Mubadalah.id – Mahatma Ghandi menyebut Islam dibawa Nabi Muhammad saw. dengan penuh cinta bukan dengan pedang. Memang, sedari awal Allah buru-buru mengingatkan pada Kanjeng Nabi dalam al-Qur’an surat al-Imron ayat 159 agar berperilaku baik dan tidak keras dalam menyampaikan dakwahnya. Berkaca dari hal ini, kita berkewajiban untuk meneladani Nabi sebagai figur yang welas asih.
Penyebabnya, secara tabiat umat tidak suka tindak kekerasan dan intoleran terlebih menyangkut akidah dan kepercayaan. Alih-alih menerima ajaran dakwah, masyarakat akan lari sejauh mungkin demi melestarikan keyakinan lamanya dan menolak ajaran baru yang Nabi Muhammad bawakan.
Di luar itu, dakwah yang kita bawakan secara brutal, arogan dan penuh ancaman bakal bikin orang alergi atau bahkan trauma terhadap Islam. Makanya, ndakwahi orang itu harus super sabar dan nggak sembrono. Kalau sak karepe dewe, bisa jadi bukan hanya enggan kita ajak, bahkan phobia pada agama ini gegara mendengar Islam dari mulut orang yang ndak islami blas.
Visi Kenabian
Oleh sebab itu, Nabi Muhammad dalam sabdanya menegaskan “visi utamaku diutus sebagai rasul adalah untuk merevolusi akhlak yg kurang (atau bahkan endak) islami”. Tentu, proses penyempurnaan akhlak itu tak akan sukses bila tidak kita mulai dari diri sendiri. Yang bisa kita lakukan dengan meneladani Nabi. Lantaran itu, Allah tegaskan dalam al-Qur’an surat al-Anbiya ayat 107, bahwa diutusnya Kanjeng Nabi Muhammad adalah rahmat bagi semesta. Bukan sebagai pembawa laknat.
Hal ini penting kita tegaskan, mengingat banyaknya kelompok-kelompok radikal, intoleran dan bahkan mengkafir-kafirkan sesama muslim hanya karena beda pandangan (beda pilihan politik juga). Untuk yang terakhir disebut (takfiri), biasanya kambuh di momen tertentu atau hari-hari besar dalam agama seperti muludan.
Orang-orang rela gontok-gontokan demi memperdebatkan persoalan yg sifatnya masih di permukaan (furuiyah) dan bukan perkara esensial (usul). Opo yo ndak malu sama Kanjeng Nabi? bulan kelahiran beliau yang seharusnya kita isi kebahagian dengan memperbanyak baca selawatan malah tukaran.
Para pembaca yang budiman, kali ini saya tidak sedang berminat untuk menguatkan argumentasi para aktivis muludan. Saya juga tidak akan pasang badan untuk membela mereka yang kontra perayaan maulid Nabi. Rasanya, sudah terlalu banyak tulisan yang menyajikan dalil-dalil pro atau kontra muludan.
Dalilnya ya itu itu aja. Ibarat kata, hanya anggur lama yang ditaruh di kemasan baru. Tentu, bukan berarti saya tidak cinta Nabi Muhammad. Saya hanya ingin merayakan kelahiran baginda Nabi dengan tentram, damai dan ndak saling menyalahkan sesama dengan membaca kisah-kisah Kanjeng Nabi yang welas asih dan amat toleran.
Merayakan Maulid dan Meneladani Nabi
Bagi saya, merayakan muludan dengan cara ini lebih asyik ketimbang saling menyalahkan atau bahkan mengkafir-kafirkan. Sebab Kanjeng Nabi itu ndak hobi megkafirkan orang. Persis seperti yang Nabi alami dalam riwayat Jabir bin Abdillah, di mana suatu hari saat Kanjeng Nabi duduk santai dengan Umar usai bagi-bagi harta ghanimah, ada seseorang yang komplen sembari misuh-misuh minta Nabi agar berbuat adil.
Nabi Muhammad santai saja menimpali “Bila bukan aku, lalu siapa yg kau anggap adil?”. Tetapi, Umar murka. Betapa tidak sopannya orang itu di hadapan Nabi. Umar meminta restu pada beliau untuk membunuh orang tersebut “Bagaimana kalau saya penggal saja lehernya?”
Tentu, Kanjeng Nabi berusaha meredam amarah sahabatnya dan memintanya untuk melepaskan orang itu. Baginda juga menjelaskan bahwa, bagaimanapun ia berasal dari komunitas ahli ibadah serta rajin baca al-Qur’an tetapi berkelakuan buruk dan saling menyalahkan satu sama lain.
Lihatlah bagaimana Nabi mengambil sikap kepada orang yang terang-terangan menyalahkannya. Beliau tidak grusa-grusu melabeli orang itu dengan kata “munafik” atau “kafir”. Oleh para ulama, sikap Kanjeng Nabi ini mereka nilai sebagai salah satu strategi dakwah agar umat melihat rekam jejak beliau sebagai figur pemimpin yang rendah hati dan mencintai umatnya tanpa pilih kasih. Sebagaimana Nabi sampaikan dalam hadis riwayat Abdullah bin Umar “Orang yang menebar kasih akan mendapat kasih dari yang Maha Kasih.”
Nabi yang Welas Asih
Konon, kisah di atas ditengarai sebagai awal mula lahirnya kelompok intoleran, ekstrim dan suka gontok-gontokan antar sesama demi mempertahankan perkara receh. Bila kita telusuri, penyebabnya tidak lain karena mereka memahami agama secara tekstualis. Mereka tidak mau melihat makna di luar makna harfiah.
Laku seperti inilah yang Ibnu Qayyim al-Jauzi wanti-wanti,“rigid dalam memahami teks-teks agama merupakan sebuah kesalahan yang berakibat fatal”. Bisa jadi, hikmahnya agar orang-orang menafsiri agama tidak hanya berpegang kepada makna harfiahnya saja. Dengan begitu, seseorang akan lebih toleran dan legowo terhadap perbedaan.
Sosok Nabi Muhammad yang welas asih juga dipertontonkan dalam hadis riwayat Anas bin Malik bahwa pernah ada seorang laki-laki dari suku pedalaman (baduwi) kencing di dalam masjid. Wajar saja bila orang-orang marah. Sebagian bermaksud menghampiri laki-laki itu dan hendak mengusirnya.
Eh ternyata Nabi SAW meminta para sahabatnya untuk membiarkan orang tersebut hingga tuntas. Baru setelah itu mempersilahkan mereka membersihkan bekas kencingnya dengan menyiramkan air. Kemudian Kanjeng Nabi memanggil lelaki tadi dan menasihatinya;
إن هذه المساجد لا تصلح لشيء من هذا البول ولا القذر، إنما هي لذكر الله عز وجل والصلاة وقراءة القرآن
Artinya: “Masjid itu tempat dzikir, sholat dan baca al-Qur’an bukan tempat kencing dan buang kotoran.”
Begitulah Kanjeng Nabi, pemimpin yang memiliki kesabaran ganda, menasihati tanpa mempermalukan. Bukan orang yang mudah tersulut emosi apalagi misuh-misuh lantaran kelakuan nyeleneh para sahabatnya. Selamat bermuludan! []