• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Kisah Abdullah Al-Mughawiri dan Pentingnya Payung Hukum bagi Korban

Nur Anisa Nur Anisa
01/02/2019
in Kolom
0
Kisah Abdullah Al-Mughawiri
25
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Alkisah, ada seorang Syeikh bernama Abdullah al-Mughawiri. Dia tinggal di Spanyol. Al-Mughawiri dikenal karena menjadi orang yang berhasil mengalahkan nafsunya. Saat itu, diceritakan dia membawa seorang gadis cantik dari Spanyol. Gadis jelita tersebut meminta tolong kepada Syeikh untuk mengantarkannya kepada keluarganya.

Di tengah perjalanan di gurun yang sunyi, Syeikh nyaris melakukan kekerasan seksual pada gadis tersebut. Akan tetapi akalnya bekerja dengan baik dari nafsunya. Tapi apa daya, hasrat itu semakin menggelora. Dalam pilihan yang sulit, Syeikh akhirnya lebih memilih untuk menjepitkan kemaluannya pada dua batu. Upaya mengontrol diri yang sangat keras.

Syeikh sadar, melakukan kekerasan seksual terhadap orang lain adalah kejahatan yang bisa mencederai agamanya. Apalagi orang yang ada di sampingnya adalah seorang gadis yang butuh perlindungan. Orang yang butuh pertolongan. Dan agama mengajarkan menjaga amanat adalah sifat Nabi. Orang yang tidak menjaga amanat disebut agama sebagai munafik.

Alhasil Syeikh bisa memenuhi amanat untuk mengantarkan gadis tersebut pada keluarganya dengan selamat. Setelah kejadian itu beliau langsung bertaubat kepada Allah dan dia pun dikenal sebagai tokoh yang tak ada duanya pada zamannya. Cerita ini ada dalam kitab al-Kawakib al-Duriyah fi Tarajum al-Sadah al-Sufiyah yang dulis oleh Al-Munawi.

Dalam cerita di atas kita bisa melihat betapa Syeikh al-Mughawiri mempunyai pengendalian diri yang sangat kuat. Bahkan demi kendali itu, dia memilih menyakiti diri dibandingkan harus menyakiti orang lain. Pertanyaannya, apakah semua orang bisa mempunyai kendali diri sekuat al-Mughawiri?

Baca Juga:

Ketika Sejarah Membuktikan Kepemimpinan Perempuan

Qiyas Sering Dijadikan Dasar Pelarangan Perempuan Menjadi Pemimpin

Dari Kasus Nenek SA: Hukum Tak Lagi Melindungi yang Lemah

Membantah Ijma’ yang Melarang Perempuan Jadi Pemimpin

Inilah faktanya. Di negeri kita, angka kekerasan seksual masih cukup tinggi. Angkanya bahkan cenderung meningkat di tiap tahunnya. Korbannya kebanyakan adalah perempuan dan anak. Tahun 2014 tercatat ada 4.475 kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak perempuan. Jumlah itu meningkat pada 2015 tercatat sebanyak 6.499 kasus.

Kekerasan seksual tidak terjadi hanya pada ranah publik tapi juga di dalam rumah. Tahun 2017 tercatat ada 2.979 kasus kekerasan seksual terjadi di dalam rumah tangga (KDRT) atau relasi personal. Serta sebanyak 2.670 kasus di ranah publik atau komunitas.

Yang lebih mengerikan lagi, data Balai Pelayanan Kepulangan TKI Selapajang, Tangerang menyebut terdapat 11.343 kasus pelecehan seksual sepanjang 2008-2014. Data ini semua saya peroleh dari salah satu portal berita.

Perempuan sebagai korban kekerasan pun kerap kali tidak mendapatkan perlindungan maksimal. Banyak di antara mereka takut melapor karena takut dipidanakan. Kasus seperti itu pernah menimpa BN saat melaporkan pelaku kekerasan seksual yang tidak lain adalah atasannya. BN dilaporkan telah mencemarkan nama baik atasannya.

BN adalah satu contoh. Banyak perempuan korban kekerasan lain mengalami kondisi serupa bahkan lebih tragis. Barangkali kendali diri seperti yang pernah dilakukan Syeikh Abdullah Al-Mughawiri tak bekerja di sini. Oleh karenanya kita perlu sebuah sistem pengendalian baru yang bisa mencegah kekerasan seksual.

Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS) bisa dikatakan sebagai sistem itu. Ia bisa menjadi payung hukum bagi korban kekerasan seksual dan mencegah peristiwa serupa terjadi lagi di negeri ini.

RUU ini harus segera mungkin disahkan karena segala jenis kejahatan harus dihukum dengan adil dan tegas. Kalau kita menyepelekan tindak kejahatan terhadap perempuan, maka kejahatan terhadap perempuan akan terus terjadi.

Terpenting, payung hukum ini harus dibarengi dengan kesadaran bahwa kekerasan seksual terjadi bukan karena salah korban, melainkan pelakunya. Yang perlu dihukum adalah pelakunya, bukan korbannya. Korban harus dilindungi bukan malah disalah-salahkan, apalagi dipidanakan.[]

Tags: ceritahukumKekerasan seksualkendali dirikisahkontrolkorbanlaki-lakipayung hukumpelakuperempuansyeikh
Nur Anisa

Nur Anisa

Nur Anisa, Mahasiswi Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) asal Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Terkait Posts

Kekerasan Seksual Sedarah

Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

19 Mei 2025
Inspirational Porn

Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!

19 Mei 2025
Kehamilan Tak Diinginkan

Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

18 Mei 2025
Keberhasilan Anak

Keberhasilan Anak Bukan Ajang Untuk Merendahkan Orang Tua

17 Mei 2025
Inses

Grup Facebook Fantasi Sedarah: Wabah dan Ancaman Inses di Dalam Keluarga

17 Mei 2025
Dialog Antar Agama

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

17 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version