Perhatian kita pada soal gagal tumbuh pada anak, biasanya lebih fokus pada soal stunting, gagal tumbuh fisik. Menurut saya ada gagal tumbuh lain yang tak kalah penting mendapat perhatian, terutama bagi generasi alfa yang biasa disebut ‘penduduk asli dunia maya’. (Catatan : yang memberi sebutan ini melakukan dengan berjarak, tanpa keterlibatan dan biasa menyebut diri ‘netral’).
Dalam kaca mata pendidikan tentu tidak bisa netral. Bagaimana pun menemani tumbuh kembang harus berpijak pada kenyataan manusia yang multidimensi; ada emosi, ada spiritualitas, ada keterkaitan tumbuh kembang fisik dan psikis.
Pada tahun 80-90 an ilmuwan sosial kritis sudah mengingatkan, perkembangan dahsyat teknologi komunikasi selain membuat banyak segi hidup jadi efektif-efisien, juga meninggalkan residu, ampas dari proses hidup yang membuat manusia mudah kehilangan makna diri, kesepian, sulit bahagia, ini merupakan hal-hal yang tidak kasat mata, tapi indikatornya mudah ditemukan.
Misalnya pada angka pengguna narkoba yang makin berkembang, merosotnya kemampuan generasi untuk menjaga komitmen dengan pihak lain, melakukan tindakan atau berkomunikasi dengan cara yang merendahkan martabat manusia lain yang berbeda, bunuh diri (atau menyakiti diri sendiri bahkan oleh anak).
Dalam kacamata pendidikan, ini semua adalah kegagalan proses pendidikan untuk membuat anak menghayati kemanusiaan dirinya sehingga mampu melihat martabat kemanusiaan pihak lain. Kegagalan di rumah, lembaga pendidikan maupun pendidikan oleh masyarakat.
Merasakan diri, memahami diri, menghayati diri (yang berbeda sekaligus mengandung kesamaan dengan orang lain), memahami pentingnya relasi dan komitmen, adalah hal-hal yang perlu secara bertahap dialami anak. Dalam hal ini para orang dewasa disekitar anak perlu kritis terhadap industri teknologi informasi, agar tidak mengabaikan kebutuhan dasar tumbuh kembang anak, sehingga pada waktunya dapat menjadi warga dunia maya sebagai manusia yang memiliki jati diri sehat dan merdeka, tidak terdikte oleh industri, karena jiwa merdeka adalah syarat mudah untuk bahagia.
Sangatlah menyenangkan bila selalu memberi kesempatan ajak anak berkebun, main layang-layang, bersepeda, mancing, main di sungai, agar kulitnya merasakan beragam tekstur tanah dan aromanya, merasakan tulang daun, melihat dengan cermat gradasi hijaunya daun dan warna tanaman, aroma keringatnya sendiri dan orang lain.
Bermain dengan teman, merasakan tatapan mata kawan dengan emosi yang berbeda-beda sehingga ngeh bagaimana bertoleransi, menemukan komunikasi yang menenangkan. Belum lagi beragam frekuensi suara yang hidup dengan emosi dan keindahan lain, yang tak bisa tergantikan oleh gawai. Pengalaman panca indera di masa anak-anak sangat berharga karena dapat mengoptimalkan penghayatan kemanusiaan mereka kelak.
Bagian penting dalam melindungi tumbuh kembang anak agar tdak mengalami ‘stunting spiskososial spiritual’ antara lain, sekali lagi para orang tua perlu kritis untuk tidak mudah termakan propaganda industri teknologi informas agar tidak mereduksi penghayatan kemanusiaan anak, karena itu sangat beresiko di masa depan.
Alangkah senangnya bila dapat menemani anak untuk gembira dengan hadir di dunia nyata bersama mereka.
Selamat berakhir pekan. []