Jumat, 31 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Sumpah Pemuda

    Sumpah Pemuda dan Makna Kesalingterhubungan

    Erni Suyanti Musabine

    Erni Suyanti Musabine: Perempuan Penjaga Harimau Sumatra dari Kepunahan

    Komunikasi Islam

    Kasih, Bukan Kasihan: Komunikasi Islam bagi Teman Difabel

    Nafkah

    Menafsir Ulang Nafkah dan Maskawin

    Pengalaman Perempuan

    Membincang Perceraian yang Berpihak pada Pengalaman Perempuan

    Praktik Sunat Perempuan

    Mengakhiri Praktik Sunat Perempuan sebagai Komitmen Indonesia terhadap SDGs

    Forum Perdamaian Roma

    Dialog yang Menghidupkan: Menag Indonesia dan Leo XIV di Forum Perdamaian Roma

    Sunat Perempuan

    Tak Ada Alasan Medis dan Agama: PBB Sepakat Menghapus Sunat Perempuan

    Perspektif Trilogi KUPI

    Perspektif Trilogi KUPI dalam Pemenuhan Hak-hak Disabilitas

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Sumpah Pemuda

    Sumpah Pemuda dan Makna Kesalingterhubungan

    Erni Suyanti Musabine

    Erni Suyanti Musabine: Perempuan Penjaga Harimau Sumatra dari Kepunahan

    Komunikasi Islam

    Kasih, Bukan Kasihan: Komunikasi Islam bagi Teman Difabel

    Nafkah

    Menafsir Ulang Nafkah dan Maskawin

    Pengalaman Perempuan

    Membincang Perceraian yang Berpihak pada Pengalaman Perempuan

    Praktik Sunat Perempuan

    Mengakhiri Praktik Sunat Perempuan sebagai Komitmen Indonesia terhadap SDGs

    Forum Perdamaian Roma

    Dialog yang Menghidupkan: Menag Indonesia dan Leo XIV di Forum Perdamaian Roma

    Sunat Perempuan

    Tak Ada Alasan Medis dan Agama: PBB Sepakat Menghapus Sunat Perempuan

    Perspektif Trilogi KUPI

    Perspektif Trilogi KUPI dalam Pemenuhan Hak-hak Disabilitas

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Kasih, Bukan Kasihan: Komunikasi Islam bagi Teman Difabel

Dakwah sejati bukan tentang siapa yang lebih fasih berbicara, melainkan siapa yang lebih tulus memahami.

Nida Ankhofiyya Nida Ankhofiyya
31 Oktober 2025
in Publik
0
Komunikasi Islam

Komunikasi Islam

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Di era ketika empati sering dikemas menjadi konten, makna kasih sejati justru kian memudar. Ramainya konten empati di media sosial, perhatian terhadap teman difabel sering berhenti pada rasa iba, bukan kasih. Banyak orang sibuk menampilkan kepedulian, namun lupa menghadirkan penghormatan.

Padahal Islam mengajarkan rahmah kasih sayang yang sejajar, bukan belas yang menatap dari atas. Teman difabel tidak membutuhkan dikasihani, mereka butuh kita sapa dan kita hormati sebagai sesama manusia.

Dalam Islam, komunikasi tidak hanya sekadar pertukaran kata, tetapi juga cara menghadirkan nilai kemanusiaan di antara dua jiwa. Komunikasi Islam  yang baik seharusnya menumbuhkan rasa setara, memuliakan, dan menenangkan. Rasulullah SAW menjadi teladan utama dalam hal ini. Beliau menyapa setiap orang dengan penuh perhatian, tidak memandang status, fisik, atau kemampuan. Dari beliau, kita belajar bahwa kasih bukan hanya kata lembut, tetapi juga sikap yang menghormati.

Budaya digital membuat empati mudah ditampilkan namun sulit dirasakan. Kita sering melihat video seseorang membantu pengguna kursi roda, atau kisah inspiratif difabel yang viral. Sekilas, hal itu tampak positif. Namun di balik layar, sering kali ada jarak halus karena fokusnya lebih pada sensasi dan belas kasihan ketimbang penghormatan.

Fenomena ini disebut empati semu yaitu ketika orang tampak peduli, tetapi kepeduliannya berhenti di layar. Teman difabel dijadikan objek konten, bukan subjek kehidupan. Padahal Islam tidak mengajarkan kasih yang berjarak seperti itu. Islam menghendaki empati yang aktif: kasih yang menggerakkan, bukan hanya menatap iba.

Rahmah dan Musawah: Akar Komunikasi Islam

Dua nilai penting dalam komunikasi Islam adalah rahmah (kasih sayang) dan musawah (kesetaraan). Rahmah berarti kasih yang menggerakkan kebaikan dan penghormatan, sedangkan musawah menegaskan bahwa setiap manusia memiliki martabat yang sama di hadapan Allah.

Allah berfirman dalam QS. Al-Isra: 70:“Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak-anak Adam…” Ayat ini menegaskan bahwa kemuliaan manusia bersifat universal. Tidak ditentukan oleh fisik, status sosial, atau kondisi tubuh, tetapi oleh ketakwaan dan amalnya. Maka, ketika seseorang merasa lebih tinggi karena membantu difabel, sebenarnya ia sedang kehilangan makna rahmah itu sendiri.

Kasihan sering muncul dari posisi di atas, sementara kasih tumbuh dari posisi sejajar. Rasulullah SAW mencontohkan hal ini dengan luar biasa. Beliau memberi ruang bagi sahabat yang memiliki keterbatasan fisik untuk berperan aktif dalam masyarakat bukan karena belas kasihan, tapi karena pengakuan atas potensi mereka.

Dalam komunikasi Islam, setiap kata seharusnya membawa adab. Ada beberapa prinsip sederhana yang bisa menjadi panduan agar interaksi kita dengan teman difabel lebih beradab dan bermakna:

Etika Komunikasi Islam

Pertama, Gunakan bahasa yang setara. Hindari ungkapan yang menempatkan mereka sebagai objek belas kasihan. Daripada berkata, “Meski difabel, dia hebat” lebih baik katakan, “Dia hebat di bidangnya.” Kalimat pertama menonjolkan kekurangan, yang kedua menegaskan kemampuan. Kedua, Dengarkan dengan hati, bukan sekadar telinga. Menghormati berarti memberi ruang bagi mereka untuk berbicara dan mendengarkan tanpa menghakimi.

Ketiga, Bangun partisipasi, bukan pengasihan. Libatkan teman difabel dalam kegiatan sosial atau keagamaan bukan karena iba, tetapi karena mereka memiliki potensi dan hak yang sama untuk berkontribusi. Keempat, Jangan memposisikan diri sebagai penyelamat. Dalam Islam, menolong adalah ibadah, tetapi ibadah itu harus lahir dari kesadaran kesetaraan. Kita menolong bukan karena mereka lemah, tetapi karena semua manusia saling membutuhkan.

Menjadi Muslim Komunikatif

Ketika prinsip-prinsip ini dijalankan, komunikasi menjadi ruang yang menyembuhkan, bukan merendahkan. Ia tidak berhenti di basa-basi sopan, tetapi tumbuh menjadi jembatan kasih yang sejati. Perbedaan antara kasih dan kasihan tampak tipis, tetapi dampaknya sangat besar.

Kasihan membuat kita merasa lebih tinggi, sedangkan kasih mengajarkan rendah hati. Kasihan menciptakan jarak, kasih menghadirkan kedekatan. Dalam konteks dakwah dan komunikasi Islam, kasih bukan hanya strategi retorika, tetapi nilai spiritual. Ia menghidupkan pesan Islam agar terasa manusiawi dan membumi.

Dakwah sejati bukan tentang siapa yang lebih fasih berbicara, melainkan siapa yang lebih tulus memahami. Menjadi Muslim yang komunikatif berarti menghadirkan kasih dalam setiap kata dan sikap terutama kepada mereka yang sering dipandang berbeda.

Kasih sejati tidak butuh panggung. Ia hadir lewat cara kita menatap sejajar, berbicara dengan hormat, dan mendengar dengan tulus. Dunia boleh ramai dengan konten empati, tetapi hati manusia selalu rindu sapaan yang jujur dan sejajar.

Jika komunikasi Islam mampu menghadirkan kasih yang sejati, bukan sekadar iba atau sensasi, maka kita sedang menghidupkan kembali makna rahmah seperti yang Nabi ajarkan: kasih yang menyetarakan, bukan belas yang memisahkan. Sebab pada akhirnya, yang kita butuhkan bukan mata yang iba, melainkan hati yang menyapa. []

Tags: DifabelHak Penyandang DisabilitasInklusi SosialKomunikasi IslamRelasi
Nida Ankhofiyya

Nida Ankhofiyya

Terkait Posts

Rumah Tangga yang
Uncategorized

Membangun Relasi Ekonomi Rumah Tangga yang Adil dan Setara

31 Oktober 2025
Pengalaman Perempuan
Personal

Membincang Perceraian yang Berpihak pada Pengalaman Perempuan

30 Oktober 2025
Backburner
Personal

Menolak Backburner: Bahaya Relasi Menggantung dalam Islam

29 Oktober 2025
Tren Sepuluh Ribu di Tangan Istri yang Tepat
Keluarga

Menilik Kembali Konsep Muasyarah bil Ma’ruf: Refleksi Tren Sepuluh Ribu di Tangan Istri yang Tepat

29 Oktober 2025
Pendidikan Inklusif
Publik

Pendidikan Inklusif: Membuka Ruang Keadilan Bagi Penyandang Disabilitas

29 Oktober 2025
Lingkungan Inklusif
Film

Refleksi Twinkling Watermelon: Mengapa Seharusnya Kita Ciptakan Lingkungan Inklusif?

28 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Pengalaman Perempuan

    Membincang Perceraian yang Berpihak pada Pengalaman Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengakhiri Praktik Sunat Perempuan sebagai Komitmen Indonesia terhadap SDGs

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kasih, Bukan Kasihan: Komunikasi Islam bagi Teman Difabel

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membangun Relasi Ekonomi Rumah Tangga yang Adil dan Setara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menafsir Ulang Nafkah dan Maskawin

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Sumpah Pemuda dan Makna Kesalingterhubungan
  • Erni Suyanti Musabine: Perempuan Penjaga Harimau Sumatra dari Kepunahan
  • Kasih, Bukan Kasihan: Komunikasi Islam bagi Teman Difabel
  • Membangun Relasi Ekonomi Rumah Tangga yang Adil dan Setara
  • Menakar Pemikiran Dewi Candraningrum tentang Ekofeminisme

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID