Mubadalah.id – Cerita-cerita tentang kondisi masyarakat patriakis memberikan gambaran bagaimana kebudayaan manusia di segala zaman dan ruang, posisi perempuan masih tetap. Dia sebagai makhluk yang rendah. Hal tersebut, sesungguhnya jauh berbeda dengan pesan-pesan Islam sebagaimana diungkapkan al-Qur’an.
Petunjuk al-Qur’an memperlihatkan pesan transformatif yang diungkapkan melalui bahasa budaya tempat diturunkannya. Posisi perempuan yang direndahkan oleh kebudayaan Arabia, dikritik lalu diarahkan ke posisi yang lebih baik dan terhormat.
Bahkan, dalam banyak ayat al-Qur’an, perempuan diposisikan setara dengan laki-laki, baik dalam menjalankan kewajiban-kewajiban individual maupun sosial. Misalnya Firman Allah:
وَالْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنٰتُ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۘ يَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَيُطِيْعُوْنَ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ ۗاُولٰۤىِٕكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللّٰهُ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ
Artinya: Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan dapat rahmat dari Allah. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana. (QS. at-Taubah ayat 71)
مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ
Artinya: Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (QS. an-Nahl ayat 97)
Ratu Balqis
Satu hal yang menarik untuk dicermati, bahwa dalam salah satu kisah, al-Qur’an mengungkap seorang perempuan yang sukses pemilik otoritas politik suatu bangsa yang besar. Para ahli tafsir menyebut nama perempuan tersebut dengan Balqis, seorang Ratu dari negeri Saba, Yaman.
Kesuksesannya memimpin negara tercatat dalam al-Qur’an dengan menuturkan pribadinya yang rasional, menghargai pikiran, dan mendengar pendapat orang lain. Suatu ketika Sulaiman, seorang Raja sekaligus Nabi, mengajaknya meng-Esa-kan Tuhan, dia mengatakan kepada para menterinya: “Berikan pendapatmu mengenai ajakan ini. Aku tidak dapat membuat keputusan sendiri tanpa kalian.”
Kisah ini memperlihatkan sebuah contoh bahwa perempuan mampu menjadi kepala pemerintahan. Tampak pula dari kisah itu bahwa keberhasilan memimpin sebuah bangsa tidak berdasarkan atas jenis kelamin tertentu, melainkan pada bentuk mekanisme yang seharusnya seorang pemimpin lakukan.
Permintaan Ratu Balqis kepada para menterinya menunjukkan bahwa dia menggunakan mekanisme syura atau demokrasi, sebuah mekanisme normatif universal yang seharusnya melandasi setiap pengambilan kebijakan publik atau politik.
Sayangnya, informasi al-Qur’an terkait kisah tersebut seringkali terabaikan oleh banyak kebudayaan mainstream. Bahkan banyak pandangan justru mengingkari kemampuan perempuan memimpin sebuah komunitas, apalagi sebuah bangsa. []