Rabu, 3 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

    Fahmina

    Marzuki Rais: Fahmina Tumbuh dari Kontrakan, Kuat di Pendidikan, Meluas Lewat Jejaring Asia

    Fahmina

    Marzuki Rais Beberkan Tantangan Advokasi dan Misi Keberagaman Fahmina

    Inklusif

    Peringati Seperempat Abad, Fahmina Kuatkan Gerakan Pendidikan Inklusif

    Demokrasi

    Kelas Diskusi Islam & Demokrasi Fahmina Soroti Rapuhnya Demokrasi dan Pengalaman Diskriminasi Kelompok Minoritas

    Kekerasan Seksual

    Kelas Diskusi Islam dan Gender Fahmina Ungkap Masalah Laten Kekerasan Seksual dan Perkawinan Anak

    Fahmina yang

    Fahmina Luncurkan Buku “Bergerak untuk Peradaban Berkeadilan” di Harlah ke-25

    25 Tahun Fahmina

    Fahmina Akan Gelar Peringatan 25 Tahun, Ini Rangkaian Acaranya

    P2GP

    P2GP Harus Diakhiri: KUPI Minta Negara Serius Libatkan Ulama Perempuan dalam Setiap Kebijakan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Khalifah di Bumi

    Manusia Dipilih Jadi Khalifah, Mengapa Justru Merusak Bumi?

    Kerusakan Alam

    Bergerak Bersama Selamatkan Bumi dari Kerusakan Alam

    Omah Petroek

    Belajar Keteguhan dari Bambu: Perempuan, Pengetahuan, dan Ekologi di Omah Petroek

    Kekerasan Perempuan

    Al-Qur’an: Membela Perempuan dan Menolak Kekerasan

    Silabus Lingkungan

    Silabus Lingkungan untuk Pejabat dan Pemilik Modal, Mengapa Ini Penting?

    EKonomi Istri

    Kemandirian Ekonomi Istri: Hak yang Dijamin Al-Qur’an

    Citizen Journalism

    Mengenal Citizen Journalism dan Prinsip Inklusi di dalamnya

    Harta Perempuan

    Ketika Perempuan Meluruskan Pemahaman Umar bin Khattab tentang Hak Harta

    Penghayat Sapta Darma

    Iman (Re)resik: Refleksi TAB VI dan Semangat Penghayat Sapta Darma

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

    Fahmina

    Marzuki Rais: Fahmina Tumbuh dari Kontrakan, Kuat di Pendidikan, Meluas Lewat Jejaring Asia

    Fahmina

    Marzuki Rais Beberkan Tantangan Advokasi dan Misi Keberagaman Fahmina

    Inklusif

    Peringati Seperempat Abad, Fahmina Kuatkan Gerakan Pendidikan Inklusif

    Demokrasi

    Kelas Diskusi Islam & Demokrasi Fahmina Soroti Rapuhnya Demokrasi dan Pengalaman Diskriminasi Kelompok Minoritas

    Kekerasan Seksual

    Kelas Diskusi Islam dan Gender Fahmina Ungkap Masalah Laten Kekerasan Seksual dan Perkawinan Anak

    Fahmina yang

    Fahmina Luncurkan Buku “Bergerak untuk Peradaban Berkeadilan” di Harlah ke-25

    25 Tahun Fahmina

    Fahmina Akan Gelar Peringatan 25 Tahun, Ini Rangkaian Acaranya

    P2GP

    P2GP Harus Diakhiri: KUPI Minta Negara Serius Libatkan Ulama Perempuan dalam Setiap Kebijakan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Khalifah di Bumi

    Manusia Dipilih Jadi Khalifah, Mengapa Justru Merusak Bumi?

    Kerusakan Alam

    Bergerak Bersama Selamatkan Bumi dari Kerusakan Alam

    Omah Petroek

    Belajar Keteguhan dari Bambu: Perempuan, Pengetahuan, dan Ekologi di Omah Petroek

    Kekerasan Perempuan

    Al-Qur’an: Membela Perempuan dan Menolak Kekerasan

    Silabus Lingkungan

    Silabus Lingkungan untuk Pejabat dan Pemilik Modal, Mengapa Ini Penting?

    EKonomi Istri

    Kemandirian Ekonomi Istri: Hak yang Dijamin Al-Qur’an

    Citizen Journalism

    Mengenal Citizen Journalism dan Prinsip Inklusi di dalamnya

    Harta Perempuan

    Ketika Perempuan Meluruskan Pemahaman Umar bin Khattab tentang Hak Harta

    Penghayat Sapta Darma

    Iman (Re)resik: Refleksi TAB VI dan Semangat Penghayat Sapta Darma

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Kurikulum Merdeka dan Misi Pendidikan Karakter Indonesia

Peserta didik bukan dicetak hanya untuk cerdas tetapi juga berkarakter sebagai ejawantah dari profil pelajar Pancasila

Muhammad Nasruddin Muhammad Nasruddin
1 Agustus 2024
in Publik
0
Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Konsep belajar sejatinya telah manusia jalani sejak ia terlahir. Seorang bayi bakal meniru segala gerakan dan ucapan orang terdekat-kasihnya; ibu misalnya. Beranjak balita, ia semakin aktif belajar lewat penglihatan dan pendengaran. Konsep demikian terjadi setiap hari hingga ia berkembang menjadi pribadi yang mampu menangkap corong pembelajaran tidak hanya dari keluarga, tetapi juga dari lingkungan luar.

Belum lagi ketika seorang anak memasuki sekolah, ia bakal menerima berbagai konsep pembelajaran baru yang akrab dengan sebutan kurikulum. Mengenai hal ini, hampir tiap sekolah menerapkan kurikulum yang telah dirancang lembaga pendidikan—yang dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mutakhir, Kemendikbud melalui menterinya Nadiem Makarim terus menderaskan sebuah kurikulum alternatif dari gagasan penyederhanaan kurikulum.

Gagasan itu disebut sebagai Kurikulum Merdeka, sebuah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi atau pembelajaran inklusif—bila meminjam istilah Menteri Nadiem Makarim. Dalam kurikulum ini guru pun mendapat keleluasaan dalam memilih peranti ajar agar pembelajaran tersesuaikan dengan kebutuhan dan minat peserta didik.

Pendidikan Karakter sebagai Muatan Kurikulum Merdeka

Muatan dalam Kurikulum Merdeka mengandung berbagai karakteristik. Dalam tulisan ini, hanya bakal membahas satu di antaranya yakni “Pengembangan Karakter”. Jika dibedah sekilas, kata karakter memiliki arti sifat-sifat kejiwaan; tabiat; watak. Sepintas makna tersebut selalu berkaitan dengan pribadi peserta didik. Dalam hal ini Kurikulum Merdeka menjadi ruang untuk mencetak tabiat dan watak peserta didik.

Setiap peserta didik tentu memiliki karakter berbeda satu sama lainnya. Perbedaan karakter ini bakal memberi pengaruh dalam pembelajaran di ruang-ruang kelas. Lembaga pendidikan secara umum tidak etis bila harus menyeragamkan karakter setiap peserta didik. Justru dalam Kurikulum Merdeka maksud dari “pengembangan karakter” ialah peserta didik bukan dicetak hanya untuk cerdas tetapi juga berkarakter sebagai ejawantah profil pelajar Pancasila.

Dalam mengembangkan karakter peserta didik di sekolah, peran dan andil seorang guru sangat berpengaruh. Bagaimana mereka memainkan aktor sebagai katalisator, inspirator, motivator, sekaligus evaluator. Pun pengembangan ini didukung oleh kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokulikuler. Bertambah dengan modernitas teknologi menjadi alat bantu sebagai upaya pemanfaatan mewujudkan Kurikulum Merdeka.

Lalu poros yang ditawarkan kurikulum ini dalam mengembangkan karakter ialah memiliki kebiasaan belajar yang baik: hard skill  dan soft skill. Tidak hanya di dalam sekolah, karakter ini juga akan bermanfaat di luar sekolah.

Apalagi peserta didik mampu mengembangkannya kembali di berbagai komunitas, lembaga non-formal, dan sebagainya. Beberapa karakteristik karakter yang digarap dalam Kurikulum Merdeka di antaranya; religius, nasionalis, gotong royong, integritas, dan mandiri.

Mendidik Tidak Bisa Mendadak

Menerapkan konsep pembelajaran karakter tersebut pada peserta didik ialah bagai menanam pohon. Implementasi dari hal demikian ibarat menanam bibit pohon hingga tumbuh dan bermanfaat bagi sekitar.

Pepatah mengatakan bahwa mendidik itu tak bisa mendadak. Maksudnya pengembangan karakter yang pendidik lakukan mulai bangku sekolah dasar hingga menengah atas tak langsung membuat peserta didik berubah karakternya. Ada tahapan dan waktu hingga mereka terbiasa dengan pengembangan tersebut.

Hasan Basri Tanjung dalam bukunya Sekolah Anak Kita (2018) mengutarakan bagaimana proses mendidik itu teribaratkan “siapa menanam, dia memetik”. Lewat Kurikulum Merdeka, para pendidik terus berusaha menerapkan bagaimana sistem penerapannya pada peserta didik di sekolah masing-masing.

Walaupun melalui kurikulum Merdeka tidak serta merta menjadikan peserta didik menjadi baik secara karakter. Tetapi kembali kepada frasa tadi “siapa menanam, dia memetik”. Ketika mendidik kita tak perlu merisaukan hasilnya. Yang lebih penting bagaimana tugas guru telah menanamkan itu semua. Hingga di kemudian hari, bangsa ini memetiknya.

Untuk mendapat pohon yang baik dan buah yang berkualitas tentu membutuhkan proses, waktu yang tak sedikit, biaya, tenaga, dan pikiran. Sama dengan pengembangan karakter dalam sisiran karakteristik Kurikulum Merdeka ini. Selain faktor itu, penanam—dalam konteks ini pendidik—pun harus memiliki kemampuan merawat selama dalam prosesnya.

Lalu setelah mengibaratkan “menanam pohon”, pendidik di kemudian hari bakal menjumpai peristiwa “pohon berbuah”. Melalui pembiasan sehari-hari di mana peserta didik bereaksi dengan lingkungan, dan berinteraksi dengan kondisi sekitarnya, serangkaian aktivitas tersebut akan berdampak pada pembentukan karakter. Pelan tapi pasti.

Menunggu pertumbuhan dan perkembangan pohon memang tidaklah instan. Begitu pula menerapkan sistem pendidikan. Kerja-kerja pendidik dan kepatuhan peserta didik dalam menjalankan apa-apa yang ada dalam Kurikulum Merdeka bakal menentukan sukses atau tidaknya kurikulum ini dapat berjalan.

Walau tak bisa secara menyeluruh terserap dan terlaksanakan, paling tidak ada beberapa karakteristik yang menjadi pegangan peserta didik, pengembangan karakter misalnya. []

Tags: guruIndonesiaKurikulum merdekaLembaga PendidikanpendidikanPendidikan Karaktersekolah
Muhammad Nasruddin

Muhammad Nasruddin

Alumni Akademi Mubadalah Muda '23. Dapat disapa melalui akun Instagram @muhnasruddin_

Terkait Posts

Menjadi Guru
Publik

Menjadi Guru Bagi Semua Generasi

27 November 2025
Fahmina
Aktual

Marzuki Rais: Fahmina Tumbuh dari Kontrakan, Kuat di Pendidikan, Meluas Lewat Jejaring Asia

26 November 2025
Inklusif
Aktual

Peringati Seperempat Abad, Fahmina Kuatkan Gerakan Pendidikan Inklusif

26 November 2025
Hari Guru Nasional
Publik

Hari Guru Nasional: Saatnya Pendidikan Sadar Multi-intelegensia

26 November 2025
KUPI
Publik

Bagaimana KUPI Mengubah Wajah Islam di Indonesia?

19 November 2025
Ulama Perempuan Rahima
Publik

Dari Rahima, Alimat, hingga Fahmina: Fondasi Kuat Gerakan Ulama Perempuan Indonesia

19 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Privasi Anak

    Berhenti Sejenak Sebelum Mengunggah: Privasi Anak di Era Digital

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ibnu Al-Qayyim Menolak Perjodohan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Iman (Re)resik: Refleksi TAB VI dan Semangat Penghayat Sapta Darma

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Perempuan Meluruskan Pemahaman Umar bin Khattab tentang Hak Harta

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Silabus Lingkungan untuk Pejabat dan Pemilik Modal, Mengapa Ini Penting?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Manusia Dipilih Jadi Khalifah, Mengapa Justru Merusak Bumi?
  • Mungkinkah Kita Melahirkan Kompilasi Hukum Islam Baru?
  • Bergerak Bersama Selamatkan Bumi dari Kerusakan Alam
  • Belajar Keteguhan dari Bambu: Perempuan, Pengetahuan, dan Ekologi di Omah Petroek
  • Al-Qur’an: Membela Perempuan dan Menolak Kekerasan

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID