Mubadalah.id – Al-Sakhawi (w. 1497 M), Imam Ibnu Hajar al-Asqallani (w. 1449 M), dan Imam al-Suyuthi (w. 1505) adalah ulama ahli hadis laki-laki terkemuka yang belajar pada guru-guru perempuan.
Ibnu Hajar belajar pada 53 orang perempuan, al-Sakhawi berguru pada 46 orang perempuan, dan al-Suyuthi menimba ilmu pada 33 perempuan.
Bahkan, Al-Sakhawi mendokumentasikan 1075 ulama perempuan terkemuka lainnya, dengan 405 orang di antaranya adalah ahli hadis dan fikih terkemuka.
Sementara itu, Ibnu Hajar mencatat 191 ulama perempuan, dengan 168 di antaranya adalah guru besar hadis dan fikih.
Dari kalangan tasawuf sufi al-Syaikh al-Akbar (sufi agung) Muhyiddin Ibnu Arabi berguru pada tiga orang perempuan cerdas dan alim di Mekah. Mereka adalah Sayyidah Nizam, Fakhr al-Nisa, dan Qurrah al-Ain.
Perempuan paling populer di kalangan sufi bernama Rabi’ah al-Adawiyah (801 M). Rabi’ah telah menjadi icon mazhab cinta dalam sufisme.
Puisi-puisinya tentang cinta (mahabbah) telah memberi inspirasi kepada para sufi lain sepanjang sejarah. Terlalu sempit ruang di sini untuk menyebut satu persatu ulama-ulama perempuan yang tampil dalam panggung sejarah Islam.
Khazanah Islam klasik tidak hanya menempatkan perempuan sebatas pada kapasitas sebagai ulama dan cendekiawan.
Nabi Perempuan
Kemudian, lebih dari itu, sebagian ulama menyebut sejumlah perempuan sebagai Nabi. Beberapa nama perempuan yang disinyalir oleh khazanah Islam sebagai Nabi adalah Siti Hawa, Siti Maryam, Siti Asiah (istri Fir’aun), dan Ummi Musa (ibunda nabi Musa).
Ahli tafsir kenamaan, al-Qurthubi (w. 671 H), menyatakan,
“Menurut pendapat yang sahih, Siti Maryam adalah Nabi perempuan, karena Tuhan menurunkan wahyu kepadanya sebagaimana kepada nabi-nabi yang lain.”
Pandangan al-Qurthubi (w. 671 H) tersebut didasarkan pada Firman Allah berikut:
وَاِذْ قَالَتِ الْمَلٰۤىِٕكَةُ يٰمَرْيَمُ اِنَّ اللّٰهَ اصْطَفٰىكِ وَطَهَّرَكِ وَاصْطَفٰىكِ عَلٰى نِسَاۤءِ الْعٰلَمِيْنَ
Artinya: Dan (ingatlah) ketika para malaikat berkata, “Wahai Maryam! Sesungguhnya Allah telah memilihmu, menyucikanmu, dan melebihkanmu di atas segala perempuan di seluruh alam (pada masa itu). (QS. Ali Imran ayat 42).*
*Sumber: tulisan KH. Husein Muhammad dalam buku Ijtihad Kyai Husein, Upaya Membangun Keadilan Gender.