Mubadalah.id – Sebuah film India bertajuk “Mimi” tayang pada tahun 2021 yang disutradarai oleh Laxman Utekar. Film ini mengisahkan perempuan muda yang memiliki cita-cita menjadi seorang bintang ternama. Keahliannya dalam menari lihai, paras cantik dan tubuh yang indah mengantarkan kepercayaannya menjadi bintang ternama di Mumbai. Nama perempuan dalam film ini adalah Mimi, sama seperti judulnya.
Ia bekerja keras dan secara terus menerus menari di berbagai kesempatan, hingga akhirnya pada sebuah pentas ia sempat ditonton oleh warga Amerika yang sedang berkunjung ke India. Turis tersebut datang ke India memiliki tujuan untuk mencari sosok perempuan yang bisa menjadi ibu pengganti dari calon anak mereka.
Lalu mereka berencana akan melakukan program surograsi atau ibu pengganti. Sebuah perjanjian yang mencakup persetujuan seorang perempuan untuk menjalani kehamilan bagi orang lain. Artinya, sang turis akan meminjam rahim seorang perempuan India untuk mengandung calon anak mereka.
Kesempatan sang turis melihat pertunjukan para penari itu mendatangkan keinginan untuk menjadikan Mimi sebagai ibu pengganti yang sedang mereka cari. Dalam proses pencarian, dua turis yang berpasangan ini mendapatkan bantuan dari sopir taksi. Sopir inilah yang menyampaikan maksud dan keinginan sang turis kepada Mimi.
Sewa Rahim
Mimi merasakan bingung setelah sang supir menjelaskan mengenai keinginan sepasang turis yang ingin menyewa rahimnya untuk mengandung calon anak mereka. Sopir tersebut akhirnya menjelaskan segala bentuk teknis dan juga konsekuensi jika Mimi menerima tawaran tersebut.
Hal yang menggiurkan dan mengantarkan kecenderungan Mimi untuk menyetujui adalah bayaran yang akan Mimi terima, yakni 20 rupee. Angka yang cukup besar, sebab dengan uang tersebut ia yakin bisa pergi ke Mumbai dan merealisasikan menjadi bintang artis terkenal. Ia menyadari, bahwa pekerjaannya sebagai penari tidak cukup meyakinkan untuk bisa mengantarkannya kepada cita-cita besar menjadi artis ternama.
Singkat cerita, Mimi pun bertemu dengan sepasang turis dan sopir tersebut, menuju sebuah rumah sakit. Proses penanaman benih sperma dilakukan. Hingga akhirnya beberapa hari kemudian Mimi dinyatakan positif hamil. Mereka sangat bahagia, begitupun Mimi. Setelah berjalan 4 bulan, pemeriksaan pun dilakukan untuk mengetahui perkembangan janin.
Dokter ternyata menemukan sebuah ketidakwajaran. Selanjutnya Dokter menyatakan bahwa bayi tersebut mengalami down syndrome. Kabar tersebut memukul kondisi sepasang turis dari Amerika, sebab mereka menginginkan bayi yang sempurna tanpa kekurangan.
Sepasang turis Amerika secara sepihak memutuskan menyuruh Mimi untuk menggugurkan bayi dalam kandungannya dan mereka kabur melarikan diri. Mereka pergi dengan tidak bertanggung jawab. Pada titik tersebut, berbagai persoalan lahir dalam kehidupan Mimi. Tentunya ia gagal mengejar cita-cita sebagai bintang artis ternama di India.
Akhirnya, Mimi tidak menggugurkan bayi tersebut yang ternyata terlahir normal dan berkulit putih. Kabar kelahiran bayi normal dari rahim Mimi terdengar hingga ke telinga sepasang turis Amerika dan mereka berkunjung setelah 4 tahun bayi itu Mimi lahirkan. Mereka pun meminta anak tersebut. Gejolak dalam kehidupan Mimi pada moment ini semakin meningkat.
Argumen Feminis dalam Wacana Kolonial
Cerita film Mimi ini mengingatkan pada sebuah argumen yang ada dalam buku Kajian Gender dalam Konteks Pasca kolonial yang Katrin Bandel tulis. Dalam buku tersebut ia mengatakan bahwa “persinggungan kajian gender dalam konteks pasca kolonial akan melahirkan kecenderungan untuk mengakomodasi argumen-argumen feminis sebagai bagian dari wacana kolonial”.
Sepanjang menonton film Mimi tersebut, pertanyaan saya yang muncul dan tidak terjawab adalah “mengapa harus seorang asing yang meminta perempuan India untuk menjadi Ibu pengganti dalam film ini?” atau “mengapa orang asing atau sepasang turis Amerika itu tidak mencari perempuan di negara asalnya saja?”
Tentu pertanyaan ini selanjutnya melahirkan bayang-bayang jawaban. Saya di sini akan menyampaikan opini secara bebas dan subjektif sebagai penonton. Pertanyaan tersebut sebenarnya juga memicu lahirnya indikasi bahwa ada anggapan tentang rendahnya perempuan di India sebagai bagian dari Dunia Ketiga.
Perempuan dari negara miskin tidak memiliki banyak pilihan, selain berjuang dengan kehidupannya yang sengsara dalam himpitan persoalan ekonomi.
Pernyataan sang supir saat membujuk Mimi untuk mau menjadi ibu pengganti “Jika kamu mau melakukan ini, maka kamu akan segera mendapatkan uang dan mewujudkan impian besarmu.” Pernyataan ini sebenarnya juga cukup menggelitik, sebab seolah-olah perempuan India seperti Mimi memang sudah sepantasnya untuk menyetujui tawaran dari sang turis, agar impiannya bisa terwujud.
Standar Ideal Perempuan Merdeka
Wacana kolonial yang dikembangkan oleh para tokoh pengkaji juga tidak jauh dengan hal semacam itu. “Perempuan kulit putih seolah-olah memiliki tanggung jawab serta jasa tinggi untuk memberikan pemberdayaan kepada perempuan di Dunia Ketiga.”
Jadi, standar ideal perempuan merdeka adalah perempuan kulit putih, atau perempuan di Dunia Pertama. Walaupun wacana kolonial yang saya uraikan diatas tidak sepenuhnya terepresentasi dalam film Mimi. Namun nafas dan aromanya cukup tercium.
Namun, sangat jelas jika perempuan Dunia Ketiga atau Mimi ini menjadi sasaran empuk objektifikasi. Seolah-olah ia tidak punya martabat dan harga diri bahkan tidak memiliki pilihan berharga. Walaupun pada akhirnya, sang anak yang lahir tetap Mimi asuh. Namun momentum kejadian ia harus mengandung adalah faktor kegagalan Mimi untuk merepresentasikan keinginannya. Yakni sebagai bentuk realisasi perempuan merdeka di Dunia Ketiga.
Lebih lanjut, tulisan ini akan saya tutup dengan pertanyaan kepada pembaca. Kisah dalam Film Mimi selanjutnya menceritakan lebih jelas, bagaimana perempuan di Dunia Ketiga-termasuk Indonesia- sering mengalami kegagalan dalam merealisasikan diri. Ia terjebak dengan banyak faktor, termasuk wacana kolonial.
Kalaupun ending cerita Mimi menjadi seorang artis sebagai bentuk merealisasi mimpinya, namun uang yang ia gunakan berasal dari perempuan asing, sehingga akan ada perasaan berjasa darinya. Lalu, menurut kalian, apakah kita sudah benar-benar merepresentasikan diri sendiri secara murni? []