Mubadalah.id – Seringkali ayat 34 surat an-Nisa oleh sebagian kalangan – Termasuk banyak tafsir yang beredar di pesantren – dijadikan dalil yang menjustifikasi superioritas kaum laki-laki khususnya sebagai pemimpim keluarga. Pada dasarnya, pandangan seperti ini tidak seluruhnya salah sebagaimana tidak seluruhnya benar. Ini di antaranya karena perbedaan memahami makna al-Rijal dan an-Nisa dalam ayat itu. Ayat tersebut adalah sebagai berikut:
{الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ} [النساء: 34]
Artinya, “laki-laki adalah pengayom bagi perempuan sebab keistimewaan yang diberikan Allah dan sebab merelka menafkahi dari harta-harta mereka…” [QS. An-nisa: 34]
Akan tetapi, yang dimaksud dengan pemimpin dalam institusi keluarga adalah kemimpinan yang berdasarkan musyawarah bukan kepemimpinan yang berdasarkan otoritas sewenag-wenang. Oleh karena itu, kepemimpinan tidak hanya mengatur keluarga sesuai kehendak laki-laki tanpa melibatkan unit-unit yang ada dalam keluarga tersebut semisal anak dan terlebih lagi seorang istri sebagai pasangan yang memiliki hak-hak yang setara.
Sementara itu, pada ayat di atas ada term gender yaitu kata Al-rijal yang disandingkan dengan kata An-nisa sebagai lawan dari Al-rijal. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa yang dimaksud dengan An-nisa adalah perempuan secara biologis. Dr. Hj. Zaitunah Subhan dalam bukunya yang berjudul Tafsir kebencian (Studi Bias Gender dalam Tafsir Al-Qur’an) [110], mengatakan, bahwa istilah-istilah gender dalam al-qur’an memiliki makna-makna yang signifikan.
Term An-nisa identik dengan konotasi feminim, domestik, lemah lembut, bahkan bermakna banyak lupa sebagaimana di katakan Lois Makhluf dalam kitab Al-Munjid fil Lugah wa al-I’lam [807]. Sedangkan kata Al-rijal bermakna orang yang berjalan kali karena Al-rijal merupakan bentuk plural Al-Rajil yang terambil dari kata Al-Rijlu yang bermakna kaki. [al-Ashafani, al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an].
Hal ini, karena pada zaman al-Qur’an di turunkan di jazirah Arab, laki-laki (suami) seringkali berjalan untuk mencari nafkah, sementara istri hanya tinggal dirumah. Oleh karena itu, laki-laki yang berusaha berjalan untuk mencari nafkah adalah qawwam (pengayom/pemimpin) dalam rumah tangga.
Pemaknaan seperti ini berdasarkan perwujudan bahasa atau peristiwa bahasa yang dikembangkan dalam studi lingusitik filologi yang tidak bisa terlepas dengan budaya suatu bangsa. Sebagaimana pengertian di atas, bahwa Al-rijal adalah orang yang berjalan, berupaya dan berusaha untuk mengayomi dang menghidupi keluarga sehingga ia mendapatkan jabatan qawwam atau pemimpin.
Maka, menurut Dr Zaitunah, secara sosiologis, siapapun yang mampu berjalan, berusaha dan berupaya untuk mengayomi dan menjadi penopang keluarga maka dialah yang menjadi pemimpin, dialah yang disebut Al-rijal dalam ayat di atas, tanpa memandang apakah ia perempuan secara biologis ataupun laki-laki.
Jadi, jika ada seorang perempuan (istri) lebih aktif dalam keluarga, bekerja untuk mencari nafkah dari berbagai profesinya masing-masing maka sejatinya perempuan itulah yang disebut Al-rijal (pria) secara sosiologis. Kendatipun, secara biologis ia adalah perempuan yang tetap mengalami haid, melahirkan dll sebagai sifat kodrati-nya. Sebaliknya, jika ada laki-laki hanya menganggur di rumah tanpa ada usaha untuk mencari nafkah karena berbagai faktor maka sejatinya ia adalah An-nisa (perempuan) secara sosiologis meskipun secara biologis ia adalah tetap laki-laki.
Melalui pendekatan seperti ini terhadap ayat di atas, maka pemahamannya lebih komprehensif dan lebih holistik, dimana seorang laki-laki diangkat menjadi pemimpin sebenarnya bukan karena faktor ia laki-laki. Akan tetapi, lebih disebabkan sebagaimana disebutkan oleh kelanjutan ayat tersebut yaitu karena sudah diberi keistimewaan oleh Tuhan (keistimewaan yang bersifat temporal) dan karena berusaha menafkahi dan mengayominya.
Tidak hanya itu, ayat tersebut dengan pendekatan seperti di atas juga akan mencakup kepada perempuan-perempuan tangguh yang memperjuangkan rumah tangganya sendirian. Karena realitas di masyarakat tidak sedikit perempuan yang berusaha mencari nafkah sendiri, walau sudah bersuami karena banyak faktor semisal suaminya mengalami disfungsi (cacat), karena istrinya berpendidikan sehingga jadi dosen dll sementara suaminya menganggur dll. Dengan demikian, perempuan-perempuan seperti ini adalah Al-rijal secara sosiologis. Wallahu A’lam. []