Jumat, 3 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

    Makan Bergizi Gratis

    Ironi Makan Bergizi Gratis: Ketika Urusan Dapur Menjadi Kebijakan Publik

    Nyai Sinta Nuriyah

    Kunjungi Aktivis yang Ditahan, Nyai Sinta Nuriyah Tunjukkan Keteguhan Ulama Perempuan dalam Membela Rakyat

    Hari Tani

    Hari Tani Nasional 2025: Menghargai Petani dan Menjaga Pangan Negeri

    Jaringan WPS

    5 Tuntutan Jaringan WPS Indonesia atas Penangkapan Perempuan Pasca Demonstrasi

    Kampanye Inklusivitas

    Inklusivitas di Era Digital: Strategi Baru Kampanye di Media Sosial

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Hukum dan Budaya

    Membaca Ulang Hukum dan Budaya dengan Kacamata Mubadalah

    Disabilitas Taktampak

    Upaya Menghadirkan Disabilitas Taktampak dalam Wacana Publik

    keadilan hakiki

    Keadilan Hakiki dalam Relasi Keluarga

    Praktik Nikah

    Praktik Nikah di Sekolah; Resepsi Yes, Realitas No!

    Keluarga

    Pesan Nabi: Mulailah Kebaikan dari Keluarga

    Makan Bergizi Gratis

    Program Makan Bergizi Gratis: Janji Mulia dan Realitas yang Meragukan

    kerja domestik

    Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    Fiqhul Bina'

    Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    Ekosistem mangrove

    Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    keadilan hakiki

    Keadilan Hakiki dalam Relasi Keluarga

    Keluarga Mubadalah

    Keluarga dalam Perspektif Mubadalah

    Syafaat Nabi

    Lima Syafaat Nabi di Tengah Lesunya Ekonomi

    Akhlak Nabi

    Dakwah Nabi di Makkah: Menang dengan Akhlak, Bukan Kekerasan

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi yang

    Akhlak Nabi Tak Pernah Berubah, Meski pada yang Berbeda Agama

    Nabi Muhammad Saw

    Kesaksian Khadijah Ra atas Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad Saw

    Berbeda Agama

    Membaca Kembali Relasi Nabi dengan Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi dalam

    Meneladani Akhlak Nabi dalam Relasi Antarumat Beragama

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

    Makan Bergizi Gratis

    Ironi Makan Bergizi Gratis: Ketika Urusan Dapur Menjadi Kebijakan Publik

    Nyai Sinta Nuriyah

    Kunjungi Aktivis yang Ditahan, Nyai Sinta Nuriyah Tunjukkan Keteguhan Ulama Perempuan dalam Membela Rakyat

    Hari Tani

    Hari Tani Nasional 2025: Menghargai Petani dan Menjaga Pangan Negeri

    Jaringan WPS

    5 Tuntutan Jaringan WPS Indonesia atas Penangkapan Perempuan Pasca Demonstrasi

    Kampanye Inklusivitas

    Inklusivitas di Era Digital: Strategi Baru Kampanye di Media Sosial

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Hukum dan Budaya

    Membaca Ulang Hukum dan Budaya dengan Kacamata Mubadalah

    Disabilitas Taktampak

    Upaya Menghadirkan Disabilitas Taktampak dalam Wacana Publik

    keadilan hakiki

    Keadilan Hakiki dalam Relasi Keluarga

    Praktik Nikah

    Praktik Nikah di Sekolah; Resepsi Yes, Realitas No!

    Keluarga

    Pesan Nabi: Mulailah Kebaikan dari Keluarga

    Makan Bergizi Gratis

    Program Makan Bergizi Gratis: Janji Mulia dan Realitas yang Meragukan

    kerja domestik

    Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    Fiqhul Bina'

    Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    Ekosistem mangrove

    Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    keadilan hakiki

    Keadilan Hakiki dalam Relasi Keluarga

    Keluarga Mubadalah

    Keluarga dalam Perspektif Mubadalah

    Syafaat Nabi

    Lima Syafaat Nabi di Tengah Lesunya Ekonomi

    Akhlak Nabi

    Dakwah Nabi di Makkah: Menang dengan Akhlak, Bukan Kekerasan

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi yang

    Akhlak Nabi Tak Pernah Berubah, Meski pada yang Berbeda Agama

    Nabi Muhammad Saw

    Kesaksian Khadijah Ra atas Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad Saw

    Berbeda Agama

    Membaca Kembali Relasi Nabi dengan Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi dalam

    Meneladani Akhlak Nabi dalam Relasi Antarumat Beragama

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Praktik Nikah di Sekolah; Resepsi Yes, Realitas No!

Materi praktik seharusnya bisa menyentuh hal-hal mendasar yang pasti ada dalam kehidupan berumah tangga.

Dhuha Hadiyansyah Dhuha Hadiyansyah
3 Oktober 2025
in Publik
0
Praktik Nikah

Praktik Nikah

239
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Ketidakmampuan membedakan antara pernikahan, akad nikah, dan resepsi ternyata bukan hanya terjadi di masyarakat umum, tetapi juga di kalangan guru di sekolah.

Dalam beberapa praktik pembelajaran, ketika ada acara simulasi atau role play pernikahan, yang mereka tampilkan justru sebatas upacara penganten-pengantenan, wedding party. Padahal, jika yang dimaksud adalah praktik nikah, semestinya yang diajarkan lebih konkret dan dekat dengan realitas kehidupan rumah tangga.

Materi praktik seharusnya bisa menyentuh hal-hal mendasar yang pasti ada dalam kehidupan berumah tangga. Misalnya, bagaimana menghadapi malam pertama (seksologi) dengan sehat, aman, dan penuh kesalingan. Bukan dengan mitos atau tekanan yang justru melukai.

Atau, bagaimana mengelola konflik ketika terjadi pertengkaran, agar pasangan tidak larut dalam ego, tetapi mampu mencari jalan damai. Begitu pula tarik-menarik kuasa dalam rumah tangga, yang sering terjadi tanpa tersadari. Tujuannya supaya bisa teratasi dengan musyawarah, saling mendengarkan, dan pembagian peran secara adil.

Tidak kalah penting, praktik juga harus mengajarkan bagaimana mengurus bayi sejak dini—dari begadang bersama, memahami tangis anak, hingga memastikan gizi yang cukup.

Di sisi lain, peran seorang ayah sebagai “ayah ASI” mestinya kita kenalkan sejak awal, agar ia tidak hanya menjadi penonton. Akan tetapi ikut terlibat dalam proses menyusui, memberi dukungan fisik maupun emosional, atau mencukupi gizi ibu menyusui dengan memasakkan makanan bergizi untuknya.

Bahkan, tema tentang perceraian pun perlu kita praktikkan. Bukan untuk mendorong perpisahan, melainkan agar setiap orang siap menghadapi kemungkinan itu dengan dewasa, bermartabat, dan tanpa merugikan anak. Paling tidak, salah satu dari pengalaman-pengalaman nyata itu bisa menjadi bahan simulasi yang membuka mata.

Role Play Mengelola Keuangan Keluarga

Kalau masih kebingungan tentang tema apa lagi yang perlu kita angkat, guru bisa menghadirkan role play tentang bagaimana mengelola keuangan keluarga bersama-sama. Tujuannya agar pasangan tidak terjebak pada utang hanya demi gaya hidup atau gengsi.

Lalu, bagaimana membangun komunikasi yang sehat? Bukan sekadar berbicara tetapi juga mendengar dengan empati, sehingga kesalahpahaman bisa terminimalisir. Bisa juga memasukkan latihan berbagi kerja rumah tangga secara adil, supaya tidak ada beban ganda yang merugikan salah satu pihak—biasanya perempuan.

Aspek lain yang penting adalah bagaimana menjaga kesehatan mental dan fisik dalam rumah tangga. Termasuk cara saling mendukung ketika pasangan mengalami stres, kegagalan, atau sakit. Bahkan praktik tentang menjaga relasi dengan keluarga besar dan mertua juga penting, sebab konflik rumah tangga kerap muncul dari sana.

Dengan demikian, simulasi pernikahan tidak berhenti pada upacara seremonial. Tetapi benar-benar menyentuh realitas kehidupan sehari-hari yang jauh lebih menentukan keberlangsungan rumah tangga.

Ironisnya, yang sering ditampilkan dalam praktik hanyalah prosesi resepsi dengan adat-adat yang rumit, seolah-olah inti pernikahan hanyalah pesta dan seremonial semata. Hal ini menegaskan betapa kita seringkali lebih sibuk dengan upacara ketimbang kehidupan itu sendiri.

Seolah-olah sakralitas pernikahan direduksi menjadi dekorasi, make-up, dan hiburan sesaat. Sementara kerja-kerja rumah tangga yang jauh lebih kompleks justru terabaikan. Padahal, resepsi hanyalah kulit luarnya, sementara daging dan tulang dari pernikahan adalah perjuangan sehari-hari.

Bentuk Mistifikasi

Dalam filsafat, mistifikasi sering kita maknai sebagai kegagalan membedakan antara apa yang sedang terjadi dengan apa yang tengah dilihat. Fenomena praktik pernikahan yang hanya berhenti pada prosesi resepsi itu sebenarnya adalah bentuk mistifikasi.

Pernikahan dimistifikasi menjadi sekadar panggung, upacara simbolik, dan pesta penuh hiasan, sehingga orang terkecoh untuk percaya bahwa di situlah letak sakralitas dan kebahagiaan. Padahal, mistifikasi ini menutupi apa yang bakal sesungguhnya terjadi dalam pernikahan yang jauh lebih kompleks, melelahkan, menantang, dan sekaligus membahagiakan tentu saja.

Dengan mistifikasi, masyarakat terdorong untuk lebih mengutamakan citra ketimbang esensi. Lebih sibuk menyiapkan baju pengantin daripada menyiapkan mental menghadapi konflik.

Atau, lebih bangga pada dekorasi mewah daripada keterampilan komunikasi; lebih takut malu saat dandanan menor gagal daripada takut tak mampu membangun kehidupan bersama; lebih berani keluar modal besar untuk sewa tempat, daripada keluar modal untuk sekolah pernikahan, medical check-up, BI checking, atau marital agreement di hadapan notaris.

Lebih lanjut, generasi muda yang memainkan role play juga bisa tumbuh dengan bayangan kabur: bahwa menikah adalah pesta: bersenang-senang, bukan perjuangan; bahwa cinta itu cukup dirayakan, bukan dijalani; bahwa sakinah bisa difabrikasi dengan dekorasi indah, bukan dibangun dengan kesabaran dan kerjasama dua insan yang mengikat janji serta dukungan orang-orang sekitar. []

Tags: akad nikahGenerasi MudaguruPraktik NikahPraktik Pembelajaransekolah
Dhuha Hadiyansyah

Dhuha Hadiyansyah

Dosen pada Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) dan fasilitator Sekolah Pernikahan

Terkait Posts

Saksi dalam Akad Pernikahan
Hukum Syariat

Bolehkah Perempuan Menjadi Saksi dalam Akad Pernikahan?

23 September 2025
ABK
Personal

Ketika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Masih Tersisihkan dari Sekolah

20 September 2025
Qobiltu Nikaahaa
Keluarga

Ketika Hidup Berubah dengan Satu Kalimat: Refleksi Qobiltu Nikaahaa

20 September 2025
Content Creator
Publik

Kontenisasi Murid: Ketika Guru Merangkap Content Creator

15 September 2025
Bincang Syariah Goes to Campus
Aktual

Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

12 September 2025
Kurikulum Cinta
Publik

Kurikulum Cinta Gagasan Menteri Agama Sudah Ada Sejak Zaman Rasulullah Saw

11 September 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Pipiet Senja

    Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Membaca Ulang Hukum dan Budaya dengan Kacamata Mubadalah
  • Upaya Menghadirkan Disabilitas Taktampak dalam Wacana Publik
  • Keadilan Hakiki dalam Relasi Keluarga
  • Praktik Nikah di Sekolah; Resepsi Yes, Realitas No!
  • Pesan Nabi: Mulailah Kebaikan dari Keluarga

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID