Selasa, 9 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana Sumatera

    Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    Bencana di Aceh

    WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

    Bencana di Aceh

    WALHI Tegaskan Banjir dan Longsor di Aceh dan Sumatera adalah Akumulasi Kebijakan Buruk

    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    HAKTP

    Praktik HAKTP dalam Jurnalisme Algoritmik

    Teodise

    Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana Sumatera

    Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    Bencana di Aceh

    WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

    Bencana di Aceh

    WALHI Tegaskan Banjir dan Longsor di Aceh dan Sumatera adalah Akumulasi Kebijakan Buruk

    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    HAKTP

    Praktik HAKTP dalam Jurnalisme Algoritmik

    Teodise

    Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Fenomena Eldest Daughter Syndrome dalam Drakor When Life Gives You Tangerines, Mungkinkah Kamu Salah Satunya?

Anak sulung perempuan yang memiliki ibu sebagai anak pertama, rentan menanggung beban trauma antar generasi.

Rezha Rizqy Novitasary Rezha Rizqy Novitasary
17 Juli 2025
in Personal
0
eldest daughter syndrome

eldest daughter syndrome

1.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Dalam drakor When Life Gives You Tangerines, fenomena eldest daughter syndrome diangkat dengan apik. Tokoh utama, Aesun, adalah putri sulung perempuan penyelam atau Hanyeo. Saat Aesun kecil kembali hidup dengan ibunya, ia membantu hampir semua pekerjaan rumah.

Begitu pula saat ibunya meninggal. Aesun kecil berkali-kali berniat keluar dari rumah ayah tirinya untuk mengejar mimpi. Tapi rasa ketidaktegaan melihat adik-adiknya yang masih kecil serta bujukan dari ayah tirinya menggagalkan niat baiknya.

Aesun kecil memasakkan makanan untuk keluarga itu. Menyuapi kedua adiknya sebelum atau bersamaan dengan waktu makannya. Ia juga merawat kebun kubis sebagai sumber penghasilan keluarga. Ia tumbuh remaja hingga dewasa dengan beban yang selalu ada di pundaknya.

Setelah menikah, anak pertama perempuan Aesun, Yang Geum Young, juga tumbuh dengan melihat ibunya yang selalu mengalahkan dirinya sendiri demi orang lain. Geum Young menuangkan kuah sisa soup yang tersisa ke dalam mangkoknya setelah membaginya kepada calon suami, mertua, dan orang tuanya. Persis seperti yang dilakukan Aesun muda ketika ia hanya mendapat kuah sop setelah membagikan isinya kepada seluruh anggota keluarga.

Lelah Menjadi Anak Pertama

Suatu kali ketika orang tua Geum Young tertimpa masalah keuangan, ia berinisiatif mencari pinjaman untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sebagai anak pertama, Geum Myoung merasa punya beban lebih untuk membantu keluarganya. Namun, bukannya merasa lega setelah membantu, Geum Myoung justru mengeluarkan tumpukan gunung es emosi yang selama ini ia pendam.

Ia merasa lelah menjadi anak pertama. Ia merasa terbeban dengan sebutan pilar keluarga dan naga dari sungai. Ia muak dengan semua sebutan tersebut. Ia menyadari ibunya tulus memberi apapun yang ia inginkan, namun diam-diam ia memendam rasa bersalah sebab telah membuat orang tuanya kehilangan rumah demi keinginannya kuliah di luar negeri.

Scene tersebut tentu amat mudah dipahami oleh kita yang berstatus anak sulung perempuan. Ketika ada hal sulit yang dihadapi keluarga, segera kita memutar otak, mencari cara untuk menyelamatkan keluarga. Kita mengerahkan segala yang kita miliki asal keluarga kita selamat. Namun, begitu masalah terlewati, tiba-tiba kita merasa lelah dan sedih.

Apa itu Eldest Daughter Syndrome?

Melansir dari artikel Eldest Daughter Syndrome: The Invisible Load No One Talks About, Eldest Daughter Sindrome merujuk pada beban tak kasat mata yang tertanggung oleh anak pertama perempuan. Meski terasa tak adil, memang kebanyakan anak sulung perempuan menanggung beban yang lebih berat dari adik-adiknya yang lain.

Hal ini salah satunya penyebabnya karena pola pengasuhan di masa kanak-kanak. Umumnya anak sulung perempuan mendapat tugas lebih dari orang tuanya. Ia diminta menjaga adik-adiknya dan berupaya membantu ibunya mengerjakan tugas domestik.

Anak sulung perempuan tumbuh dengan keyakinan bahwa dia memiliki tanggung jawab lebih besar terhadap adik-adiknya. Ia merasa harus jadi contoh yang baik, tidak boleh gagal, dan harus mencapai cita-citanya. Ia juga selalu memaksa diri sendiri untuk mengalah dalam perdebatan kecil maupun pertengkaran besar sebab ia lebih tua. Dan memang itulah yang dunia ajarkankepadanya.

Pada keluarga yang mengalami disfungsi fisik atau psikis, seringkali seorang ibu membagi bebannya kepada anak sulung perempuan. Ibu menganggap putri sulungnya sebagai teman dekat yang bisa jadi tempat berbagi beban domestik yang ia tanggung.

Kondisi lingkungan yang ia hadapi mendidiknya menjadi pribadi yang selalu menuntut diri sendiri untuk melakukan sesuatu untuk orang lain. Bahkan jika itu mengorbankan kepentingannya sendiri.

Pengalaman Serupa sebagai Anak Sulung Perempuan

Saya pun pernah mengalami pengalaman serupa. Saat keluarga mengalami masalah finansial, sebagai kakak perempuan pertama yang saat itu sudah bekerja, spontan saya merasa perlu mengambil alih tanggung jawab biaya sekolah adik-adik saya.

Tentu ini tidak menjadi masalah besar sebab saya hanya perlu mengorbankan sedikit tabungan demi pendidikan adik saya. Namun, pola mengambil tanggung jawab lebih ini terbawa hingga saya menjalani hidup dan kegagalan di fase berikutnya.

Saat relasi romantis gagal dan kucing kesayangan mati, saya sibuk menyalahkan diri sendiri. Suara-suara di kepala saya berandai-andai, jika saja saya tak memilih langkah kemarin mungkin kucing saya masih selamat. Jika saya berusaha lebih keras mungkin hasilnya akan berbeda.

Karena berlangsung amat lama dan menganggu aktivitas sehari-hari, saya memutuskan mengunjungi psikolog. Setelah ngobrol panjang lebar termasuk riwayat dan latar belakang keluarga, psikolog menemukan pola yang sama pada diri saya.

Saya memiliki kecenderungan untuk menyalahkan diri sendiri saat semuanya tidak terjadi sesuai yang diharapkan. Hal ini salah satunya berdasarkan karena peran saya sebagai anak sulung perempuan di keluarga. Saya terbiasa memiliki tanggung jawab lebih banyak daripada saudara yang lain.

Padahal ada banyak sekali hal di luar kendali kita. Merawat hubungan pun juga butuh tanggung jawab kedua belah pihak. Dan jika semuanya berakhir berbeda dengan yang kita harapkan, itu tidak berarti bahwa kita gagal.

Meskipun benang merahnya ketemu, tak lantas saya benar-benar bisa mentas dari pergumulan batin yang saya alami. Perlu latihan kesadaran lebih banyak sembari belajar melepas sesuatu yang di luar kendali kita. Serta menyadari bahwa tidak semua masalah itu menjadi tanggung jawab kita.

Intergenerational Trauma

Selain berpotensi menanggung beban yang lebih berat, anak sulung perempuan yang memiliki ibu sebagai anak pertama juga rentan menanggung beban trauma antar generasi.

Trauma dari ibu sebagai anak pertama perempuan yang memiliki luka pengasuhan dapat dengan mudahnya terwariskan kepada anak pertama perempuan. Jika ibu pernah mengalami kekerasan verbal, fisik, maupun pengabaian emosi secara tidak sadar ia akan mengulang pola yang sama saat mengasuh anaknya.

Selain itu, ibu yang tumbuh dalam keluarga patriarki dan selalu meminggirkan perempuan juga cenderung menjadi contoh utama bagi anak perempuannya. Bagaimana tidak, dengan mata kepalanya sendiri, anak perempuan merekam bagaimana cara ibunya memprioritaskan orang lain dan menomorduakan diri dia sendiri.

Akhirnya ia akan tumbuh dengan keyakinan untuk bisa diterima ia harus siap kehilangan diri sendiri. Baginya menjadi perempuan dewasa artinya selalu mengorbankan diri demi orang lain.

Memiliki trauma yang terwariskan dari ibu sebagai anak pertama perempuan tentu bukan salah kita. Namun, mengelola trauma dan menyembuhkan diri dari pengulangan rasa yang sama adalah tanggung jawab kita. []

Tags: Anak Pertamabeban gandaDrama Koreaeldest daughter syndromekeluargaRelasiWhen Life Gives You Tangerines
Rezha Rizqy Novitasary

Rezha Rizqy Novitasary

Guru Biologi SMA, tertarik dengan isu perempuan dan kesetaraan gender. Rezha merupakan peserta Kepenulisan Puan Menulis Vol. 1.

Terkait Posts

Manusia dan Alam
Publik

Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

8 Desember 2025
Makna Ibadah
Uncategorized

Makna Ibadah dalam Bayang Ritualitas

8 Desember 2025
Ekoteologi Islam
Publik

Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

7 Desember 2025
Pendidikan Karakter
Publik

Pendidikan Karakter, dari Keluarga hingga Perguruan Tinggi

3 Desember 2025
Privasi Anak
Keluarga

Berhenti Sejenak Sebelum Mengunggah: Privasi Anak di Era Digital

1 Desember 2025
Ayat-ayat Perceraian
Keluarga

Laki-laki dalam Asbab Nuzul Ayat-ayat Perceraian

1 Desember 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi
  • Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional
  • Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental
  • Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam
  • Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID