Minggu, 7 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    Kerusakan Hutan Aceh

    Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

    Kekerasan Perempuan

    16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

    Muliakan Perempuan

    Kampanye 16 HAKTP dengan Mengingat Pesan Nabi Saw: Muliakan Perempuan, Hentikan Kekerasan

    16 HAKTP di

    Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Perkuat Kampanye 16 HAKTP di Majalengka

    META Indonesia

    Pelatihan Digital Literasi bersama META Indonesia agar Aman Berekspresi di Media Sosial

    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    Seyyed Hossein Nasr

    Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Beban yang Tak Setara

    16 HAKTP

    16 HAKTP di Tengah Bencana: Perempuan dan Anak Jadi Korban Ganda Kerusakan Alam

    Hutan Indonesia

    Ekosida: Jejak Kejahatan terhadap Hutan Indonesia

    Citizen Journalism

    Citizen Journalism Berbeda dengan Ummu Jamil

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    Kerusakan Hutan Aceh

    Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

    Kekerasan Perempuan

    16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

    Muliakan Perempuan

    Kampanye 16 HAKTP dengan Mengingat Pesan Nabi Saw: Muliakan Perempuan, Hentikan Kekerasan

    16 HAKTP di

    Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Perkuat Kampanye 16 HAKTP di Majalengka

    META Indonesia

    Pelatihan Digital Literasi bersama META Indonesia agar Aman Berekspresi di Media Sosial

    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    Seyyed Hossein Nasr

    Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Beban yang Tak Setara

    16 HAKTP

    16 HAKTP di Tengah Bencana: Perempuan dan Anak Jadi Korban Ganda Kerusakan Alam

    Hutan Indonesia

    Ekosida: Jejak Kejahatan terhadap Hutan Indonesia

    Citizen Journalism

    Citizen Journalism Berbeda dengan Ummu Jamil

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Nikah atau Mapan Dulu? Menimbang Realita, Harapan, dan Tekanan Sosial

Menikah bukanlah ajang pembuktian status sosial, melainkan proses kolaboratif yang berbasis pada kesepahaman, komitmen, dan tujuan hidup bersama.

Muhammad Syihabuddin Muhammad Syihabuddin
20 Juli 2025
in Personal
0
Nikah atau Mapan Dulu

Nikah atau Mapan Dulu

1.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Pertanyaan “nikah atau mapan dulu?” telah menjadi semacam stereotipe yang membayangi generasi muda, terutama mereka yang berada di usia 20–30-an. Di satu sisi, ada dorongan budaya dan agama yang menekankan pentingnya menikah untuk menjaga kesucian dan menumbuhkan kedewasaan. Di sisi lain, realitas ekonomi yang tidak mudah membuat banyak orang berpikir dua kali sebelum mengikat janji seumur hidup.

Konsep Kesiapan Finansial dalam Pernikahan

Dalam diskursus pernikahan modern, kesiapan finansial seringkali terkonstruksi sebagai prasyarat ideal menuju kehidupan rumah tangga yang stabil.

Perspektif ini terpengaruhi oleh konteks sosial-ekonomi kontemporer di mana beban biaya hidup, ketidakpastian pekerjaan, serta ekspektasi gaya hidup menjadi bagian dari realita kaum muda. Beberapa studi sosiologis menegaskan bahwa pernikahan tidak semata urusan emosional atau spiritual, melainkan juga keputusan ekonomi (Cherlin, 2004).

Namun demikian, definisi “mapan” kerap bersifat subjektif dan terus bergeser. Sebagian individu mengartikan mapan sebagai telah memiliki aset tetap, penghasilan stabil, dan kemandirian finansial penuh. Sementara yang lain menganggap bahwa kemampuan mencukupi kebutuhan dasar serta kesiapan untuk bertumbuh bersama dalam pernikahan sudah mencerminkan kesiapan ekonomi.

Penundaan pernikahan demi menunggu kondisi mapan secara ekonomi bisa berdampak pada meningkatnya usia menikah, keterasingan relasi, bahkan risiko kesepian. Di sisi lain, menikah tanpa perencanaan ekonomi yang rasional juga meningkatkan kerentanan terhadap konflik rumah tangga, terutama jika berhadapan dengan dinamika krisis finansial. Oleh karena itu, penting untuk menggeser cara pandang terhadap kemapanan. Bukan sebagai prasyarat mutlak, melainkan sebagai proses yang dapat diupayakan bersama pasangan.

Kesiapan Psikososial sebagai Fondasi Relasi Pernikahan

Lebih dari sekadar kesiapan ekonomi, pernikahan menuntut kesiapan psikososial, yakni kematangan emosi, kemampuan komunikasi, serta kesediaan untuk berkomitmen dalam jangka panjang. Menurut Erik Erikson dalam teori tahapan perkembangan psikososial, pernikahan berada pada fase “intimacy vs isolation.” Di mana individu harus mampu membentuk ikatan yang dekat dan bermakna sebelum melangkah ke kehidupan berumah tangga.

Kesiapan menikah bukan hanya soal kemampuan mencintai, tetapi juga kesiapan untuk menghadapi realitas kehidupan bersama. Perbedaan pendapat, konflik, dinamika peran gender, hingga pembagian tanggung jawab domestik. Jika kesiapan psikososial ini terabaikan, maka pernikahan bisa berujung pada ketidakharmonisan, meski secara ekonomi pasangan tersebut tergolong mapan.

Ironisnya, tekanan budaya seringkali membuat individu menikah bukan karena siap, tetapi karena takut dicap “terlambat menikah” atau “tidak laku”. Hal ini menunjukkan adanya keterputusan antara keputusan personal dan kehendak sosial. Dalam konteks ini, pernikahan menjadi tindakan simbolik yang tertuju untuk memenuhi ekspektasi kolektif, bukan sebagai ekspresi kesiapan relasional.

Norma Sosial dan Konstruksi Kesiapan Menikah

Pertanyaan “nikah atau mapan dulu” sebenarnya lahir dari konstruksi sosial yang meletakkan standar tertentu tentang waktu ideal dan kondisi ideal menikah. Di masyarakat Indonesia, khususnya yang menjunjung tinggi nilai kolektivitas, tekanan dari keluarga besar, lingkungan, hingga lembaga keagamaan memiliki andil besar dalam menentukan kapan dan bagaimana seseorang seharusnya menikah.

Bourdieu (1984) menyebut fenomena ini sebagai bagian dari habitus—struktur sosial yang membentuk pola pikir, persepsi, dan tindakan individu. Dalam konteks pernikahan, habitus membentuk keyakinan bahwa mapan adalah syarat mutlak, atau sebaliknya, bahwa usia dan status sosial adalah faktor utama dalam menentukan waktu pernikahan.

Akibatnya, individu sering merasa terjebak antara dua kutub ekstrem. Terlalu cepat menikah demi memenuhi norma, atau terlalu lama menunda demi mengejar standar “kemapanan” yang masyarakat tentukan. Situasi ini menimbulkan dilema eksistensial. Apakah kita menikah untuk diri sendiri atau untuk memenuhi ekspektasi sosial?

Penting untuk merekonstruksi kembali pemahaman terhadap pernikahan. Menikah bukanlah ajang pembuktian status sosial, melainkan proses kolaboratif yang berbasis pada kesepahaman, komitmen, dan tujuan hidup bersama. Masyarakat perlu membuka ruang yang lebih fleksibel terhadap keberagaman jalur hidup individu, termasuk dalam hal waktu dan kesiapan menikah

Menjawab pertanyaan “nikah atau mapan dulu” bukan sekadar memilih antara dua opsi. Ia menyimpan kompleksitas yang melibatkan aspek ekonomi, psikologis, dan sosiologis. Menikah tidak harus menunggu kondisi ideal, namun juga tidak boleh diambil tanpa kesiapan emosional dan perencanaan yang matang.

Idealnya, pernikahan dilandasi oleh kesadaran diri, kematangan relasi, dan kesiapan untuk tumbuh bersama. Maka, alih-alih bertanya “nikah dulu atau mapan dulu?”, akan lebih relevan jika kita bertanya, “sudahkah aku siap untuk hidup bersama seseorang dengan segala tantangan dan perjuangan yang akan datang?” []

 

Tags: JodohmenikahNikah atau Mapan DulupernikahanRelasirumah tangga
Muhammad Syihabuddin

Muhammad Syihabuddin

Santri dan Pembelajar Instagram: @syihabzen

Terkait Posts

Ekoteologi Islam
Publik

Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

7 Desember 2025
Privasi Anak
Keluarga

Berhenti Sejenak Sebelum Mengunggah: Privasi Anak di Era Digital

1 Desember 2025
Ayat-ayat Perceraian
Keluarga

Laki-laki dalam Asbab Nuzul Ayat-ayat Perceraian

1 Desember 2025
Adhal
Keluarga

Adhal dalam Rumah Tangga: Kontrol Ekonomi dan Membatasi Hak Istri

1 Desember 2025
Mimi Monalisa
Sastra

Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

30 November 2025
Romantika Asmara
Hikmah

Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

29 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen
  • Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera
  • Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’
  • Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat
  • Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID