Jumat, 7 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Memudahkan

    Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    Haid yang

    Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Haid yang

    Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

    Digital Parent

    Digital Parent: Anak Dalam Bayangan Kekerasan Online

    Fiqh Haid

    Menafsir Ulang Fiqh Haid

    Disabilitas

    Memperjuangkan Kontestasi Makna: Mengapa ‘Disabilitas’ Lebih Manusiawi dari ‘Cacat’

    Fiqh Haid

    Fiqh Haid: Membebaskan Tubuh Perempuan dari Stigma Najis

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Memudahkan

    Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    Haid yang

    Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Haid yang

    Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

    Digital Parent

    Digital Parent: Anak Dalam Bayangan Kekerasan Online

    Fiqh Haid

    Menafsir Ulang Fiqh Haid

    Disabilitas

    Memperjuangkan Kontestasi Makna: Mengapa ‘Disabilitas’ Lebih Manusiawi dari ‘Cacat’

    Fiqh Haid

    Fiqh Haid: Membebaskan Tubuh Perempuan dari Stigma Najis

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Kajian Psikologi dalam Melihat Kasus Ustadz Maheer dan Nikita

Dalam kajian psikologi sosial, tindakan yang dilakukan oleh dua tokoh yang penulis sebutkan di atas termasuk dalam kategori agresi, yakni segala bentuk perilaku yang disengaja terhadap makhluk lain dengan tujuan untuk melukainya.

Dwi Putri Dwi Putri
4 Desember 2020
in Pernak-pernik, Personal
0
Kajian Psikologi dalam Melihat Kasus Ustadz Maheer dan Nikita
163
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Nikita Mirzani hadir dalam sebuah video rekaman yang menyebutkan seorang ulama berinisial HRS dengan sebutan “Tukang Obat”. Hal ini memicu berbagai tanggapan. Tidak terkecuali pengikut setia HRS yang kadung tak tahan menahan emosinya.

Adalah Ustad Maheer At-Thuwalibi alias Soni Eranata yang dikenal sebagai sosok ustad yang aktif di media sosial. Ia mengancam Nikita Mirzani untuk segara meminta maaf secara terbuka pada HRS. Jika tidak, ia mengancam akan membawa 800 orang mengepung kediamannya. Tidak tanggung-tanggung, Ustad Maheer bahkan menyebut Nikita Mirzani dengan sebutan “Lonte”.

Ancaman tersebut ternyata ditanggapi langsung oleh Nikita yang berujar tidak takut dengan ancaman tersebut, ia mengaku akan mengajak 800 orang yang akan mengepung rumahnya makan bakso bersama. Sampai saat ini, perseteruan antara keduanya belum ada yang berusaha meredam dan menahan egosentris masing-masing.

Dalam kajian psikologi sosial, tindakan yang dilakukan oleh dua tokoh yang penulis sebutkan di atas termasuk dalam kategori agresi, yakni segala bentuk perilaku yang disengaja terhadap makhluk lain dengan tujuan untuk melukainya. Agresi dibagi menjadi dua, yakni agresi verbal dan non verbal.

Sebenarnya apa saja sih faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku agresi? Setidaknya ada 5 faktor, yakni, pertama, Faktor biologis. Hal ini dibagi lagi menjadi 3 bagian, a) Gen yang sangat berpengaruh pada pembentukan sistem neural otak yang mengatur perilaku untuk melakukan tindakan agresi, b) Adanya sistem otak yang tidak terlibat dalam tindakan agresi ternyata sangat berpotensi besar dalam memperkuat ataupun menghambat sirkuit dalam mempengaruhi perilaku agresi, dan c) adalah terdapatnya kimia darah yang merupakan salah satu unsur khususnya hormon seks yang sebagian ditentukan oleh faktor garis keturunan yang sangat berpotensi besar dalam mempengaruhi perilaku agresi.

Kedua, faktor naluri atau insting. Menurut tokoh psikologi analisis ternama Sigmund Freud, dalam diri manusia terdapat dua jenis insting. Yakni Eros atau naluri kehidupan dan thanatos atau naluri kematian. Agresi adalah wujud dari ekspresi naluri kematian yang dapat diarahkan kepada orang lain atau sasaran di luar dirinya dan dapat juga perilaku agresi diarahkan pada dirinya sendiri.

Ketiga, faktor amarah. Marah merupakan salah satu wujud pengungkapan ekspresi ketika seseorang tengah emosi. Ia memiliki ciri-ciri aktivitas sistem yang parasimpatik yang tinggi dan adanya perasaan tidak suka yang sangat kuat. Biasanya disebabkan oleh suatu kesalahan yang mungkin nyatanya benar-benar salah atau tidak. Bagaimana tanggapanmu dengan kasus Ustad Maher dan Nikita Mirzani?

Keempat, faktor frustasi. Frustasi bisa terjadi apabila seseorang terhalang oleh sesuatu hal dalam mencapai suatu tujuan, kebutuhan, keinginan, pengharapan atau tindakan tertentu. Karena tujuannya tidak tercapai, cenderung seseorang akan meluapkannya dengan tindakan agresi.

Kelima, faktor sosial learning (peran belajar model kekerasan). Dewasa ini memang tindakan agresi dapat dilihat dari sudut manapun. Kita tidak memungkiri, dalam kondisi pandemi, seseorang dipaksa untuk menunjukkan jati diri kita sesungguhnya di hadapan anak-anak atau anggota keluarga yang lain. Suatu hari mereka juga akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang yang menjadi panutan keluarga. Itulah sebabnya kita harus hati-hati dan jeli dalam bersikap, terutama di hadapan anak kecil. Model kekerasan ini juga bisa ditiru ketika seseorang menonton televisi.

Seperti yang penulis sebutkan di atas, salah satu faktor agresi bisa didapatkan dari faktor genetika. Otomatis, menghilangkan secara penuh tindakan agresi merupakan suatu langkah yang kurang adil untuk mereka yang sudah memiliki sifat dan perilaku tersebut. Makanya dalam menghadapi perilaku agresi, kita hanya bisa melakukan healing cara “mengurangi” dengan 2 langkah jitu;

Pertama adalah melalui katarsis. Merupakan tindakan penyucian diri yang dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengurangi perilaku agresi. Katarsis dilakukan dengan melepaskan energi emosi yang terpendam dalam hati seseorang sekaligus penyucian diri dengan berimajinasi. Contoh misalnya seseorang diajak untuk membayangkan jika suatu saat perilaku agresinya muncul baik secara verbal maupun non verbal, maka ia pasti akan menderita. Dengan berpikir demikian, seseorang yang hendak melakukan agresi akan mengurungkan tindakannya.

Kedua adalah a learning social approach, jika perilaku agresif dapat dipelajari maka ada kemungkinan untuk mengontrolnya. Hampir semua agresivitas berawal dari sifat desakan hati, neural otak yang memanas karena hasil dari sebuah argumen, hinaan atau serangan. Dengan demikian, kita dapat mencegah sebelum agresi itu terjadi. Kita belajar strategi resolusi konflik non-agresi. Akan tetapi menerapkan hukuman bagi pelaku dalam model ini tidak terlalu efektif . hal ini akan berhasil dalam situasi tertentu saja.

Apapun masalahnya, tindakan agresi bukanlah tindakan yang baik untuk meredam agresi yang orang lain juga lakukan. Makanya, ketika ada dua sisi yang sedang berseteru dan mempertahankan egosentris masing-masing, diperlukan sosok penengah yang mengajak dua sisi tersebut berdamai. Dalam kasus Ustad Maheer dan Nikita Mirzani? Apakah sudah ada sosoknya? []

Tags: Kajian PsikologikemanusiaanKesehatan MentalPerdamaianPerilaku Manusia
Dwi Putri

Dwi Putri

Dwi Putri sedang menyelesaikan studinya di UNUSIA Jakarta. Dia juga merupakan alumni women Jakarta yang sempat diadakan oleh AMAN Indonesia yang bekerjasama dengan Mubadalah.

Terkait Posts

Haid dalam
Keluarga

Islam Menghapus Stigma Haid Perempuan: Dari Mata Iblis ke Martabat Kemanusiaan

4 November 2025
Usia 20-an
Personal

It’s OK Jika Masih Berantakan di Usia 20-an

3 November 2025
Wangari Muta Maathai
Figur

Wangari Muta Maathai: Perempuan Afrika Pertama Peraih Nobel Perdamaian untuk Lingkungan

3 November 2025
Aborsi
Keluarga

Aborsi, Fiqh, dan Kemanusiaan

31 Oktober 2025
Backburner
Personal

Menolak Backburner: Bahaya Relasi Menggantung dalam Islam

29 Oktober 2025
Young, Gifted and Black
Buku

Young, Gifted and Black: Kisah Changemakers Tokoh Kulit Hitam Dunia

28 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Digital Parent

    Digital Parent: Anak Dalam Bayangan Kekerasan Online

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menafsir Ulang Fiqh Haid

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan
  • Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas
  • Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan
  • Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan
  • Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID