksimal bagi umat.

Tantangan

Namun, program ini tidak tanpa tantangan. Implementasinya memerlukan sosialisasi komprehensif, terutama bagi masyarakat yang kurang akses teknologi. Mereka tetap menyediakan metode tradisional untuk memastikan inklusivitas donasi.

Dalam praktiknya, yang dikumpulkan bukan sekadar nominal, melainkan potensi perubahan. Dana tersebut kita investasikan untuk memberikan dampak jangka panjang, bukan sekadar konsumsi sesaat. Setiap rupiah kita harapkan mampu menciptakan multiplier effect yang signifikan dalam pemberdayaan masyarakat.

Filosofi dasar mereka sederhana namun mendalam yaitu zakat bukanlah sekadar perpindahan uang, melainkan perpindahan kesempatan. Melalui program ini, Lazisnu PWNU Provinsi Lampung tidak hanya mengumpulkan dana, tetapi membangun ekosistem solidaritas digital yang bermartabat.

Setiap barcode yang discan adalah simbol harapan. Setiap donasi adalah langkah konkrit menuju masyarakat yang lebih berkeadilan, di mana teknologi dan kepedulian sosial berpadu dalam satu gerakan transformatif.

Dengan demikian, program kotak koin barcode Lazisnu PWNU Provinsi Lampung bukan sekadar inovasi teknologi, melainkan manifestasi modern dari ajaran Islam tentang kepedulian, keadilan, dan pemberdayaan sosial. []

 

Tags: Filantropi RamadanLAZISNUperspektif mubadalahRamadan 1446 HZakat Digital
Enny Puji Lestari

Enny Puji Lestari

Direktur Eksekutif LAZISNU PWNU Lampung

Terkait Posts

Gugatan Cerai Guru PPPK
Keluarga

Martabat, Nafkah, dan Gagalnya Sistem yang tak Setara: Mengurai Fenomena Gugatan cerai Guru PPPK

13 Oktober 2025
Kesalingan Spiritual
Keluarga

Tirakat; Kesalingan Spiritual yang Menghidupkan Keluarga

23 Agustus 2025
Inklusivitas
Personal

Inklusivitas yang Terbatas: Ketika Pikiran Ingin Membantu Tetapi Tubuh Membeku

15 Juli 2025
Ronggeng Dukuh Paruk
Buku

Kisah Ronggeng Dukuh Paruk dan Potret Politik Tubuh Perempuan

8 September 2025
Relasi Imam-Makmum
Keluarga

Relasi Imam-Makmum Keluarga dalam Mubadalah

9 Juli 2025
Gerakan KUPI
Rekomendasi

Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

4 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Mandat KUPI

    Membaca Mandat KUPI dalam Kerangka Rahmatan lil ‘Alamin

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kemandirian Disabilitas Lewat Pertanian Inklusif

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Feminisme Sufistik: Menemukan Ruang Tengah antara Emansipasi dan Spiritualitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Menolak Tafsir yang Menafikan Martabat Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berkaca pada Cermin Retak; Kisah Raisa dan Hamish Daud

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • KUPI Menolak Tafsir yang Menafikan Martabat Perempuan
  • Membaca Mandat KUPI dalam Kerangka Rahmatan lil ‘Alamin
  • Kemandirian Disabilitas Lewat Pertanian Inklusif
  • Feminisme Sufistik: Menemukan Ruang Tengah antara Emansipasi dan Spiritualitas
  • Perempuan Kurang Akal, atau Tafsir Kita yang Kurang Kontekstual?

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID