Kamis, 18 September 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Tempat Ibadah Ramah Disabilitas

    Rektor ISIF Dorong Gerakan Tempat Ibadah Ramah Disabilitas dalam MISI ke-10

    Amal Maulid KUPI

    Amal Maulid KUPI dan Majelis Taklim di Yogyakarta Gelar Santunan untuk 120 Perempuan

    Pengaburan Femisida

    Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Saling Pengertian

    Gus Dur, Gereja, dan Kearifan Saling Pengertian Antarumat Beragama

    Tafsir Kesetaraan

    Menilik Tafsir Kesetaraan dan Fakta Kepemimpinan Perempuan

    Bahasa Isyarat

    Membuka Ruang Inklusi: Perlunya Kurikulum Bahasa Isyarat untuk Semua Siswa

    Kerudung Pink

    Kerudung Pink Bu Ana: Antara Simbol Perlawanan dan Standar Ganda terhadap Perempuan

    Seminari dan Pesantren

    Seminari dan Pesantren: Menilik Pendidikan Calon Tokoh Agama yang Berjiwa Kemanusiaan

    Genosida Palestina

    Genosida Palestina: Luka Perempuan di Balik Kekerasan Seksual

    Menteri Lingkungan Hidup

    Menteri Lingkungan Hidup Janji Bangun Sekolah Inklusif Ramah Lingkungan: Beneran?

    Lintas Iman

    Merawat Perdamaian Lewat Nada-nada Lintas Iman

    Nepal

    Ketika Gen Z Memilih Perdana Menteri Nepal Melalui Discord

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Menjaga Bumi

    Maulid Nabi dan Kewajiban Menjaga Bumi

    Karakter

    Pendidikan Karakter

    konservatif

    Bahaya Konservatif di Tengah Arus Perubahan Zaman

    Ibn Arabi

    Ibn Arabi Mengaji Pada 3 Perempuan Ulama

    Imam Syafi'i

    Imam Syafi’i Mengaji Kepada Sayyidah Nafisah

    Ibn Hazm

    Ibn Hazm Mengaji Kepada Perempuan

    Pernikahan Anak

    Pemerintah Malaysia Harus Menghentikkan Praktik Pernikahan Anak

    Pinjol

    Ketika Game Online Menjerat Anak ke Dalam Jebakan Pinjol

    Adil Gender

    Membangun Masa Depan yang Setara dengan Parenting Adil Gender

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Tempat Ibadah Ramah Disabilitas

    Rektor ISIF Dorong Gerakan Tempat Ibadah Ramah Disabilitas dalam MISI ke-10

    Amal Maulid KUPI

    Amal Maulid KUPI dan Majelis Taklim di Yogyakarta Gelar Santunan untuk 120 Perempuan

    Pengaburan Femisida

    Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Saling Pengertian

    Gus Dur, Gereja, dan Kearifan Saling Pengertian Antarumat Beragama

    Tafsir Kesetaraan

    Menilik Tafsir Kesetaraan dan Fakta Kepemimpinan Perempuan

    Bahasa Isyarat

    Membuka Ruang Inklusi: Perlunya Kurikulum Bahasa Isyarat untuk Semua Siswa

    Kerudung Pink

    Kerudung Pink Bu Ana: Antara Simbol Perlawanan dan Standar Ganda terhadap Perempuan

    Seminari dan Pesantren

    Seminari dan Pesantren: Menilik Pendidikan Calon Tokoh Agama yang Berjiwa Kemanusiaan

    Genosida Palestina

    Genosida Palestina: Luka Perempuan di Balik Kekerasan Seksual

    Menteri Lingkungan Hidup

    Menteri Lingkungan Hidup Janji Bangun Sekolah Inklusif Ramah Lingkungan: Beneran?

    Lintas Iman

    Merawat Perdamaian Lewat Nada-nada Lintas Iman

    Nepal

    Ketika Gen Z Memilih Perdana Menteri Nepal Melalui Discord

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Menjaga Bumi

    Maulid Nabi dan Kewajiban Menjaga Bumi

    Karakter

    Pendidikan Karakter

    konservatif

    Bahaya Konservatif di Tengah Arus Perubahan Zaman

    Ibn Arabi

    Ibn Arabi Mengaji Pada 3 Perempuan Ulama

    Imam Syafi'i

    Imam Syafi’i Mengaji Kepada Sayyidah Nafisah

    Ibn Hazm

    Ibn Hazm Mengaji Kepada Perempuan

    Pernikahan Anak

    Pemerintah Malaysia Harus Menghentikkan Praktik Pernikahan Anak

    Pinjol

    Ketika Game Online Menjerat Anak ke Dalam Jebakan Pinjol

    Adil Gender

    Membangun Masa Depan yang Setara dengan Parenting Adil Gender

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Aktual

Hukum Tindak Kekerasan tidak Membedakan Ruang Privat dan Publik

Ibu Sri Wiyanti Eddyono, SH, LLM (HR), Ph.D dalam materi analisa hukum di hari keempat pelatihan Dawrah Kader Ulama Perempuan Muda Tahun 2021, bahwa ada beberapa kerangka hukum dan kebijakan di tingkat nasional yang sudah menganut semangat konvensi Cedaw ini.

Vevi Alfi Maghfiroh Vevi Alfi Maghfiroh
24 Maret 2021
in Aktual
0
Kekerasan

Kekerasan

225
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Di lingkungan kita, kekerasan berbaris gender masih banyak terjadi, baik kekerasan seksual dalam rumah tangga, maupun kekerasan di publik, seperti di lembaga pendidikan, tempat kerja, dan lembaga negara. Tercatat dalam laporan Komnas Perempuan, pada tahun 2019 ada 431.471 kasus yang dilaporkan terkait semua bentuk kekerasan berbasis gender.

Begitupun dalam eksploitasi dan kekerasan terhadap pekerja migran, sesuai data BNP2TKI tahun 2019, sepanjang tahun 2014-2018, ada 22.768 kasus yang terjadi terhadap pekerja migran Indonesia, dan 7.069 diantaranya terindikasi perdagangan orang.

Bahkan diskriminasi terhadap perempuan kepala keluarga juga masih terjadi di lingkungan kita, dari beberapa kasus yang ditemui, perempuan kepala keluarga kesulitan mengakses bantuan negara karena tidak dianggap kepala keluarga. Hal ini karena anggapan kepala keluarga terbatas mengikat pada jenis kelamin laki-laki.

Banyak ketimpangan sosial yang terjadi dan perempuan rawan menjadi korban. Kekerasan yang dialami perempuan juga terjadi akibat relasi kuasa yang dimiliki satu jenis kelamin tertentu dibanding lainnya, dalam konteks ini adalah laki-laki lebih memiliki privilese dibanding perempuan.

Dengan latar belakang ini, kerangka hukum hak asasi manusia internasional, berupaya untuk mencegah terjadinya kekerasan berbasis gender dengan adanya konvensi penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan, konvensi hak penyandang disabilitas, konvensi perlindungan pekerja migran dan keluarganya, konvensi perlindungan anak, dan konvensi penghapusan segala bentuk diskriminasi rasial.

Namun meski sudah ada konvensi Cedaw dan deklarasi umum HAM dan dua kovenan utamanya, pelanggaran hak perempuan dalam bentuk eksploitasi, diskriminasi, kekerasan masih tetap berlangsung. Begitupun deklarasi yang disusun dalam situasi budaya patriarki, masih dipandang sempit hanya berlaku di ruang publik, tapi tidak di bidang domestik. Kekerasan di ruang domestik seringkali dijadikan alasan ranah privasi dan pencegahan.

Dalam konvensi perempuan Cedaw ini, telah berhasil menghapus bangunan pemisah antara ruang publik dan domestik. Perbedaan publik dan privat sudah tidak relevan lagi. Semuanya menjadi wilayah hak asasi manusia. Jika ada kekerasan di dalamnya, maka merupakan pelanggaran yang bisa dipidanakan. Semua bentuk kekerasan jika merugikan orang lain harus dihukum.

Bahkan konvensi ini telah diratifikasi dan diundang-undangkan menjadi hukum nasional yang mengikat. Seperti yang dijelaskan oleh Ibu Sri Wiyanti Eddyono, SH, LLM (HR), Ph.D dalam materi analisa hukum di hari keempat pelatihan Dawrah Kader Ulama Perempuan Muda Tahun 2021, bahwa ada beberapa kerangka hukum dan kebijakan di tingkat nasional yang sudah menganut semangat konvensi Cedaw ini.

Hal tersebut terdapat pada Undang-undang tentang ratifikasi konvensi penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan (CEDAW), instruksi presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender, Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang kekerasan dalam rumah tangga, UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang kewarganegaraan, UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan orang, UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang partai politik, UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang kependudukan dan pembangunan keluarga, UU Nomor 18 Tahun 2018 tentang perlindungan  pekerja migran.

Dalam wilayah rumah tangga juga hadir hukum keluarga pada Undang-undang Perkawinan, Undang-undang Perlindungan Anak, Kompilasi Hukum Islam. Adapun dalam ranah hukum pidana, terdapat UU anti trafficking dan UU Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga.

Jika terdapat kekerasan dalam rumah tangga, baik kekerasan fisik maupun kekerasan seksual (marital rape), menurut hukum yang berlaku, pihak korban bisa melakukan pilihan dengan dua jalur hukum. Ia bisa melaporkannya pada kepolisian dan diselesaikan dengan hukum acara pidana, atau pun menggugatnya di Pengadilan Agama dengan alasan adanya kekerasan dalam keluarga.

Dan menurut catatan Badilag, 70% dari perempuan yang menjadi korban kekerasan menempuh jalur hukum di Pengadilan Agama. Namun dalam beberapa putusan yang belum berperspektif gender, istri yang menggugat, dia terancam tidak mendapat hak nafkah dan hak asuh anak. Padahal ia menggugat karena ingin lari dari pernikahan yang tidak membahagiakan bahkan menyengsarakan.

Begitulah realitas hukum yang ada di sekitar kita, substansi hukum, budaya hukum, dan struktur hukum yang berlaku sangat berpengaruh terhadap hak-hak perempuan dalam menggapai keadilan. Oleh karenanya, perlu banyak upaya untuk mewujudkan keadilan, kesetaraan, dan kebahagiaan bagi semua insan, laki-laki dan perempuan secara bersamaan. Wallahu ‘alam bis Showab []

Tags: Dawrah Kader Ulama PerempuanDKUP2021Hukum Indonesiakekerasanperempuan
Vevi Alfi Maghfiroh

Vevi Alfi Maghfiroh

Admin Media Sosial Mubadalah.id

Terkait Posts

Ibn Hazm
Hikmah

Ibn Hazm Mengaji Kepada Perempuan

17 September 2025
Genosida Palestina
Publik

Genosida Palestina: Luka Perempuan di Balik Kekerasan Seksual

17 September 2025
Amal Maulid KUPI
Aktual

Amal Maulid KUPI dan Majelis Taklim di Yogyakarta Gelar Santunan untuk 120 Perempuan

16 September 2025
Kekerasan Terhadap Anak
Pernak-pernik

Rumah yang Tak Lagi Aman: Darurat Kekerasan terhadap Anak

15 September 2025
Pengaburan Femisida
Aktual

Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

15 September 2025
Pasca Perceraian
Pernak-pernik

SIS Forum Mari Perjuangkan Hak Finansial Perempuan Malaysia Pasca Perceraian  

14 September 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Bahasa Isyarat

    Membuka Ruang Inklusi: Perlunya Kurikulum Bahasa Isyarat untuk Semua Siswa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Genosida Palestina: Luka Perempuan di Balik Kekerasan Seksual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Seminari dan Pesantren: Menilik Pendidikan Calon Tokoh Agama yang Berjiwa Kemanusiaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kerudung Pink Bu Ana: Antara Simbol Perlawanan dan Standar Ganda terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ibn Arabi Mengaji Pada 3 Perempuan Ulama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Maulid Nabi dan Kewajiban Menjaga Bumi
  • Gus Dur, Gereja, dan Kearifan Saling Pengertian Antarumat Beragama
  • Pendidikan Karakter
  • Menilik Tafsir Kesetaraan dan Fakta Kepemimpinan Perempuan
  • Bahaya Konservatif di Tengah Arus Perubahan Zaman

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID