Mubadalah.id – Desember selalu punya tempat tersendiri bagi para sahabat, pecinta, dan pengagum Gus Dur. Bulan ini dua belas tahun lalu Gus Dur berpulang, meninggalkan begitu banyak jejak pemikiran, ajaran kehidupan dan tauladan kemanusiaan bagi begitu banyak orang dari begitu banyak kalangan.
Bagi kalangan Muslim tradisional, memperingati Haul Gus Dur adalah salah satu cara menimba sumur keberkahan. Bagi para begawan agama, mengaji Gus Dur adalah membuka kran-kran perdamaian lintas iman. Bagi para intelektual, mengenang Gus Dur adalah mendaras wacana-wacana lintas disiplin: agama, politik, sosial, dan kebudayaan.
Sedangkan bagi kelompok pinggiran seperti saya, Gus Dur adalah sejarah oasis yang terus hidup hingga saat ini, muara di tengah keringnya narasi-narasi agama yang lantang bersuara tentang manusia. ‘Memanusiakan manusia’ adalah jargon yang selalu lekat dengan sosok sang Bapak Bangsa.
Datang dari latar belakang Islam tradisional yang demikian kental, Gus Dur tentu saja bukan orang sembarangan yang sembarangan ilmu agamanya. Gus Dur justru orang yang sangat ‘islami’, sangat ‘agamis’, dengan penguasaan ilmu keislaman yang tak bisa disepelekan. Tak heran bila beliau juga disebut sebagai Sang Sufi, Sang Zuhud, oleh banyak orang.
Keislaman Gus Dur muncul dalam laku-laku keadilan yang memayungi siapa saja yang terluka lantaran keadilan demikian sulit —untuk tidak mengatakan tidak mungkin— diraih dan dinikmati sehari-hari. Ketika sebagian orang beragama menggunakan kesucian agama dan kebesaran nama Tuhan untuk melakukan opresi dan peminggiran terhadap kelompok berbeda, Gus Dur justru melakukan sebaliknya.
Ketika agama disandera untuk membenci dan menindas siapa saja, Gus Dur justru hadir sebagai potret ‘Islam saya hadir menyapa gereja’, ‘Islam saya hadir untuk orang-orang Tionghoa’, ‘Islam saya hadir memberi dukungan pada kelompok waria’ ketika Gus Dur betul-betul hadir dalam helatan Pemilihan Putri Waria tahun 2006.
Lantaran Gus Dur, saya merasa ‘punya tempat’ dalam agama saya, dalam Islam, di Indonesia, ketika banyak orang meneriakkan stigma bahwa kelompok minoritas gender dan seksualitas atau LGBTIQ+ takkan pernah diterima, di agama manapun. Tafsir-tafsirnya yang berbeda, itu hal lain. Tetapi bahwa kita semua punya hak untuk hidup dan mendapatkan keadilan, dan lebih-lebih ruang aman, apapun agama atau keyakinan kita, apapun identitas etnis kita, apapun identitas gender, ekspresi gender dan orientasi seksual kita, itulah yang kerap orang lupakan, dan Gus Dur sudah memberikan teladan yang konsisten sepanjang hidupnya.
Lantaran Gus Dur pula, salah satunya, yang membuat saya demikian ‘percaya diri’ untuk menempuh studi teologi dan agama di Birmingham, Inggris. Studi yang bagi banyak orang ‘tak pantas’ ditempuh oleh seorang transpria seperti saya. Tapi Gus Dur mengajarkan saya —meski tidak pernah bertemu secara langsung— bahwa orang-orang seperti saya ‘disambut hangat’ dalam komunitas beragama. Sebab inti agama adalah ‘memanusiakan manusia’, memberi ruang pada yang berbeda, menjalin hubungan baik di tengah kepelbagaian yang kita punya.
Gus Dur bukan sekadar tokoh nasional, atau tokoh NU semata, jejak pemikiran dan perjuangan Gus Dur melampaui sekat ke-Indonesia-an atau ke-NU-an. Tak pelak, di satu diskusi bersama di kelas ‘approaches to the Islamic studies’ yang saya ambil semester kemarin, nama Gus Dur menjadi perbincangan cukup hangat. Dosen saya yang lulusan Oxford menyebut nama Gus Dur sebagai salah satu tokoh Muslim ‘di luar Barat’ dan ‘di luar Timur Tengah’ yang penting untuk dijadikan referensi.
Sebab selama ini, berbicara Islam selalu terpusat pada apa yang ada di Barat dan apa yang ada di negara-negara Arab, padahal Islam ada di mana-mana, diyakini dan dihayati dengan berbagai cara dan tak punya otoritas tunggal, Islam tak bisa direpresentasikan hanya oleh Timur Tengah atau Barat. Pendeknya, seperti kata Gus Dur, “Islamku, Islam anda, Islam kita.” Islam tak bisa diwakili dan bukan agama institusi.
Kawan saya Francis, seorang pria paruh baya berdarah Inggris, sampai terpukau membaca Gus Dur, dia berkata “We need more Gus Dur in the West, and in the East, we need more humanistic Islam like what Gus Dur articulated to unpack the tension, and bring the ‘peaceful’ Islam amid all the misconceptions between Muslim extreme ideologist and Islamophobic narrative”.
Kira-kira: “Kita butuh lebih banyak Gus Dur di Barat dan di Timur, kita butuh Islam humanis seperti yang Gus Dur lakukan, yang bisa membongkar ketegangan, membawa Islam damai di tengah semua kesalahpahaman antara ideologi Muslim ekstrim dengan narasi-narasi Islamofobia.
Tak bisa saya tak sepakat dengannya. Rumitnya ketegangan antara insider Islam yang terus memproduksi narasi Islam yang penuh kekerasan, dan outsider yang terus memproduksi stereotip atas Islam, tak bisa diurai jika Muslim tak serius berbicara lebih lantang tentang “Islam yang memanusiakan” seperti yang Gus Dur selalu bilang dan ajarkan. Beberapa kali saya merasakan bagaimana orang-orang di luar Islam melihat dan mencibir Islam dengan jargon “peaceful Islam” dengan nada satir. Tetapi bagi saya itulah kritik besar yang harus terus memicu komunitas Muslim untuk menunjukkan sisi kedamaiannya secara total, bukan sekadar pemanis lisan.
Gus Dur sudah mencontohkannya secara sungguh-sungguh, bagaimana menjadi Muslim yang ‘taat’ dan ‘salih’. Ketaatan dan kesalihan seorang Muslim ala Gus Dur adalah kesalihan yang memancar dalam wujud semangat menyuarakan keadilan dan berpihak kepada kelompok rentan. Kesalihan akan Allah Yang Maha Adil tak mungkin hadir dalam laku-laku yang tidak adil. Ketaatan akan Allah Yang Maha Rahman tak mungkin hadir dalam laku-laku yang penuh kebencian.
Karenanya, kepada Gus Dur, sebagai Muslim kita berhutang banyak sebab darinya kita tahu bahwa ada yang “keliru” dengan keislaman kita jika ia dipraktikkan dalam semangat membenci kelompok yang berbeda.
Gus Dur bagai pewarta kedamaian yang legacy nya tercetak di mana-mana, di meja-meja akademis, di surau-surau kampung, dan di hati siapa saja yang pernah disentuh dan tersentuh oleh nilai-nilai kemanusiaan yang diperjuangkannya.
Semoga kita selalu membuka lapang hati kita untuk belajar tentang keimanan yang lebih adil untuk semua orang. Keimanan yang menjadikan kita orang-orang ‘salih’ di hadapan Dia Yang Di Langit dan sesama makhluk yang ada di bumi. Untuk Gus Dur, lahu al-fātiḥah. []